Dampak Alkohol Terhadap Kesehatan Reproduksi Pria

Discussion in 'Health & Medical' started by Reza Ahmad, Oct 10, 2019.

  1. Reza Ahmad

    Reza Ahmad Member

    Joined:
    Apr 3, 2018
    Messages:
    121
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
    Minuman alkohol bisa mengakibatkan beberapa permasalahan kesehatan, dari mulai masalah darah kental sampai mengakibatkan tekanan darah meningkat, tidak hanya itu konsumsi alkohol juga berefek pada kesehatan reproduksi. Menurut riset yang dikerjakan di Universitas Sheffield, Inggris, jika mengonsumsi alkohol yang terlalu berlebih bisa mengakibatkan masalah sesksual serta kesehatan organ reproduksi pada pria.

    Menurut studi yang dikerjakan oleh BMJ Opens pada lebih dari 1.200 pria Denmark dengan rentang umur 18-28 tahun, mereka diwawancarai tentang rutinitas yang mereka kerjakan dalam mengkonsumsi alkohol serta sampel sperma dan darah mereka juga di uji.

    Lalu hasilnya ditemukan jika kebiasaan hidup yang kerap konsumsi alkohol itu mempunyai hubungan yang erat dengan perubahan kesehatan reproduksi. Diantaranya menyusutnya persentase hormon SHGB (Sex Hormone Binding Globulin) pada tubuh. Bertambah tinggi tingkat konsumsi alkohol akan berpengaruh pada rendahnya kualitas sperma yang dihasilkan, terutama pada sisi banyaknya sperma, ukuran serta bentuknya.

    Paling tidak, ada banyak fakta kenapa anda harus kurangi atau bahkan menjauhi alkohol, yakni :

    1. Alkohol bisa turunkan kandungan hormon testosteron
    Beberapa analisa yang sudah dikerjakan mengatakan jika alkohol dapat mengurangi kandungan hormon testosteron pada pria. Dan ini pasti mengganggu kesehatan reproduksi pria, sebab bisa menyebabkan penurunan libido dan menurunkan kualitas serta jumlah sperma yang akan dihasilkan.

    2. Alkohol dapat memengaruhi pergerakan sperma
    Alkohol tidak cuma berefek pada penurunan hormon seksual saja, sebab kenyataannya juga alkohol berefek pada kesehatan reproduksi yang lain seperti menghalangi peranan pada testis, yang mengakibatkan kurang maksimalnya perubahan sel sperma pria. Mengakibatkan, gerakan sperma juga tidak lancar ke arah sel telur.

    3. Alkohol bisa menyebabkan disfungsi ereksi serta impotensi
    Dampak dari alkohol yang lain adalah bisa mendesak skema saraf pusat, ini bisa membuat terusiknya kesehatan reproduksi serta akan membuat susah untuk ereksi atau menjaga ereksi itu.

    Sumber : https://zeddo.id/
     
  2. Josua Rifandy Siahaan

    Josua Rifandy Siahaan New Member

    Joined:
    Jul 12, 2015
    Messages:
    20
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Wah, Terimakasih infonya min. Memang Alkohol itu banyak sekali dampak negatifnya
     
  3. Reza Ahmad

    Reza Ahmad Member

    Joined:
    Apr 3, 2018
    Messages:
    121
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
    Ya gan, meski emang terkadang alkohol enak di konsumsi, tetap ada takarannya dan ga boleh berlebihan
     
Loading...

Share This Page