Defini dan Sejarah Awal dari Profesi Animator

Discussion in 'Graphic Design & Animation' started by seotog, Aug 10, 2018.

  1. seotog

    seotog Member

    Joined:
    Mar 29, 2018
    Messages:
    106
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Hari Jumat Fri-Yey ! Sebentar lagi weekend datang ya sobat TOG, Hari ini kita akan bercerita tentang "Defini dan Sejarah Awal dari Profesi Animator ". Biasanya kita pernah lihat di film-film seperti Kungfu-Panda, Madagascar, ataupun How To Train Your Dragon. Sobat TOG pasti sering melihat film animasi seperti itu tapi tahukan kamu definis dan sejarah perkembangannya ?

    Definisi
    Animator adalah seseorang yang memiliki keahlian dalam mendesain animasi menggunakan komputer. Animator juga disebut sebagai orang-orang yang mengerjakan proyek animasi.

    animator.jpg

    Mereka menggambar sebuah sketsa, memberikan tekstur warna, dan merangkai adegan demi adegan dengan sketsa tersebut. Dulu, para animator menggunakan kertas untuk menggambar sketsanya. Tapi kini proses menggambar dan menggerakkan karakter bisa lebih mudah dilakukan dengan menggunakan software seperti 3D Studio Max, Maya, Blender, atau Softimage XSI.

    Animator menghasilkan beberapa gambar yang disebut frame, yang bila diurutkan bersama-sama dengan cepat menciptakan ilusi gerakan yang dikenal sebagai animasi. Gambar dapat terdiri dari gambar, model atau boneka digital atau digambar menggunakan tangan.

    Animator hanya perlu untuk menganimasikan objek antar key frame. Tidak perlu lagi membuat animasi frame demi frame seperti dalam pembuatan animasi gambar demi gambar dalam pembuatan film kartun konvensional. Sedangkan frame-frame antar keyframe tersebut akan diterjemahkan sendiri oleh komputer menjadi sebuah gerakan seperti yang diinginkan oleh si Animator.

    Animator dapat berkerja sebagai animator 2D maupun 3D. Khususnya animator 3D, mendesain atau merancang animasi tiga dimensi.

    Sejarah
    [​IMG]

    Awal perkembangan 3D animation sudah dimulai sejak tahun 1964, ketika Ivan Sutherland dari Massachussetts Institute of Technology berhasil mengembangkan sebuah program bernama Sketchpad yang mampu menggambar sinar-sinar garis langsung pada Cathoda Ray Tube ( CRT ). Hasilnya adalah sebuah object yang sederhana dan primitive yaitu sebuah kubus dengan garis-garis yang merupakan gambar geometris yang sangat sederhana namun membuka pandangan manusia tentang bagaimana computer graphic bisa digunakan.

    Sejak New York Institute of Technology ( NYIT ) memulai rencananya untuk menciptakan computer-animated feature film (1970), gelombang pertama dari commercial computer graphic studio sudah mulai terlihat. Film visionary George Lucas merekrut Catmul dari NYIT pada tahun 1978 untuk membuka Lucas Film Computer Development Division.

    Perubahan teknik penggambaran animasi dunia mulai bergeser menjadi teknik tiga dimensi (3D) ketika Pixar Animation Studios memproduksi Toy Story (1995). Hal ini dilanjutkan dengan memproduksi animasi sejenis macam Antz (1998), A Bug’s Life (1998), dan Toy Story 2 (1999). Penggunaan animasi 3D makin menggila ketika Shrek dan Final Fantasy: The Spirits Within diproduksi pada tahun 2001.

    Dengan melihat perkembangan animasi yang begitu pesat, maka muncullah sebuah profesi yang memiliki keahlian dalam mendesain animasi atau dikenal sebagai 3D animator. Hal tersebut mendorong para animator untuk berkarya di bidang animasi. Perkembangan yang begitu pesat menyebabkan bertambah luasnya lahan pekerjaan bagi seorang animator. Tidak hanya sebagai animator film dalam pembuatan sekuel film, tetapi seorang animator dapat berperan dalam pembuatan sebuah iklan multimedia, pengisi special effect dalam pembuatan video klip musik/film.



    Info Loker Terbaru : 3D Animator ( Jakarta )


    Tujuan profesi

    Tujuan dari animator adalah mampu membuat sebuah karya animasi yang dapat menjadi sesuatu yang berguna dalam penerapannya di bidang komputer.

    [​IMG]

    Animator juga bisa merambah segala bidang seni dan hiburan. Misalnya dengan membuat iklan di televisi, membuat film animasi, membuat game dan simulasi, juga bisa digunakan untuk penelitian ilmiah seperti kedokteran, arsitektur, dan lainnya. Proyek animasinya pun beragam. Animator bisa membuatnya dalam bentuk dua dimensi, tiga dimensi, atau gabungan dengan adegan yang dilakukan manusia (life shoot).

    Dimana para Animator ini bisa kita temui?
    [​IMG][​IMG]



    [​IMG]

    Contoh beberapa Animator yang sudah bekerja di beberapa studio-studio cukup ternama di dunia yang khususnya bergerak di bidang produksi animasi 3D diantaranya adalah:

    1. DreamWorks Animation ( Shrek, Shark Tale, Madagascar, Kung Fu Panda, Monsters vs. Aliens, How to Train Your Dragon )
    2. Warner Bross Animation ( Looney Tunes: Back in Action, The Ant Bully, Happy Feet 1 - 2, Tom and Jerry)
    3. Pixar Animation Studio ( A Bug’s Life, Toy Story, The Incredibles, Finding Nemo, Car, Up, Wall-E )


    Skill-skill apa saja yang dibutuhkan?
    Di bawah ini adalah skill-skill yang harus dipenuhi untuk menjadi seorang animator :

    • Creative Skill, Seorang animator harus memiliki keterampilan menggambar yang sangat baik untuk menjelaskan konsep animasi yang akan dibuat. Dalam beberapa kasus, animator juga harus mampu menciptakan sebuah alur cerita.
    • Graphics Components Skills, Animator harus mampu merancang latar belakang yang menonjolkan karakter yang dibuat dan membuatnya realistis. Animator harus mengetahui komponen-komponen pembentuka animasi misalnya karakter, latar belakang dan pergerakan.
    • Communication Skills, Keterampilan bekomunikasi sangat penting, terutama jika animator bekerja sama dengan client atau tim. Animator harus mampu memahami apa yang diinginkan oleh si client. Animator juga harus mampu berkomunikasi dengan anggota tim dan customer, terutama untuk proyek yang akan dikerjakan.
    • Teamwork vs Individuality, Seorang animator harus mampu bekerja sendiri, tetapi juga harus mampu bekerja sama sebagai bagian dari suatu tim, ketika sebuah proyek membutuhkan banyak animator, seperti film layar lebar. Komunikasi adalah suatu bagian hal yang penting dari keterampilan ini juga.
    • Math, Computer Software and Physics Skill, Menjadi seorang animator memerlukan pemahaman yang baik tentang matematika dan fisika. Misalnya menghitung garis bayangan, menentukan sudut untuk pencahayaan baik dan menggunakan hukum fisika gravitasi ketika merancang animasi objek jatuh. Animator juga harus tahu apa program komputer atau sistem operasi yang terbaik, pengetahuan umum tentang komputer dan sistem operasi sering merupakan keterampilan yang diinginkan.
    PT. TOG Indonesia juga terus membuka info lowongan kerja untuk para talenta muda di bidang IT, untuk fresh graduate dan para senior yang butuh berkarir di perusahaan besar lainnya. Silahkan kirim CV/Resume terbaik anda segera ya.



    Salam Sukses

    [​IMG]
    TOG Indonesia
     
    Last edited by a moderator: Aug 16, 2018 at 4:36 PM

Share This Page