Dampak Pencarian Suara Pada SEO

Discussion in 'General Internet' started by noer98, Feb 4, 2020.

  1. noer98

    noer98 Member

    Joined:
    Feb 4, 2014
    Messages:
    534
    Likes Received:
    41
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Sejak tahun 2010 hanya pencarian suara telah diperkenalkan dalam teknologi. Pertama IBM meluncurkan Watson pada 2010, dan kemudian diikuti oleh Siri Apple, Google Ok Google, Alexa Amazon dan Cortana Microsoft.

    Sekarang pada tahun 2020, pencarian suara telah menginjakkan kaki yang kuat di pasar digital meskipun kembali tertinggal pada tahun 2017 dan 2018. Sejak awal, pencarian suara telah tumbuh sangat di pasar; catatan mengklaim bahwa pencarian suara telah mengambil alih 30% dari hasil mesin pencari pada tahun 2020 menurut Gartner.

    Google mengklaim bahwa lebih dari 30% pencarian dapat diperkirakan sebagai pencarian suara karena permintaan besar dari speaker pintar ini di pasar. Sebelumnya pada tahun 2020, penelitian Jupiter mengklaim bahwa sejak itu 3,25 miliar pencarian suara digunakan melalui asisten suara dan sekarang diperkirakan pada tahun 2023, akan mencapai 8 miliar.

    Tingkat pertumbuhan pencarian suara pada akhirnya berdampak pada Search Engine Optimization (SEO) dan agensi SEO juga. Perkembangan terbaru dalam pencarian suara telah mengurangi frekuensi aktivitas kotak pencarian reguler; SEO pasti menghadapi serangan balasan terkuat karena relevansinya langsung dengan pencarian suara.

    Dampak perkembangan terbaru dalam pencarian suara di SEO dirinci sebagai berikut:



    1. Pencarian Bahasa sehari-hari:
    Karena improvisasi perangkat pencarian suara, orang-orang sekarang mulai terbiasa dengannya. Terlihat bahwa 70% pencarian suara menggunakan bahasa sehari-hari atau percakapan, sama seperti jika mereka berbicara dengan manusia. Karena itu, penargetan konten tergantung pada kata kunci sulit untuk praktik SEO. Praktik SEO sekarang tidak cukup pada tingkat kata kunci yang ditargetkan. Dan jasa SEO kami menghadapinya.



    2. Batas Panjang Kata Kunci:
    Bahasa lisan tidak setepat bahasa tertulis. Oleh karena itu, panjang pencarian dicatat rata-rata 29 kata yang hanya 3-4 kata pada yang tertulis. Karena itu, target kata kunci lebih mudah dalam pencarian yang diketik tetapi sekarang dengan tren pencarian suara tingkat lanjut, frasa kata atau frasa deskriptif dituntut untuk ditargetkan. Karenanya, pencarian suara membatasi target kata kunci dalam fungsi SEO.



    3. Pencarian Pertanyaan:
    Catatan menunjukkan bahwa 20% pencarian suara hanya menargetkan 25 pencarian, dan sering kali pencarian tersebut dipertanyakan. Google sering dimintai pertanyaan yang komprehensif dalam hal bagaimana dan di mana. Oleh karena itu, pencarian pertanyaan ditargetkan oleh pencarian suara dan itulah alasan praktik SEO untuk menargetkan konten. Menargetkan seluruh pertanyaan adalah tugas yang cukup untuk latihan SEO, oleh karena itu lalu lintas di bawah satu kata kunci pertanyaan sulit untuk ditargetkan.



    4. Pencarian Semantik:
    Pencarian suara pada dasarnya bekerja pada protokol pencarian semantik. Tidak seperti pencarian leksikal, pencarian semantik tidak mencari kata literal yang cocok. Ini pada dasarnya mendapatkan akses ke riwayat pencarian pengguna, lokasi dan perbedaan ejaan kata kunci untuk memahami konteks sebenarnya dari pencarian. Ini adalah perkembangan lanjutan dalam pencarian suara yang sekarang sedang diterapkan dalam aplikasi seperti RankBrain Goggle, Hummingbird, dll. Oleh karena itu, dengan teknologi yang sangat cerdas ini, praktik SEO juga ditantang untuk memuji kecerdasan teknologi. Jika digunakan dengan baik, pencarian semantik dapat menjadi titik utama bagi praktik SEO.



    5. Pencarian Lokal:
    Ada 60% peluang pengguna mencari kueri yang terkait dengan tujuan terdekat. Penelitian menunjukkan bahwa lebih dari 58% pencarian terkait dengan bisnis lokal. Oleh karena itu, strategi SEO sekarang diperlukan untuk menargetkan dan mengoptimalkan kueri “dekat saya”.



    6. SERPs:
    Lebih dari 70% permintaan pencarian suara menghasilkan tampilan 3 situs web teratas yang tergantung pada SERP situs web tersebut. Dalam kueri Google, 30% dari cuplikan ditambahkan dalam kueri Google karena itu, strategi SEO diperlukan untuk melengkapi cuplikan Google untuk peringkat pada mesin pencari.

    Karena ini dampak perkembangan yang disebutkan dalam pencarian suara, penting bagi para ahli SEO untuk mengadopsi strategi SEO yang efektif. Strategi SEO terbaru yang dapat membantu dengan pencarian suara adalah sebagai berikut:

    Pencarian suara memprioritaskan situs web pemuatan cepat karena itu strategi SEO harus melibatkan gambar yang dioptimalkan, file data terkompresi, aplikasi web responsif dan pengurangan waktu respons
    Optimalkan konten untuk kata kunci ekor panjang
    Volume pencarian lokal harus diakses oleh audiens target

    sumber : optimasi.net
     
    Last edited by a moderator: Feb 4, 2020
  2. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    9,954
    Likes Received:
    2,609
    Trophy Points:
    313
    Menurut saya sih, pakai suara karena malas nulis wkwkwkwk.....
     
  3. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,400
    Likes Received:
    101
    Trophy Points:
    63
    Pernah mencoba pencarian suara, tapi tidak berfungsi dengan baik, mungkin speaker hamndphone masih kurang responsif
    ini harus keras dan kadang berulang kali mencoba
     
  4. noer98

    noer98 Member

    Joined:
    Feb 4, 2014
    Messages:
    534
    Likes Received:
    41
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    pakai google home / google nest hasilnya bagus .... kebetulan dirumah pakai
     
  5. Ulin

    Ulin Member

    Joined:
    May 4, 2014
    Messages:
    386
    Likes Received:
    20
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Yg sering saya gunakan yaitu siri. ketika nyetir mau nelpon sesorang tinggal hi siri.. please call rondo anak 1
     
  6. ys. herbi

    ys. herbi Well-Known Member

    Joined:
    Mar 6, 2016
    Messages:
    1,251
    Likes Received:
    191
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Apa kalau kita cek di analytics nemu kata kunci di awali dengan "google ... " itu dari voice search?
     
  7. harsonoegi

    harsonoegi Member

    Joined:
    Sep 23, 2019
    Messages:
    119
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
  8. cahyo prasetyo

    cahyo prasetyo Member

    Joined:
    Aug 4, 2018
    Messages:
    185
    Likes Received:
    21
    Trophy Points:
    18
    biasanya pencarian suara di dominasi ke "malas menulis", kata kunci yang sering di ucapkan biasanya queri 5w+1h
     
Loading...

Share This Page