Diet Ketogenik Pengaruhnya Terhadap Berat Badan

Discussion in 'Health & Medical' started by Adinhar, Oct 7, 2017.

  1. Adinhar

    Adinhar New Member

    Joined:
    Aug 8, 2017
    Messages:
    19
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3


    upload_2017-10-7_9-35-30.jpeg

    Diet ketogenik
    atau diet keto merupakan program diet yang kini sedang populer dan diyakini ampuh dalam melunturkan lemak. Diet tersebut termasuk cara baru dalam menurunkan berat badan, hampir semua orang membicarakan tentang cara diet tersebut, bahkan selebriti tingkat duniapun banyak melakukannya.

    Pola makan yang memperbanyak konsumsi lemak dan mengurangi karbohidrat ini dianggap efektif untuk menurunkan berat badan. Diet ketogenik adalah cara diet dengan mengatur pola makan yang memperbanyak konsumsi lemak dan mengurangi karbohidrat. Dalam diet ketogenik ditekankan untuk meninggikan asupan lemak, protein yang moderat dan rendah karbohidrat. Kalori harian yang diharapkan adalah sekitar 70% – 75% dari lemak, 20% dari protein, dan 5% dari karbohidrat, atau bisa juga 60% lemak, 30% protein dan 10% karbohidrat. Tergantung dari keinginan dari orang yang menjalankannya yang terpenting adalah perbandingan antara lemak, protein dan karbohidrat sesuai dengan prinsip dari cara diet ketogenik tersebut.
    [​IMG]
    Piramid Diet Ketogenik
    Lalu bagaimana dengan keberhasilannya? Berdasarkan penelitian yang telah banyak dilakukan pada dekade sebelumnya, rata-rata menunjukkan hasil yang positif. diet ini sangat menarik dan akan membantu tubuh untuk menurunkan berat badan.

    Cara kerja dari diet ketogenik sehingga dapat menurunkan berat badan adalah sebagai berikut:
    Dalam tubuh lemak akan dipecah menjadi asam lemak hingga senyawa kimia terkecil yaitu badan keton yang terdiri dari 3 senyawa, yaitu aseton, asam aseotasetat, dan asam ß-hidroksibutirat yang dipergunakan untuk energi dalam hati dan ginjal, dan sifatnya larut dalam air meskipun sebutannya "badan keton". Dua dari tiga senayawa tersebut digunakan sebagai sumber energi di jantung dan otak sementara yang ketiga adalah produk limbah yang dikeluarkan dari tubuh. Di otak, badan keton adalah sumber penting dari energi selama berpuasa. Keton ini akan mulai digunakan ketika glukosa dan glikogen sudah habis, sehingga tubuh akan memakai sumber energi lain yaitu lemak. Badan keton memberi energi saat dilepaskan oleh hati selama periode asupan makanan rendah. Hal ini akan menekan kebutuhan terhadap karbohidrat tambahan dan ini memberikan Anda kelonggaran lebih saat melakukan diet ketogenik.

    Badan keton ini sangat bermanfaat karena dapat membantu menekan godaan untuk makan malam. Penurunan berat badan hanya mungkin terjadi bila badan keton ini masuk ke aliran darah dan berfungsi sebagai sumber energi di dalam tubuh.
    [​IMG]
    Gambar Badan Keton
    Diet ketogenik yang Anda jalankan akan menjadi katalis bagi badan keton dan memberikan kemampuan bagi badan keton tersebut untuk menjadi tokoh sentral dalam usaha penurunan berat badan.

    Seperti halnya program-program diet lainnya, maka tentunya pasti ada kelebihan dan kekurangannya dari diet ketogenik, hal ini sangat tergantung pada tujuan Anda serta seberapa banyak usaha yang ingin Anda lakukan.

    Kelebihan

    Terjadinya mekanisme kehilangan lemak yang meningkat, karena tubuh Anda menggunakannya sebagai energi. Anda akan kehilangan lebih banyak lemak dalam periode waktu yang lebih singkat.


    Kekurangan

    Karena diet ketogenik ini membutuhkan rasio kebutuhan kalori yang ketat dan rendahnya asupan karbohidrat, maka pada awal-awal menjalankan program ini akan sulit untuk menahan keinginan makan makanan tertentu. Namun apabila Anda dapat mengatasi dan melewati tahap awal, maka selanjutnya akan menjadi jauh lebih mudah.

    Cara diet Ketone yang diharuskan meningkatkan asupan lemak Anda, akan dapat menyebabkan gangguan kesehatan lainnya ikut turun, namun Anda harus selalu waspada terhadap jenis lemak yang Anda makan dan menjauhi kalori kosong.


    Pada dasarnya, tubuh Anda membutuhkan energi untuk kelangsungan hidup dan itu dipenuhi melalui asupan makanan, namun kebanyakan energi yang diperoleh berasal dari glukosa dari karbohidrat. Karena asupan makanan kita penuh dengan makanan yang kaya karbohidrat tersebut, sehingga tubuh tidak pernah benar-benar sampai ke tahap di mana ia dapat memecah lemak untuk digunakan sebagai sumber energi dengan cara yang berarti.

    Namun saat kita menjalani diet ketogenik yang ketat karbohidrat, maka tubuh bisa mendapatkan energi dan kemudian akan mengembalikan ke penyimpanan lemaknya. Ketika glukosa menjadi terbatas, maka jumlah karbohidrat menjadi kecil dan itu akan digunakan sebagai energi untuk sel darah merah, dan sel otak yang cenderung hanya dapat melakukan tugasnya bila mendapatkan energi yang berasal dari glukosa.


    Gula dalam tubuh merupakan zat yang dapat menimbulkan peradangan dan mungkin menjadi penyebab berbagai jenis penyakit.

    Ketika orang berhenti makan karbohidrat dan gula, maka tubuh dipaksa untuk membakar keton agar memiliki cukup energi. Dengan melakukan diet ketogenik yang rendah karbohidrat, akan terjadi peningkatan energi, penurunan berat badan dan kesehatan jantung. Diet ketogenik juga telah dibuktikan dapat mengendalikan gangguan kejang secara efektif.

    Bagi Anda yang suka makan makanan manis dan mengandung gula tentunya dapat menyebabkan masalah dengan insulin yang akhirnya terjadi penambahan berat badan, tanpa mengurangi dan mengatur gula yang masuk ke dalam tubuh maka lama kelamaan timbul resiko timbulnya berbagai penyakit.


    Dengan menjalankan diet ketogenik secara benar maka jumlah gula yang masuk ke dalam tubuh dapat dikurangi. Walaupun sesungguhnya bukan karena diet ketogenik yang membuat Anda mengkonsumsi gula menjadi lebih sedikit, tapi karena Anda secara disiplin mengurangi kadar gula yang masuk ke dalam tubuh Anda yang akhirnya tubuh akan terbiasa dengan kadar glukosa yang lebih rendah di dalamnya.

    Karbohidrat cenderung akan berubah menjadi gula, jadi dengan menurunkan asupan karbohidrat Anda, maka dengan secara tidak sengaja akan menurunkan peluang perubahan karbohidrat menjadi gula sederhana.

    Pada dasarnya pengurangan asupan glukosa akan mengurangi kadar kolesterol dalam darah Anda, juga akan memeberikan kesehatan pada jantung dan sehingga dapat bekerja lebih efisien.


    Diet ketogenik adalah cara diet yang ampuh. Penurunan berat badan adalah dambaan hampir setiap orang yang mengalami kelebihan berat badan, namun tanpa diet yang tepat maka keinginan dan harapan tersebut tidak akan pernah terwujud. Penurunan berat badan adalah keadaan tersendiri dimana setiap hari merupakan tantangan untuk menjadi lebih baik dan lebih kuat. Anda akan terbangun setiap pagi dan bergegas ke cermin dengan harapan perubahan telah terjadi.

    Untuk saat ini diet ketogenik merupakan jalan ke luar yang dapat memberikan perubahan pada kesehatan tubuh Anda dan telah banyak dilakukan penelitian mengenai diet ketogenik tersebut, yang mana rata-rata hasilnya positif. Diet ini segera meningkatkan energi tubuh, dengan memberikan makanan yang tepat secara konsistens akan memberikan peluang kepada tubuh untuk istirahat sehingga tubuh tidak mudah sakit.

    Namun ada beberapa pengecualian dalam menjalankan program diet tersebut, terutama untuk orang yang melakukan aktifitas rutin seperti maraton, bersepada jarak jauh dan melakukan renang secara intens. Karena aktifitas-aktifitas tersebut membutuhkan karbohidrat yang benar-benar tinggi dan menggunakan glukosa sebagai energi.
    [​IMG]
    Sumber Makanan Diet Ketogenik

    Diet ketogenik sangat baik dilakukan bagi orang yang sibuk dan tidak sempat melakukan aktifitas olah raga seperti di atas.

    Sekarang kita lihat contoh makan harian sesuai dengan diet ketogenik.
    1. Sarapan: Telur, tomat, kemangi dan omelet kambing keju
    Makan siang: Ayam salad dengan minyak zaitun dan keju
    Makan malam: Ikan salmon dengan asparagus dimasak dengan mentega

    2. Sarapan pagi: milkshake ketogenic (tidak ada ide? Coba yang ini!)
    Makan siang: Udang salad dengan minyak zaitun dan alpukat
    Makan malam: Daging sapi dengan keju, brokoli dan salad

    3. Sarapan: Daging sapi dan keju telur dadar dengan sayuran
    Makan siang: Daging sapi dan irisan keju dengan kacang
    Makan malam: Ikan laut, telur dan bayam dimasak dengan minyak kelapa

    Itulah tulisan singkat mengenai pengaruh diet ketogenik terhadap berat badan.

    Sources
    https://www.healthform.org/ketogenic-diet-weight-loss-cancer/
    17/05/2016
     
  2. FixifPro

    FixifPro Member

    Joined:
    Oct 7, 2017
    Messages:
    39
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Apakah udah ada yg membuktikannya? lemak sangat buruk untuk kesehatan loh kalau terlalu banyak, mending keduanya dihindari Berlebihan deh, LEMAK + Kolestrol lebih sedikit dan perbanyak sayur dan buah"an plus air putih lebih sering, itu yg bener, udah kebukti, dampak positifnya banyak selain dari program diet, juga buat kesehatan, daya tahan tubuh dll...
     
Loading...

Share This Page