Contoh Doa Iftitah Paling Pendek, Cocok untuk Keadaan Tergesa

Discussion in 'Education' started by Barickly, Jan 23, 2020.

  1. Barickly

    Barickly New Member

    Joined:
    Nov 10, 2018
    Messages:
    10
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Doa Iftitah - Doa Iftitah adalah doa yang dibaca untuk mengawali ibadah sholat umat muslim. Doa ini dibaca setelah takbiratul ihram sebelum membaca surat al-fatikhah. Doa ini mempunyai fungsi yang sangat penting dalam sholat. Diantaranya adalah menjadi ikrar pembuka bahwa sholat yang kita kerjakan hanya diperuntukkan karena Alloh Swt, bukan yang lain.

    Doa iftitah juga memiliki banyak macam. Dikalangan organisasi Nahdhotul ulama' ada sendiri doa iftitah yang masyhur dibaca setiap kali sholat, begitu pula dengan organisasi Muhammadiyah. Bukan mencari mana yang lebih benar, karena bacaan doa iftitah dalam dua organisasi tersebut sama-sama memiliki dasar hadits yang bersandar pada rosululloh Saw.

    Dalam artikel ini saya akan mencoba menulis doa iftitah yang tidak masyhur. Akan tetapi dapat menjadi solusi ketika kita sholat dan tergesa hendak mengerjakan aktivitas selanjutnya dengan segera. Dalam situasi seperti ini biasanya umat muslim dengan entengnya meninggalkan bacaan doa iftitah hanya karena hukumnya sunnah.

    Doa Iftitah Pendek

    Saya rasa perlu dicamkan ya, doa iftitah ini berfungsi ibarat kita menghadap sang raja, doa inilah ikrar kita taat dan patuh yang otomatis menyenangkan hati raja. Dengan begitu permintaan-permintaan yang kita sampaikan pada raja setelahnya akan mudah dipenuhi.

    Langsung saja ya sob, tak usah berlama-lama. Inilah dua bacaan doa iftitah pendek sebagai solusi saat tergesa-gesa:

    Doa Iftitah Pendek Pertama

    اللهُ اَكْبَرُ كَبِيْرًا وَالْحَمْدُ لِلهِ كَثِيْرًا وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَاَصِيْلاً​

    Teks Latin :

    Allahu akbar kabiroo wal hamdu lillaahi katsiiro wa subhaanallaahibukrotaw wa ashiilaa.

    Artinya :

    "Allah Maha Besar dengan besar sesungguhnya, segala puji bagi Alloh dengan pujian yang banyak. Maha Suci Allah pada waktu pagi dan petang"

    Doa Iftitah Pendek ke Dua

    الْحَمْدُ لِلهِ حَمْدًا كَثِيْرًا طَيِّبًا مُباَرَ كًا فِيهِ​

    Teks Latin :

    Alhamdulillahi hamdan kasiiran tayyiban mubaarokan fiihi.

    Artinya :

    "Segala puji bagi Alloh dengan pujian yang banyak, baik dan penuh keberkahan".

    Bagaimana sob? Beneran pendek khan? Jangan lagi dengan enteng meninggalkan doa iftitah ya ! Demikianlah artikel ini, semoga bermanfaat dan menjadi solusi.
     
Loading...

Share This Page