Deretan 3 Gudeg di Yogya, Pedesnya Bikin Kesetanan

Discussion in 'Tourism' started by Wisato, Jul 2, 2019.

  1. Wisato

    Wisato Member

    Joined:
    Jun 13, 2019
    Messages:
    46
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Apa yang terdengar di benak kalian jika mendengar kata Yogyakarta?
    Apalagi kalau bukan kuliner khas dan kebanggaannya yaitu gudeg. Kuliner yang dimasak menggunakan daun jati inilah yang menimbulkan warnanya kecoklatan, dengan bahan dasar nangka muda dan santan. Meski pun rasanya familiar dengan rasa manis, kini banyak juga penjual yang memadukan masakan gudeg Yogyakarta dengan cita rasa pedas.

    Berikut adalah rekomendasi jajanan gudeg yogyakarta yang sensasi pedasnya bikin kamu ketagihan:

    1. GUDEG MERCON IBU TINAH
    [​IMG]
    Sumber: Instagram @lala_marsheilla

    Gudeg mercon ini terletak di Jl. Asem Gede, Kranggan, Yogyakarta. Gudeg Mercon ini pertama kali dijual oleh Ibu Ngatinah pada tahun 1992.

    Selain rasa gudegnya yang menarik, gudeg mercon milik ibu Ngatinah ini jam jualannya juga unik. Banyak warung gudeg yang buka pada pagi hari hingga malam hari, namun Gudeg Mercon Bu Tinah ini baru membuka gudegnya mulai pukul 20.00 hingga 03.00 dini hari. Lauk yang disajikan di lapak sederhana bu Tinah beragam, mulai dari gorengan, ayam kampong, ceker goreng tepung, sate ayam. Terdapat pula kepala, sayap, paha, dan suwiran daging ayam.

    Warung Gudeg Mercon ini mempunyai konsep lesehan. Ada yang berbeda disini, bila anda pesan makanan, pesanan yang kita pesan tidaklah di antar seperti warung-warung pada umumnya, melainkan kita harus mengantri terlebih dahulu dan membawanya sendiri ke tempat dimana anda duduk. Harga gudeg mercon bu Tinah ini sekitar Rp 15.000,- sampai Rp 25.000,-. Anda harus datang lebih awal karena dijamin antriannya bakal panjang.

    2. Gudeg Mercon Yu Yam
    [​IMG]
    Sumber: Instagram @nongkrongasikjogja
    Bukan hanya gudeg mercon Bu Tinah saja yang memiliki cita rasa pedas serta jam bukanya yang unik. Gudeg mercon Yu Yam terletak di Jalan Magelang km 5, ini baru buka pukul 1 dini hari. Walaupun jam bukanya lain daripada yang lain, justru hal inilah yang menarik minat banyak pembeli. Bahkan, banyak juga artis ibukota yang telah menjadi pelanggan setia dari gudeg mercon Yu Yam. Seperti Dimas Andrean, hingga artis cantik Nadia Vega.

    Menu yang disajikan pun beragam, bukan hanya gudeg mercon. Terdapat beraneka macam lauk pedas lainnya yang pasti akan menggugah selera. Anda bisa merasakan ragam olahan oseng mercon, mulai dari mercon usus, mercon kikil, mercon tempe, dan mercon daun kates. Selain gudeg dan mercon, warung gudeg Yu Yam juga mempunyai menu lain seperti bubur, sangat cocok untuk menemani sarapan anda di pagi buta.

    3. Gudeg Mercon Yu Djum
    [​IMG]

    Sumber: Instagram @jogjafood
    Gudeg Yu Djum merupakan gudeg dengan cita rasa yang lezat dan paling sering dijadikan oleh-oleh para wisatawan. Gudeg Yu Djum sudah dijual sejak tahun 1950. Adapun gudeg yang dijual termasuk gudeg kering. Terdapat berbagai paket nasi gudeg dan krecek yang bisa anda pilih. Bisa pakai tahu, tempe, potongan daging ayam, dan juga telur.

    Gudeg Yu Djum ini mempunyai cita rasa manis gurih, pedas yang nikmat untuk dicicipi. Sambal kereceknya cukup pedas, walaupun gudeg ini tidak seperdas gudeg mercon. Saat ini Gudeg Yu Djum telah mempunyai berbagai cabang. Salah satunya ada di Jalan. Laksda Adisucipto Km. 8,7 (Samping Hotel Sheraton), Yogyakarta.

    Lantas, gudeg yang mana nih yang jadi favorit kamu?
    Punya rekomendasi kuliner gudeg lainnya?
    Share di sini yuuuuk!

     
  2. nianiadee22

    nianiadee22 New Member

    Joined:
    Jul 2, 2019
    Messages:
    3
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Rasanya emang mantul gan Gudegnya..:)
     
  3. Wisato

    Wisato Member

    Joined:
    Jun 13, 2019
    Messages:
    46
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    enaaak yaa gudegnya recommended bgttt buat yg doyan pedes
     
  4. Silmi Alimatul

    Silmi Alimatul Member

    Joined:
    Apr 14, 2018
    Messages:
    410
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Wah jadi penasaran nih sama rasanya, kebetulan saya suka makanan pedas :D
     
Loading...

Share This Page