Dampak Buruk dari Covid-19 untuk Indonesia

Discussion in 'Infotainment' started by Dhika, Jun 9, 2020.

  1. Dhika

    Dhika New Member

    Joined:
    Mar 12, 2016
    Messages:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Sehubungan dengan adanya Covid-19, pemerintahan Indonesia tidak lagi memberangkatkan jamaah haji pada 1441 H. Covid-19 sangat berdampak sekali, mulai dari perekonomian negara. Tidak hanya haji, covid-19 sangat berdampak bagi Indonesia.

    Nah, apa saja sih dampak dari virus covid-19 ini. Yuk simak ulasannya di sini.

    1. Keuangan Negara

    Pemerintah berkomitmen untuk menjaga keberlanjutan fiskal di tahun 2020, dimana realisasi defisit APBN hingga Maret 2020 mencapai 0,44% Produk Domestik Bruto (PDB). Sementara itu posisi defisit keseimbangan primer pada Maret 2020 telah turun hampir Rp30 triliun dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya. Dengan kondisi tersebut, realisasi pembiayaan APBN melalui utang hingga Maret 2020 juga mengalami penurunan sebesar 57,17% jika dibandingkan realisasi pada periode tahun sebelumnya.

    Penurunan tersebut juga didorong oleh adanya tekanan di pasar keuangan pada bulan Maret, yang berdampak pada menurunnya likuiditas karena meningkatnya volatilitas pasar keuangan yang ditunjukkan oleh peningkatan yield, turunnya IHSG, dan melemahnya nilai tukar Rupiah terhadap Dolar AS.

    Dalam menghadapi kondisi tersebut, Pemerintah menjalankan strategi pengelolaan pembiayaan utang secara hati hati (prudent) dan terukur. Sejalan dengan hal ini, Pemerintah telah mengubah jadwal penerbitan Surat Berharga Negara (SBN) dalam valuta asing, dari semula di bulan Maret menjadi di bulan April 2020.

    2. Banyak Buruh di PHK

    Berbeda dengan peringatan Hari Buruh pada tahun-tahun sebelummya, Hari Buruh 2020 dirasakan para perempuan buruh sebagai Hari Buruh terkelam. Di tengah situasi pandemi Covid-19, selain tidak bisa bersuara lantang meneriakkan berbagai tuntutan, banyak perempuan buruh dirumahkan

    3. Meningkatnya Kriminalitas

    Akhir-akhir ini, video kriminal dan kejahatan yang tersebar luas di media sosial sangat meresahkan masyarakat dan menimbulkan kekhawatiran. Melansir katadata.co.id, Polri menyatakan tingkat kriminalitas yang terjadi di lingkungan masyarakat meningkat selama pandemi.

    Karopenmas Maber Polri, Brigjen Pol Argo Yuwono menyatakan kriminalitas meningkat sebesar 19,72% dari sebelum masa pandemi. Data Polda Bali pada 10 April menunjukkan adanya 12 kasus kejahatan. Angka ini meningkat menjadi 15 kasus pada tanggal 20 April.

    Tahanan Bali pada 10-15 April juga meningkat dari 492 orang menjadi 504 orang. Di Jakarta sendiri sudah terjadi lebih dari lima kasus kriminal selama pandemi ini.

    Di antara kelima kasus tersebut yang mendapat sorotan masyarakat salah satunya yaitu perampasan ponsel di kawasan Cakung, Jakarta Timur pada 19 April lalu. Pelaku perampasan menggunakan sepeda motor, lalu menghampiri korban dan langsung merampas ponsel milik korban.

    4. Meningkatnya Jumlah Kematian

    Jumlah angka kematian virus corona di AS mencapai 45.000 pada hari Selasa. Dua kali lipat dalam lebih dari satu minggu dan meningkat dengan jumlah yang hampir mencapai rekor dalam satu hari, menurut penghitungan Reuters.

    Amerika Serikat sejauh ini memiliki jumlah kasus coronavirus terkonfirmasi terbesar di dunia yaitu lebih dari 810.000, hampir empat kali lebih banyak dari Spanyol, negara dengan jumlah tertinggi kedua. Secara global, kasus mencapai 2,5 juta pada hari Selasa.

    5. Haji ditiadakan

    Fachrul sempat menyebut pemerintah Arab Saudi mulai melakukan persiapan untuk penyelenggaraan ibadah haji 2020. Hal ini yang membuat pemberangkatan haji ditunda.

    Persiapan sudah terpantau sejak Sabtu (17/5) lalu. Fachrul mengatakan, dari pantauan pihaknya terlihat sudah ada pendirian tenda-tenda untuk jemaah haji di Arafah.

    Saudi sendiri telah membuka sejumlah masjid untuk pelaksanaan ibadah. Protokol ketat diterapkan untuk mencegah penularan corona yang berawal dari kegiatan ibadah bersama di dalam masjid.

    Aturan ketat itu antara lain pemeriksaan suhu tubuh sebelum masuk lingkungan masjid, memakai masker, membawa sejadah sendiri, menghindari jabat tangan, dan menjaga jarak antarsesama setidaknya sampai 2 meter.

    Agar mendapatkan informasi terupdate seputar haji dan umroh, silahkan kunjungi website kami safana travel. Dapatkan harga paket haji dan umroh yang bersahabat.

    Demikian ulasan seputar dampak buruk dari covid-19. Semoga dapat menjadi perbaikan dan pertumbuhan bagi negara kita Indonesia.

    Sumber
    Code:
    https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200602094801-20-508880/ibadah-haji-2020-ditiadakan
    https://kompas.id/baca/humaniora/dikbud/2020/05/01/hari-buruh-2020-paling-kelam-banyak-buruh-di-phk-dan-dirumahkan/
    https://www.kemenkeu.go.id/publikasi/siaran-pers/siaran-pers-pemerintah-waspada-dampak-pandemi-covid-19-terhadap-ekonomi-indonesia/
    https://www.suara.com/yoursay/2020/04/28/113102/meningkatnya-tingkat-kriminalitas-di-lingkungan-masyarakat-selama-pandemi
    https://internasional.kontan.co.id/news/masih-meningkat-jumlah-kematian-akibat-virus-corona-di-as-mencapai-45000-kasus
    
     

    Attached Files:

    Last edited by a moderator: Jun 10, 2020
  2. noer98

    noer98 Member

    Joined:
    Feb 4, 2014
    Messages:
    542
    Likes Received:
    41
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    usaha web saya yang banyak pelanggan dari wisata bener2 amsiong... semoga cepet pulih
     
  3. semutaspal

    semutaspal Member

    Joined:
    May 3, 2020
    Messages:
    91
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Banyak orang di keluarga besar saya yang merasakan ini... Corona yang tidak disangka dapat membuat keadaan semacam ini...
     
  4. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,445
    Likes Received:
    103
    Trophy Points:
    63
    Semoga cepat berlalu ya, dampaknya memang sampai kebawah, yang kena PHK kalau gak ada tabungan mungkin jika kondisi gak segera normal akan menipis tabungan dan akhirnya habis.
     
  5. jiwa23

    jiwa23 New Member

    Joined:
    Jun 22, 2020
    Messages:
    1
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Sudah pernah dengar Genie?
    Genie adalah platform yang dapat membantu meningkatkan penjualan Anda di berbagai marketplace (Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, JD.ID dan Shopify)

    Sering bermasalah dengan ini?
    - Mau buka toko baru tapi gak mau repot upload produk?
    - Mau punya banyak toko di berbagai marketplace tapi repot ketika mengelola pesanan?
    - Atau tidak tau barang apa yang penjualannya sedang meningkat saat ini?

    Genie adalah solusinya.
    Genie hadir untuk membantu kakak menghemat waktu dan biaya. Genie akan memberikan fitur secara gratis selama 14 hari. Ayo buruan registrasi mumpung masih gratis, setelah registrasi chat https://chat.whatsapp.com/FvqrR2Ne8HVGc3EMbsyxDo untuk info lebih lanjut. Anda akan terhubung ke customer support Genie agar bisa di follow up.

    Beberapa Fitur Genie:
    1. Tambahkan produk secara bersamaan langsung di semua marketplace (hanya dengan satu kali upload) -- Menghemat waktu
    2. Memproses orderan semua marketplace
    3. Dapat lebih mudah mengatur stok
    4. Salin Produk, menghemat waktu tanpa perlu upload produk secara manual
    5. Salin Toko lama ke Toko baru di marketplace yang sama (Memudahkan untuk membuka toko baru)
    6. Analisis bisnis (Bisa melihat kondisi pasar saat ini, barang apa yang paling laku terjual di shopee). Hanya ada di Genie
    7. Laporan penjualan kotor bisa dilihat untuk Harian, Mingguan, Bulanan
    8. Mendukung pencetakan invoice, shipping label dan packing list
    9. Sentralisasi stok, Anda dengan mudah memonitor stok dari berbagai toko anda

    Informasi :
    https://bit.ly/2CN5sTX
    https://bit.ly/2V7tVJY
    https://bit.ly/313YPH7
    https://bit.ly/2YsoCXQ
     
  6. HanyaSatu

    HanyaSatu Member

    Joined:
    Aug 28, 2017
    Messages:
    875
    Likes Received:
    56
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Semoga covid ini cepat berlalu ya
     
  7. priyo handoko

    priyo handoko New Member

    Joined:
    Jan 19, 2017
    Messages:
    10
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
Loading...

Share This Page