Dekorasi Nyaman Membuat Anak Tenang Pergi Berobat

Discussion in 'Creative Art & Fine Art' started by Heri Hartono, Dec 4, 2019.

  1. Heri Hartono

    Heri Hartono Member

    Joined:
    Dec 15, 2018
    Messages:
    35
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]

    Keindahan dan keserasian tatanan interior ruangan berpengaruh terhadap kenyamanan siapa pun yang berada di dalamnya. Salah satu unsur penting dari penataan interior adalah warna dinding, baik yang menggunakan cat maupun wallpaper dinding. Apalagi bila ruangan tersebut befungsi sebagai ruang klinik atau praktek dokter anak, maka interior ruangan sangat penting untuk diperhatikan. Sebab anak dengan keadaan fisik yang kurang nyaman tentu merasa gelisah, belum lagi masih cukup banyak anak yang merasa tak nyaman saat harus menemui dokter. Dengan demikian dekorasi interior dalam ruangan klinik sangat penting agar anak merasa tenang dan nyaman.

    Ruang Klinik Yang Membawa Keceriaan
    Klinik anak seharusnya jauh dari kesan menyeramkan. Ruangan klinik hendaknya mencerminkan dunia anak-anak, sehingga mereka tak merasa gelisah atau bosan saat menunggu giliran bertemu dokter. Berikut ini adalah hal-hal penting yang bisa dipertimbangkan dalam mendekorasi ruang klinik anak.
    • Ada ruang untuk bergerak, bermain dan bereksplorasi. Terutama di ruang tunggu klinik, dapat disediakan ruangan bermain khusus anak yang sebaiknya dilengkapi berbagai alat bermain. Dengan demikian diharapkan anak tak bosan berada di ruangan tersebut walau harus menunggu lama.
    • Warna memberi pengaruh langsung terhadap suasana hati. Oleh karenanya penggunaan warna harus tepat agar memberikan efek yang diinginkan. Anak-anak menyukai warna ceria, yang bisa diterapkan menggunakan wallpaper dinding. Namun juga sebaiknya warna ruangan yang ceria dikombinasikan dengan warna pastel agar memberi efek menenangkan.
    • Perabotan dengan bentuk-bentuk menarik atau boneka-boneka bisa membuat anak lupa sejenak akan keadaan fisiknya yang sedang kurang sehat. Karena karakter anak-anak yang masih senang berimajinasi, maka kehadiran tokoh-tokoh khayalan diharapkan dapat menghibur mereka.
    Faktor Keamanan Jangan Dilupakan
    [​IMG]

    Salah satu hal yang wajib diperhatikan saat mempersiapkan ruangan untuk anak, adalah unsur keamanan. Dari mulai furniture hingga pernak-pernik tidak boleh ada sudut tajam atau yang berpotensi jatuh menimpa bagian tubuh anak. Demikian juga bila meletakan alat bermain, harus dipertimbangkan unsur keselamatan dan keamanan sehingga anak bisa bergerak bebas tanpa ada potensi cedera. Penggunaan wallpaper dinding selain membantu meredam suara juga membuat dinding terasa lebih lunak sehingga menambah faktor keamanan dan kenyamanan.
     
Loading...

Share This Page