Desain Web Responsif Sangat Penting, Ini Alasannya

Discussion in 'HTML & Website Design' started by bagusetiawan, Aug 9, 2016.

  1. bagusetiawan

    bagusetiawan Member

    Joined:
    Feb 16, 2016
    Messages:
    126
    Likes Received:
    20
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    Picture Source : Google

    3 Alasan Mengapa Memiliki Desain Website Yang Responsif Adalah Pilihan Terbaik Untuk Strategi Mobile SEO Anda

    Saat ini, proses adopsi suatu teknologi dari sebuah komputer ke dalam sebuah smartphone atau tablet sudah berjalan begitu cepat dan akan terus berkembang. Jika Anda adalah seorang yang beranggapan bahwa Search Engine Optimization (SEO) adalah suatu komponen inti dari strategi pemasaran digital anda, maka memiki sebuah website yang mobile-friendly adalah sebuah keharusan. Menurut data yang dihimpun oleh Google pada tahun 2012, sebanyak 67 persen dari 1088 pengguna internet dewasa di Amerika Serikat mengaku mereka lebih cenderung untuk bertransaksi melalui situs yang berbasis mobile-friendly. Maka dari itu, mengembangkan suatu website yang responsif untuk perangkat mobile menjadi suatu hal yang harus diberi perhatian khusus oleh para perusahaan yang sangat mengandalkan SEO.

    1. Direkomendasikan Oleh Google
    Google sangat menganjurkan untuk mendesain sebuah website yang responsif untuk perangkat mobile. Hal ini karena desain website yang responsif memiliki satu URL dan HTML yang sama, yang yang membuatnya lebih mudah dan lebih efisien bagi Google untuk melakukan pelacakan dan mengorganisir konten yang ada. Selain itu, Google lebih memilih desain website yang responsif karena konten yang berada pada satu website dan satu URL akan membuat user menjadi jauh lebih untuk berbagi, berinteraksi dan menautkan suatu konten ke situs yang berbeda. Sementara kita tahu, saat ini Google menempatkan user-experience sebagai salah satu faktor untuk memberikan ranking terkait dengan penentuan SEO. Apakah website mu sudah mobile friendly? kamu bisa cek melalui mobile friendly test dari google di sini.

    2. Satu website, banyak device
    Salah satu aspek yang paling menarik dari desain website yang responsif adalah bahwa website yang responsif dapat memberikan user-experience yang besar di banyak perangkat dan ukuran layar. Sebuah situs yang bekerja dengan baik akan memberikan user-experience yang lebih baik dan konsisten dibandingkan dengan website yang dirancang untuk perangkat dan layar ukuran tertentu. Mari kita ambil contoh berikut, seseorang mencari sebuah produk pada smartphone melalui sebuah platform toko online. Mereka menemukan sebuah situs yang menawarkan produk yang mereka cari dan memutuskan untuk terus mengecek produk tersebut di situs yang sama selepas pulang kerja. Akan menjadi rumit ketika sesampainya di rumah, user ini mengakses situs tersebut melalui desktop kemudian menemukan tampilan yang berbeda dari saat mengakses melalui smartphone. Jika situs tersebut responsif, user akan memiliki user-experience yang positif ketika melewati transisi dari ponsel ke desktop karena mereka akan melihat situs yang sama pada desktop mereka seperti yang mereka lihat pada smartphone mereka. Di sisi lain, jika situs tersebut adalah sebuah dedicated mobile site, user ini akan kesulitan untuk mencari versi desktop dari situs tersebut dan masih harus menemukan produk yang dicari dari awal.

    3. Mempermudah pengelolaan
    Memiliki situs desktop dan mobile yang terpisah tentunya membutuhkan strategi SEO yang berbeda. Mengelola satu situs dengan satu strategi SEO tentu akan jauh lebih mudah daripada harus mengelola dua situs dengan dua strategi SEO sekaligus. Ini adalah salah satu keuntungan terbesar dari memiliki website dengan desain yang responsif.

    Kesimpulan

    Mendesain suatu website yang responsif sejatinya sudah sangat direkomendasikan, bahkan oleh Google. Karena hal ini memungkinkan suatu website dapat memberikan user-experience yang besar di banyak jenis perangkat serta ukuran layar. Serta dapat membuat pengelolaan strategi SEO sebuah website menjadi jauh lebih mudah. Dengan alasan-alasan tersebut, maka memiliki desain website yang responsif merupakan pilihan terbaik untuk strategi mobile SEO Anda. Semoga bermanfaat!
     
    Last edited: Aug 9, 2016
  2. renderware

    renderware Active Member

    Joined:
    Dec 22, 2014
    Messages:
    1,154
    Likes Received:
    77
    Trophy Points:
    48
    kalok gak responsive mengurangi kenyamanan pas dibuka via mobile
     
    bagusetiawan likes this.
Loading...

Share This Page