Cloud? Yuk Cari Tahu Artinya Disini

Discussion in 'General Internet' started by vibicla, Apr 19, 2016.

  1. vibicla

    vibicla Member

    Joined:
    Dec 23, 2015
    Messages:
    73
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    VIBICLOUD - Sering mendengar kata cloud? Pasti sering karena sejak kehadirannya delapan tahun yang lalu Cloud masih menjadi tren di bidang teknologi. Selain itu tidak bisa dipungkiri kalau cloud sudah menjadi bagian dari keseharian manusia modern. Tapi, yakinkah kamu kalau kamu sudah benar-benar mengerti apa yang dimaksud dengan cloud?

    Ketika cloud tidak lagi berarti awan di angkasa
    Bagi sebagian orang cloud masih berarti awan. Secara tidak sadar setiap kali mendengar kata cloud pikiran pasti tertuju pada awan. Tidak ada yang salah dengan itu karena memang pengertian utama dari cloud adalah awan. Yang harus disadari adalah, kata itu mulai mengalami pergeseran makna. Cloud tidak lagi merujuk pada awan di angkasa. Cloud adalah pemanfaatan teknologi komputer atau komputasi yang memungkinkan untuk menyimpan atau menggunakan aplikasi selama terkoneksi dengan internet. Tetapi cloud tidak sama dengan internet. Di Tanah Air, Cloud Hosting Indonesia sudah banyak digunakan oleh perusahaan besar dan kecil.

    Masih bingung? Atau pengertian itu terdengar berbeda dengan pengertian yang sering Anda dapatkan? Ada banyak sudut pandang dan cara menjelaskan tentang cloud. VibiCloud mengerti kebingungan yang kamu rasakan. Simak analogi dari kami di bawah ini.

    [​IMG]

    Kamu pasti menggunakan listrik dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Agar bisa menikmati listrik kamu tidak perlu memiliki atau mendirikan infrastruktur pembangkit listrik pribadi. Kamu cukup melakukan pendaftaran ke PLN untuk menikmati listrik dan membayar setiap bulan sesuai dengan besar daya listrik yang kamu gunakan. Setiap kali kamu perlu tambahan daya kamu hanya perlu menghubungi PLN. Begitu juga kalau kamu merasa daya listrik rumah kamu berlebihan.

    Kira-kira seperti itulah cloud. Cloud memungkinkan kamu untuk menyimpan data atau aplikasi di ruang penyimpanan milik penyedia jasa cloud yang bisa dikatakan memiliki tugas serupa dengan PLN. Kamu bisa bebas mengakses data selama kamu terhubung dengan internet. Sekali waktu ketika kamu membutuhkan ruang yang lebih besar kamu hanya perlu menghubungi penyedia jasa cloud yang kamu gunakan. Hal ini berlaku sebaliknya ketika kamu ingin mengurangi ruang penyimpanan yang lebih kecil.

    Bagaimana? Sekarang sudah mengerti apa yang dimaksud dengan cloud, kan? Jangan ragu untuk bertanya jika kamu masih kebingungan. Jika kamu tertarik untuk menggunakan layanan cloud, baik untuk keperluan pribadi atau perusahaan, kamu bisa langsung menghubungi VibiCloud partner Microsoft Azure di Indonesia.

    Sumber
     
  2. anton_sudibyo

    anton_sudibyo Member

    Joined:
    Dec 23, 2015
    Messages:
    460
    Likes Received:
    35
    Trophy Points:
    28
    Cloud bisa untuk backup file kita :)
     
  3. masdoni

    masdoni Member

    Joined:
    Mar 11, 2016
    Messages:
    167
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
    cloud kalau yang spacenya gede kudu ngeluarin duit tambahan dan itu tidak murah :(
     
  4. jokosatriopermana

    jokosatriopermana Member

    Joined:
    Dec 30, 2015
    Messages:
    193
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
    cloud adalah suatu yang istimewa dan luar biasa..
     
Loading...

Share This Page