Deteksi Motor Bekas Terkena Banjir? Begini Caranya!

Discussion in 'Otomotif' started by Budimola, Aug 13, 2019 at 9:56 PM.

  1. Budimola

    Budimola Member

    Joined:
    May 27, 2019
    Messages:
    236
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]

    Bagi yang memiliki budget rendah, membeli motor bekas memang merupakan pilihan terbaik. Namun, pembeli harus jeli mengamati kualitas motor berdasarkan sejarah pemakaiannya supaya tidak merepotkan pada kemudian hari. Salah satunya, mendeteksi apakah motor tersebut pernah terendam banjir.

    Lalu baik mana, apakah motor baru atau motor bekas? Masing-masing pilihan ini tentu memiliki keunggulan. Jika membeli motor baru, Anda akan mendapatkan bodi yang mulus, kualitas mesin yang masih terjaga, dan garansi berdurasi panjang. Namun, harganya tentu jauh lebih mahal daripada motor bekas. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan.


    1. Periksa Bodi dan Sambungan Dek
    Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memeriksa bodi dan sambungan dek pada motor. Meskipun motor sudah pernah dicuci pasca banjir, imbasnya biasanya masih tersisa dan dapat dideteksi. Untuk melihatnya, Anda perlu membuka bodi motor dan memeriksa komponen-komponen yang ada di dalamnya.

    Biasanya, pada komponen-komponen motor yang pernah terkena banjir terdapat banyak endapan pasir, mulai dari soket, ikatan kabel, hingga komponen terkecil lainnya. Apabila penjual tidak teliti, bagian-bagian ini biasanya luput dari pembersihan.

    Setelah memeriksa bodi motor, Anda perlu memperhatikan bagian yang menyambungkan antar dek. Bukalah sambungan dek tersebut untuk melihat apakah terdapat warna cokelat, terutama di bagian sela-selanya. Bisa juga terlihat seperti kerak yang merupakan endapan tanah. Apabila Anda menemukan hal ini, motor tersebut kemungkinan besar pernah terkena banjir.


    2. Cek Bagian Mesin Motor
    [​IMG]
    Mesin motor di cek lebih dulu

    Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan sebelum membeli motor bekas adalah mengecek bagian dalam mesin. Ini adalah bagian yang seharusnya tidak boleh luput dari perhatian karena mesin merupakan ‘jantung’ dari sebuah motor. Nah, motor yang terkena banjir biasanya akan menunjukkan sisa-sisa karat yang berwarna kuning.

    Pada motor skutik misalnya, Anda dapat membuka bagian CVT (Continuously Variable Transmission). Pada bagian ini, bisa saja terdapat komponen yang berkarat dan berpasir apabila motor pernah terendam banjir. Jadi, jangan ragu untuk memeriksanya terlebih dahulu.

    Bagian gardan juga bisa dicek dulu. Pelumas pada motor yang pernah terkena banjir biasanya akan berubah warna menjadi seperti kopi susu. Selain memeriksa kondisi mesin dengan membuka bodinya, Anda juga perlu memperhatikan suara motor ketika dinyalakan. Suara yang berbeda dari umumnya atau terkesan lebih kasar bisa jadi pertanda masalah.

    Perlu diketahui, suara mesin motor yang kasar tidak hanya disebabkan oleh terendam banjir, tetapi juga karena motor tersebut kurang dirawat oleh pemilik sebelumnya. Lanjut baca ulasan selengkapnya disini.
     
Loading...

Share This Page