Di Tubuh Anda ada Kulit Tebal? Itu adalah Keloid

Discussion in 'Health & Medical' started by Rohmat Noer Fajril, May 22, 2018.

Tags:
  1. Rohmat Noer Fajril

    Rohmat Noer Fajril Member

    Joined:
    May 8, 2018
    Messages:
    38
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Apa Itu Keloid?
    Keloid merupakan lesi kulit berserat yang tidak berpotensi menjadi ganas. Jaringan luka, yang juga dikenal sebagai jaringan fibrosa, tumbuh untuk memperbaiki dan memperbarui kulit setelah cedera. Namun, dalam beberapa kasus, jaringan luka tumbuh menjadi terlalu besar, sehingga timbul keloid. Studi telah membuktikan bahwa hal ini terjadi ketika mekanisme perbaikan tubuh kehilangan kendali sehingga terjadi proses pemulihan luka yang tidak normal.

    [​IMG]
    Secara medis, saat kulit terluka, akan terjadi proses pemulihan yang normal dalam kurun waktu tertentu, ketika reaksi penyembuhan tersebut jaringan parut (fibrosa) yang terbentuk di atas luka akan melindungi dan memperbaiki luka. Dalam beberapa kasus, jaringan fibrosa tersebut timbul menebal, menonjol, dan melebar. Inilah yang dinamakan keloid, atau lebih dikenal oleh orang awam medis sebagai bekas luka yang menebal.

    Keloid biasanya tumbuh satu tahun setelah luka terjadi dan bisa tumbuh dimana saja. Walaupun dapat tumbuh di semua bagian tubuh, keloid lebih sering ditemukan di bagian tubuh yang sering terkena tekanan seperti dada atas, lengan, dan bagian depan leher. Keloid juga biasanya tumbuh ketika bekas luka ada di bagian tubuh yang melewati garis tekanan kulit.

    Penyebab Keloid
    Keloid dapat disebabkan oleh berbagai luka, seperti:
    • luka bakar
    • luka bekas tindik
    • luka bekas operasi
    • luka tergores
    • luka cakar
    Normalnya pada saat Anda mengalami luka, jaringan parut atau fibrosa akan terbentuk di atas kulit yang luka untuk melindungi dan memperbaikinya. Namun pada keloid, jaringan tersebut justru terus tumbuh hingga menebal dan berukuran lebih besar daripada luka itu sendiri.

    Keloid biasanya diderita oleh pasien berusia 10–20 tahun dan berdasarkan penelitian, sampai 15% luka akan menyebabkan keloid. Keloid dikenal sebagai penyakit bawaan, yang berarti keloid diwariskan secara turun temurun dalam keluarga. Orang Afrika, Amerika, Asia, dan Hispanik memiliki tingkat risiko terkena keloid yang lebih tinggi karena kulit mereka mengandung banyak pigmen atau zat warna. Mereka memiliki kemungkinan terkena keloid yang 15 kali lipat lebih tinggi dibandingkan orang dengan kulit yang jumlah pigmennya lebih sedikit.

    Beberapa jenis luka juga lebih berisiko untuk tumbuh menjadi keloid, yaitu:
    • Jerawat
    • Luka bakar
    • Cacar air
    • Garukan
    • Tindik telinga
    • Sayatan yang dibuat saat operasi
    • Bekas suntik vaksinasi
    Gejala Keloid
    Berikut ini adalah tanda-tanda dari keloid:
    • Berwarna cerah, merah muda, atau merah
    • Menonjol (benjolan) atau berkerut
    • Gatal
    • Lunak
    • Mudah mengalami iritasi apabila terkena gesekan
    • Terus bertambah besar
    • Warnanya menjadi lebih gelap dari kulit sekitarnya ketika terkena sinar matahari
    Apabila terasa gatal, berarti keloid sama sekali tidak berbahaya. Kekhawatiran utama mengenai keloid biasanya berkaitan dengan kecantikan, terutama apabila keloid tumbuh di bagian tubuh yang mudah terlihat, seperti wajah.

    Pengobatan Keloid
    Perlu diingat bahwa ada beberapa pengobatan keloid yang menyebabkan keloid melebar, sehingga keloid terlihat semakin besar. Keloid tumbuh dalam proses pemulihan bekas luka, sehingga upaya untuk menghilangkan keloid dapat memicu jaringan luka untuk tumbuh kembali. Oleh karena itu, ada kemungkinan bekas luka kembali tumbuh menjadi terlalu besar dan membentuk keloid baru.

    Walaupun berisiko, obat-obatan serta tindakan pengobatan untuk penghilangan keloid masih tersedia. Beberapa metode pengobatan keloid yang paling umum adalah:

    • Cryotherapy
      Cara yang satu ini dilakukan dengan menggunakan nitrogen cair yang akan membekukan keloid. Prosedur ini bisa mengempiskan keloid, tapi biasanya akan meninggalkan bekas luka berwarna gelap pada permukaan kulit.
    • Laser
      Laser dapat membantu meratakan keloid dan membuat warna merahnya menjadi lebih pudar. Namun, metode ini termasuk mahal dan perlu dilakukan beberapa kali.
    • Silikon Gel
      Cara ini menggunakan gel silikon yang dibalutkan pada bagian kulit yang ditumbuhi keloid. Hasil dapat bervariasi pada tiap penderita dan penggunaannya harus dilakukan selama beberapa bulan.

    Berbagai foto kulit tebal alias keloid:

    [​IMG]
    [​IMG]
    Ada yang lebih parah katanya 7 tahun tidak diobati:

    [​IMG]
    [​IMG]


    Ingin Keloid Hilang dengan Mudah?
    Cukup dengan mengkonsumsi obat herbal, nah salah satu obat herbal yang anda harus pilih ialah obat tradisional Golden Gamat Mitoha yang terbuat dari mahluk ajaib yaitu teripang emas, dimana sangat banyak kandungan yang sudah diracik khusus untuk menghilangkan keloid dengan mudah sampai tuntas, bisa di cek di link ini Golden Gamat Mitoha

    Beberapa foto keloid yang telah diobati oleh Golden Gamat Mitoha:
    [​IMG]

    Sumber : http://goldengamat.biz/obat-tradisional-keloid/
     
  2. khezo

    khezo Member

    Joined:
    Aug 27, 2017
    Messages:
    57
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    njirrr ngilu liat nya
     
  3. enter1kali

    enter1kali Member

    Joined:
    Apr 5, 2013
    Messages:
    423
    Likes Received:
    18
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Pengalaman beberapa rekan saya yang mempunyai keloid, cara menghilangkannya dengan laser, karena jika luka sudah membentuk keloid susah untuk hilang dengan obat apapun
     
Loading...

Share This Page