Contoh bisnis UKM yang Menjanjikan di Indonesia

Discussion in 'Usaha Kecil Menengah' started by angkatandelapan, Sep 8, 2019.

  1. angkatandelapan

    angkatandelapan Member

    Joined:
    Dec 12, 2018
    Messages:
    26
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Bisnis UKM ada banyak modelnya. Ada yang menjajakan kreativitas, ada lagi yang menawarkan cita rasa. Tinggal kamu memilih mana yang sesuai dengan ardour kamu. Semuanya dapat sama-sama sukses kok, asalkan kamu terapkan tiga langkah di atas tadi.

    Tapi, untuk mencapai kesuksesan bukanlah hal yang gampang dan instan. Kamu harus tetap terus berusaha, mengaplikasikan ide-ide kreatif, dan bersabar. Ada banyak space yang dapat kamu sentuh, mulai dari kuliner, fesyen, hingga industri kreatif.

    Semuanya dapat dijalankan dengan moda kecil. Kalau kamu bingung dan belum punya ide, berikut ini kita kasih contoh ide bisnis yang kira-kira dapat menguntungkan meski hanya dengan modal kecil.

    Bisnis UKM makanan dan Minuman
    [​IMG]
    UKM makanan dan minuman dapat dibilang yang paling laris di Indonesia. Karena bagaimanapun lagi, makanan merupakan hal yang paling penting buat kehidupan, pasti ada saja yang beli. Kamu dapat membuka makanan dan minuman di rumah disesuaikan dengan buget yang dimiliki.

    Misalnya, menjajakan makanan-makanan tradisional dan minuman jus dll, kemudian mengemasnya dengan bungkus yang menarik, lalu pasarkan ke toko-toko terdekat. Recomendasi buat anda yang mau kulakan botol atau packaging makanan atau minuman maka beli di distributor botol plastik jakarta (untuk wilayah jakarta. Bisa sesuaikan dengan wilayah ya), karena lebih murah. Anda bisa pesan secara online di botolista, suppliera botol plastik dan packaging makanan serta jerigen termurah.

    Ada lagi yang lebih praktis dan gak perlu ribet-ribet untuk advertising and marketing, yaitu bisnis franchise. Rata-rata bisnis franchise menawarkan paket kemitraan dengan harga murah.

    Dengan harga murah, kalian telah mendapatkan seluruh fasilitasnya dan tinggal menjalankannya saja.

    Biasanya, sebuah produk franchise telah dikenal di mana-mana, jadi kalian gak perlu pusing-pusing untuk promosi.

    Salah satu contoh bisnis UKM di Indonesia dalam bidang kuliner yang telah sukses ada Jenang Sinar 33 Kudus. Bisnis makanan tradisional khas Jawa ini bahkan telah mencapai pasar international.

    Produk yang telah ada sejak tahun 1910 ini kini dapat ditemukan di beberapa negara seperti China, Amerika Serikat, dan Taiwan.

    Tapi tentu yang menjual dari bisnis semacam ini adalah cita rasanya. Kalau kalian bikin bisnis makanan dengan modal besar atau kecil tapi rasanya gak enak, ya gak bakal ada yang beli lagi.

    Lakukan riset yang mendalam untuk mendapatkan resep yang paling mantap sebelum menjualnya.

    Bisnis UKM kreatif

    Kreativitas dapat menjadi komoditas yang menjanjikan saat ini. Terlebih, kreativitas manusia sangat melimpah dan gak ada habisnya. Jadi sangat cocok untuk dikembangkan menjadi sebuah industri.

    Banyak contoh pengusaha-pengusaha sukses yang menjajakan kreativitas mereka. Misalnya, kalian dapat membuat barang-barang unik dari bahan-bahan bekas. Atau mengolah sampah menjadi sesuatu yang berguna misalnya tas atau dompet.

    Telah ada contohnya bisnis UKM yang sukses berkat kreativitasnya, seperti Keset Perca Irma Suryati.

    Irma Suryati seorang difabel ini sukses membawa produknya go worldwide. Hanya bermodalkan kain perca bekas penjahit, ia menyusunnya menjadi keset yang berguna. A

    Awalnya, hanya dipasarkan dengan berjualan keliling, atau dititipkan ke pasar. Tapi kini, produknya telah diekspor ke Australia, Turki, Jepang, dan Jerman.

    Nah, telah tahu kan seluk-beluk bisnis UKM serta contoh-contohnya di Indonesia? Bagi kamu yang berminat terjun ke dunia ini, ada satu hal lagi yang harus kamu perhatikan, yaitu melek teknologi.

    Kini arus digitalisasi telah menyentuh ke semua aspek, kalau misalnya kamu gak ikut-ikutan, hati-hati bisnismu bakal sulit untuk berkembang. Selamat mencoba menjalani bisnis UKM!
     
  2. jukom

    jukom New Member

    Joined:
    Oct 2, 2018
    Messages:
    1
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    1
    Betul sekali... Saya setuju dengan pendapat diatas bahwa bisnis makanan atau minuman di Indonesia termasuk paling laris. Contohnya saat ini yang sedang marak yaitu bisnis jual minuman kopi dengan berbagai macam variannya. Berbagai merek dan nama-nama toko minuman banyak bertebaran, misalnya "Janji Jiwa", "Kopi Kulo", "Kong Djie Coffe", dan lain sebagainya.
     
    angkatandelapan likes this.
  3. keepburger

    keepburger New Member

    Joined:
    Nov 2, 2018
    Messages:
    8
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Contoh lainnya "Kopi Kenangan", bukan lagi UKM tapi sudah berskala nasional. Seumur hidup manusia pasti perlu makan. Bisnis makanan paling mantap kayaknya. Tapi harus pinter pinter marketingnya.
     
    angkatandelapan likes this.
  4. Buatusaha

    Buatusaha Member

    Joined:
    Sep 28, 2014
    Messages:
    240
    Likes Received:
    17
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Jenis usaha yang menjanjikan memang kebanyakan lancar itu biasanya kuliner.contohnya saja deket kampus saya itu banyak sekali yang jualan bakso bakar, siomay dan makanan. Selalu rame saya lihat
     
  5. angkatandelapan

    angkatandelapan Member

    Joined:
    Dec 12, 2018
    Messages:
    26
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    tergantung sekalanya, tapi minimal harus punya uang 12 juta ketas, untuk pom mini
     
  6. Rinda Septiani

    Rinda Septiani Member

    Joined:
    Apr 24, 2017
    Messages:
    833
    Likes Received:
    19
    Trophy Points:
    18
    Saya setuju, Bisnis minuman memang belakangan ini termasuk yang paling laris di indonesia, dan digandrungi banyak kalangan dari anak-anak hingga dewasa.
     
  7. agam

    agam Member

    Joined:
    May 30, 2018
    Messages:
    214
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    18
    nice info, menambah inspirasi untuk berwirausaha.

    thanks
     
Loading...

Share This Page