CMS Joomla Semakin Di Depan, Di Forum Ini Sepi Sekali

Discussion in 'Joomla' started by Hindro, Apr 1, 2017.

  1. Hindro

    Hindro Member

    Joined:
    Feb 4, 2016
    Messages:
    95
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    joomla-37-is-coming-soon.jpg

    Tidak habis pikir kenapa diskusi mengenai Joomla di forum ini sepi sekali. Kemana para master Joomla lainnya, apa mereka belum mau turun gunung, mengajarkan atau menyebarkan ilmu yang dimilikinya? Sejak bergabung di forum ini, lebih dari satu tahun yang lalu, saya berpendapat ini adalah salah satu forum yang bagus, ada bahasan khusus tentang Joomla dan bahasan lain yang terkait dunia web, blogging dan sebagainya. Tetapi terdapat kepincangan, diskusi khusus Blogger, Wordpress dan lainnya jauh jauh jauh lebih hidup, sedangkan Joomla seakan mati suri, antara ada dan tiada.

    Dari awal saya bergabung di forum ini sampai sekarang, jumlah threads-nya masih itu-itu saja, cuma 6 threads, tidak ada yang lain, tidak ada yang baru. Threads yang sudah ada saja yang diulas dan dibahas sampai panjang seperti threads "Joomla senin kamis?" yang dibuat pada awal tahun 2015. Padahal harapan saya adalah bisa menimba banyak ilmu dari para master di sini, khususnya mengenai CMS Joomla. Apakah Joomla terlalu mudah sehingga tidak ada tantangannya, tidak ada sesuatunya yang perlu didiskusikan atau mungkin CMS Joomla itu kurang menarik dibandingkan CMS lainnya?

    Memang pengguna CMS Joomla di Indonesia tidak sebanyak Blogger, Wordpress atau yang lainnya yang telah lebih dulu digunakan. Memang juga terkesan penambahan jumlah pengguna Joomla di Indonesia tidak cukup pesat, kalah dibandingkan dengan pengguna Joomla di luar negeri yang meningkat drastis. Ada apa dengan platform CMS Joomla, tidak SEO-kah, tidak user friendly-kah, tidak mobile friendly-kah, tidak responsifkah? Kalau Anda meyakini ini, berarti Anda tertutupi informasi yang benar terkait Joomla. Anda salah. CMS Joomla sudah memiliki semua itu dimulai dari Joomla 2.5.

    Joomla mengalami peningkatan fitur dan perombakan yang cukup wah di Joomla 3 khususnya tampilan UI-nya. Itu yang kasat mata, yang tidak kasat mata banyak sekali. Rilis terkini Joomla adalah Joomla 3.6.5 yang menurut saya sungguh amazing dan yang lebih amazing lagi, yang saat ini saya dan mungkin para master Joomla lain sedang tunggu, adalah rilis Joomla 3.7 yang direncanakan pada bulan April 2017 ini. Di Joomla 3.7 terdapat lebih dari 700 peningkatan termasuk fitur-fitur baru yang keren. Ini yang seharusnya diinformasikan dan disebarkan oleh para master Joomla yang ada di forum ini, agar Joomla juga mendapat tempat di hati para blogger Indonesia dan diskusi khusus Joomla di forum ini menjadi hidup. Dimulai dari Joomla 2.5, CMS Joomla itu semakin di depan. Rugi apabila dilewatkan. Bukankah Joomla juga gratis?

    Mari dihidupkan kembali diskusi khusus Joomla di forum ini untuk berbagi dan menambah pengetahuan tentang CMS ini. Saya berharap, para master Joomla sudi untuk turun gunung, membagikan pengetahuan dan pengalamannya untuk menjadikan Joomla sebagai alternatif CMS yang perlu dipertimbangkan untuk digunakan. Kunjungi CMS Joomla di situs resminya di https://www.joomla.org agar supaya tertarik. Selamat menyukai dan menggunakan CMS Joomla. Joomla! is an open source solution that is freely available to everyone.
     
    Last edited: Apr 1, 2017
  2. Akoso

    Akoso New Member

    Joined:
    Mar 14, 2017
    Messages:
    16
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Aku suka banget sama Joomla. Tapi aku akui kalau Joomla itu kurang user friendly *stres* contohnya, kemarin aku migrasi dari Joomla 2.5 ke 3.x, wah susahnya minta ampun. Dan itu bukan yang pertama. Dulu waktu migrasi dari Joomla 1.5 ke 2.x juga susah banget, harus coba berkali-kali baru berhasil. Beda sama Wordpress yang tinggal klik aja udah beres.

    Kemarin pas migrasi dari Joomla 2.5 ke 3.x, sebelum migrasi, harus periksa extension nya satu per satu, trus uninstall yang tidak kompatibel dengan 3.x., trus setelah itu harus disable plugin Remember Me dulu, trus ganti Joomla! Update Configuration dari Long Term Support ke Short Term Support supaya latest Joomla! Version dan Update Package URL nya muncul, setelah itu baru bisa mulai proses update/migrasi nya, itu pun hasilnya gagal karena web jadi nge blank dan gak bisa masuk ke admin panelnya. *kacau* dan ini aku ulangi sampai 5 atau 6 kali gagal terus.

    Akhirnya kemarin install fresh Joomla 3, trus konten dari web yang joomla 2.5 aku ambil, kalau gak salah pakai J2XML, trus aku masukin ke instalasi yang baru itu.*merokok2* jadi intinya ya tetep migrasi/upgrade ke Joomla 3.x itu tetep gagal hahaha. Aku sama aja bikin web baru dengan isi dan struktur yang sama.
     
    Damar likes this.
  3. Hindro

    Hindro Member

    Joined:
    Feb 4, 2016
    Messages:
    95
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Sama saja, saya juga ngalami kesusahan saat versi-versi awal Joomla. Blog saya pertama menggunakan Joomla 1.7. Saat upgrade ke Joomla 2.5 susahnya minta ampun. Sepat putus asa mau minta tolong ke konsultan Joomla. Setelah mendapatkan email biaya yg saya harus bayar, saya urungkan. Saya cari solusinya di internet untuk setiap error yg muncul dan akhirnya selesai.

    Sejak dari Joomla 2.5, saya update setiap rilis versi yang sama sampai Joomla 2.5.27 dan ketika muncul Joomla 3 dan kemudian upgrade, tdk mengalami kesulitan. Dari Joomla 3.0 sampai versi sekarang Joomla 3.6.5, cukup satu kali klik untuk melakukan update. Untuk mereka yang akan membangun blog/website menggunakan versi Joomla terkini, tidak akan mengalami kesulitan untuk update/upgrade ke versi-versi berikutnya.
     
    Anita Handayani likes this.
  4. Anita Handayani

    Anita Handayani New Member

    Joined:
    Jun 22, 2017
    Messages:
    2
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Hindro, Bagaimana cara migrasi joomla 1.8 ke Joomla 2.5? Apa kendalanya? Kasih tahu saya dong....
     
Loading...

Share This Page