Deretan Makanan Tradisional Bali yang Kerap Jadi Pelengkap Menu Nasi Bali Otentik

Discussion in 'Cooking' started by mikailhaykal, Aug 12, 2020.

?

Apakah Anda sudah pernah mencoba Nasi Campur Bali?

  1. Sudah

    0 vote(s)
    0.0%
  2. Belum

    0 vote(s)
    0.0%
  1. mikailhaykal

    mikailhaykal New Member

    Joined:
    Jul 18, 2020
    Messages:
    10
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    [​IMG]

    nasikotakindonesia.com

    Jika berbicara soal Bali, tentu tak lepas dari wisata alamnya yang begitu indah. Salah satu provinsi kepulauan yang ada Indonesia di Indonesia merupakan salah satu tempat di Tanah Air yang kerap dijuluki surga dunia oleh para wisatawan. Selain dikenal dengan panorama alamnya yang indah, Bali juga kaya akan tradisi dan budaya yang menjadi salah satu magnet bagi para wisatawan asing maupun dalam negeri. Bukan itu saja, Bali juga memiliki aneka kuliner tradisional yang khas, yang juga kerap dirindukan banyak orang.

    Sama halnya dengan kebanyakan masakan dari daerah lain, beberapa makanan khas Bali pun memiliki citarasa yang pedas serta kaya akan bumbu rempah. Salah satu makanan khas Bali yang banyak dicari oleh para wisatawan saat datang ke Pulau Dewata adalah nasi Bali otentik atau yang juga sering disebut dengan nama nasi campur Bali. Bahkan populer nasi Bali otentik ini pun kerap dipilih sebagai salah satu menu favorit di nasi kotak Jakarta.

    Seperti nasi campur dari daerah-daerah lain, nasi campur khas Bali juga dilengkapi dengan berbagai jenis makanan, tentunya makanan khas Bali sehingga menciptakan rasa nasi Bali otentik yang lezat. Adapun beberapa jenis makanan tradisional Bali yang sering digunakan sebagai pelengkap nasi bali otentik adalah seperti berikut ini.

    Ayam Betutu
    [​IMG]
    Ayam bumbu merupakan salah satu makanan halal khas Bali yang sering dijumpai sebagai lauk pendamping dari nasi bali otentik. Makanan yang terbuat dari daging ayam ini memiliki rasa yang kaya akan rempah-rempah. Biasanya dalam mengolah ayam betutu, bumbu yang digunakan di antaranya adalah bawang putih, bawang merah, kemiri, kunyit, jahe, dan berbagai bumbu rempah lainnya.

    Hal lain yang menjadikan ayam betutus sebagai pilihan pelengkap nasi bali otentik adalah proses memasaknya, yang bisa memakan waktu kurang lebih 5 jam lamanya. Proses ini lah yang membuat daging ayam betutu memiliki tekstur yang empuk serta bumbu yang meresap hingga ke dalam daging dengan sempurna.

    Sate Lilit
    [​IMG]
    Berbeda dengan sate pada umumnya, yang dibuat dari irisan daging yang ditusuk ke sebuah batang lidi dan kemudian dibakar, serta dibumbui dengan bumbu kacang atau sambal kecap. Sate lilit khas Pulau Dewata ini biasanya dibuat dari daging ikan tenggiri dan daging ayam yang sudah digiling atau dicacah. Daging yang sudah haluskan tersebut kemudian akan dibumbui dengan beberapa jenis bumbu dapur dan rempah, kemudian dibentuk bulat lonjong. Biasanya untuk membentuk daging dengan bentuk bulat lonjong, maka daging giling tersebut akan dililitkan pada batang bambu berbentuk pipih. Baru setelah itu sate lilit siap dibakar, dan disajikan sebagai pelengkap nasi bali otentik.

    Ayam Pedas Sisit
    [​IMG]
    Walau ayam betutu menjadi kuliner olahan dari daging ayam khas Bali yang cukup populer di kalangan wisatawan, namun ayam pedas sisit khas Bali juga tidak kalah lezatnya, lho. Selain ayam betutu, banyak nasi bali otentik yang menjadikan menu ayam pedas sisit ini sebagai lauk pelengkap untuk nasi campur bali. Ayam pedas sisit ini terbuat dari dada ayam tanpa tulang yang direbus, lalu disuwir-suwir.

    Kemudian ayam rebus yang sudah disuwir-suwir tersebut akan dimasak bersama bumbu rempah yang sudah dihaluskan dan sudah ditumis hingga harum sebelumnya.

    Bumbu rempah dan bumbu dapur yang biasa digunakan untuk membuat ayam pedas sisit ini antara lain, sereh, daun salam, daun jeruk, bawang merah, bawang putih, cabai rawit, terasi, kencur, kunyit, dan santan. Ayam akan dimasak hingga bumbu rempah yang dihaluskan tersebut terserap sempurna ke dalam daging, sehingga menghasilkan cita rasa gurih pedas yang khas dan membuat nasi bali otentik semakin lezat. Biasaya menu ayam pedas sisit ini juga digunakan untuk membuat nasi kotak Bali untuk menghasilkan citarasa nasi Bali otentik.

    Jukut urap
    [​IMG]
    Tak hanya berisikan lauk yang terbuat dari daging atau ikan. Nasi bali otentik pada umumnya juga disajikan bersama olahan sayur khas Bali tentunya. Salah satu jenis menu sayur yang kerap ditemukan di dalam seporsi nasi campur Bali adalah jukut urap. Jukut urap merupakan kuliner olahan sayur yang terbuat dari beberapa jenis sayuran, seperti bayam, kacang panjang, tauge, dan juga kol. Untuk memberikan citarasa pada sayuran, maka akan ditambahkan kelapa parut yang sudah diberi bumbu berupa bawang goreng, bawang putih, daun jeruk, garam, terasi, serta cabai sehingga menghasilkan rasa yang sedikit pedas.

    Lawar Sayur dan Daging Ayam
    [​IMG]
    Selain jukut urap, menu olahan sayur yang juga banyak digunakan untuk menciptakan rasa nasi bali otentik adalah lawar. Biasanya lawar dibuat dengan menggunakan beberapa jenis sayuran dan diberi campuran daging, seperti daging ayam atau daging sapi. Sayuran yang biasanya digunakan untuk membuat lawar adalah potongan daun cempedak, daun pepaya, dan juga pare.

    Sama halnya dengan jukut urap, lawar sayuran dan daging ini juga akan diberi bumbu untuk menambah citarasa nasi bali otentik berupa kelapa parut. Namun yang membedakan, bumbu kelapa parut yang digunakan pada lawar perlu disangrai terlebih dahulu. Baru setelah itu dicampur dengan beberapa jenis bumbu rempah yang sudah dihaluskan dan ditumis hingga mengeluarkan aroma harum. Baru setelah itu, bumbu kelapa parut tersebut akan dicampur rata bersama sayuran dan juga potongan daging.

    Teri Kacang
    [​IMG]
    Untuk memberikan tekstur crunchy saat menyantap nasi campur Bali, biasanya akan ditambahkan teri goreng dan kacang tanah sangrai pada seporsi nasi Bali Otentik. Tak hanya digoreng biasa, teri dan kacang tanah tersebut sebelumnya akan diberi bumbu pedas, sehingga akan semakin membuat rasa nasi campur bali lebih nikmat.

    Sambal Matah
    [​IMG]
    Untuk menghasilkan rasa nasi Bali otentik, tentu kehadiran sambal matah tidak boleh dilewatkan. Berbeda dari kebanyakan sambal khas Indonesia pada umumnya, sambal khas Bali ini tidak dibuat dengan cara diulek terlebih dahulu. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat sambal, seperti cabe dan bawang merah, hanya perlu dipotong-potong, kemudian menambahkan sedikit minyak kelapa sawit, dan juga perasan air jeruk purut. Sambal matah yang segar dan asam ini pun akan semakin membuat nasi campur Bali terasa lebih autentik dan lezat tentunya.
     
  2. keepburger

    keepburger Member

    Joined:
    Nov 2, 2018
    Messages:
    70
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    8
    Sukses buat usahanya.
     
Loading...

Share This Page