Contoh Teks Negosiasi Berbentuk Narasi

Discussion in 'Education' started by Regi, Nov 5, 2019.

Tags:
  1. Regi

    Regi New Member

    Joined:
    Nov 3, 2019
    Messages:
    2
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Teks negosiasi memang dapat ditulis ke dalam beberapa bentuk yang berbeda, salah satunya adalah bentuk yang sifatnya naratif. Di bawah ini adalah contoh teks negosiasi yang ditulis ke dalam bentuk narasi.

    Negoisasi ini berlangsung antara Bu Asih dengan seorang pedagang Sayuran Keliling yang ada di komplek perumahan Bu Asih
    [​IMG]
    Seperti pagi-pagi sebelumnya, seorang tukang sayuran keliling langganan Ibu Asih yang biasa mengelilingi kompleks perumahan Ibu Asih telah datang untuk menjajakan asyurannya. Ibu Asih yang sudah berlangganan dengan tukang sayur tersebut kemudian menghampiri dan mulai memilih beragam sayur yang hendak dibeli.

    Tukang sayur tersebut mengatakan bahwa ikan yang dibawanya masih segar diambil dari pasar ikan terbesar di kota tersebut. Sedangkan untuk paha ayam yang dibawanya, tukang sayur tersebut mengatakan baru menyembelihnya tengah malam.

    Setelah sempat bercakap-cakap cukup lama dengan tukang sayur, Ibu Asih menanyakan harga satu kilogram paha ayam yang ternyata senilai Rp.50.000-, sedangkan untuk satu kilogram ikan dihargai Rp.45.000-,.

    Harga satu kilogram paha ayam dirasa terlalu mahal mengingat harga paha ayam biasanya lebih murah daripada dada ayam dan kondisi ayam yang disembelih semalam menurut Ibu Asih seharusnya membuat kualitasnya menurun yang kemudian dapat menurunkan harga ayam itu sendiri.

    Karena merasa perlu menawar harga tersebut, Ibu Asih akhirnya memutuskan untuk menawar paha ayam dengan harga Rp.35.000-, per kilogramnya. Tukang sayur tersebut menolak dengan alasan ia tidak mendapat untung jika harga ayamnya dijual seharga dengan angka yang ditawarkan oleh Ibu Asih.

    Karena tetap ingin mendapatkan untung namun tanpa kehilangan pelanggannya, tukang sayur memutuskan untuk menurunkan sedikit dari harga semula yakni Rp.45.000-,. Namun dengan harga sebesar itu, Ibu Asih masih merasa jika harga yang sudah diturunkan tersebut masih termasuk mahal jika dibandingkan dengan harga ikan yang dijual dalam kondisi segar.

    Ibu Asih tetap berusaha mendapatkan ayam dengan ahrga miring. Caranya adalah menaikkan tawarannya yang awalnya hanya Rp. 35.000 menjadi Rp.40.000-,. Setelah menimbang-nimbang keuntungan yang didapat, tukang sayur pun menyetujui penawaran kedua dari Ibu Asih karena dia merasa pada harga sudah termasuk modal dan laba.

    Di sisi lain Ibu Asih juga merasa harga yang ditawarnya tersebut sudah sesuai dengan tingkat kualitas ayam. Setelah menyepakati harga, Ibu Asih membayar seluruh sayur dan ayam yang dibelinya.

    Piece of Rujukan Edukasi
     
  2. blackking

    blackking Active Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,210
    Likes Received:
    86
    Trophy Points:
    48
    Perjanjian jual beli kalau sudah ada sepakat maka terjadilah jual beli tersebut.
    trading forex selalu ada penjual saat membeli dan selalu ada pembeli saat menjual, kesepakatanya dengan eksekusi
     
  3. noer98

    noer98 Member

    Joined:
    Feb 4, 2014
    Messages:
    481
    Likes Received:
    36
    Trophy Points:
    28
    Google+:
  4. Fathoni

    Fathoni Member

    Joined:
    Mar 9, 2016
    Messages:
    159
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    18
    setuju jangan jadi pembeli yang terlalu kejam
     
Loading...

Share This Page