DIJAMIN, 5 Kampung Ini Cuma Bisa Kamu Liat di Indonesia Lho!

Discussion in 'Tourism' started by Wisato, Jan 5, 2020.

  1. Wisato

    Wisato Member

    Joined:
    Jun 13, 2019
    Messages:
    57
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    1. Kampung Adat Sijunjung
    [​IMG]
    Sumber Gambar : Instagram @minangtourism
    Kampung ini berada di Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat. Untuk menuju kampung ini harus melewati jembatan Batang Sukam, dan patung perempuan adalah pertanda kamu memasuki kampung ini. Di sepanjang jalan, kamu akan disuguhi pemandangan Rumah Gadang yang berjajar rapi dan saling berhadap-hadapan. Kampung ini dihuni oleh enam suku yaitu Piliang, Chaniago, Melayu, Pana, Tobo, dan Melayu Tak Timbago.

    2. Kampung Adat Todo
    [​IMG]
    Sumber Gambar : Instagram @_josephtheo
    Kampung yang berada di Flores ini memiliki rumah adat tertua di Manggarai yang disebut Rumah Adat Todo. Rumah ini atapnya berbentuk kerucut dengan pintu setinggi bahu orang dewasa. Jika akan masuk rumah harus menundukkan kepala, ini diartikan sebagai gambaran untuk menghormati pemilik rumah. Di rumah ini terdapat gendang yang membedakan dengan rumah adat lainnya, konon gendang ini terbuat dari kulit manusia.

    3. Kampung Adat Toraja
    [​IMG]
    Sumber Gambar : Instagram @toraja_beautifulland
    Tongkonan atau rumah adat masyarakat Toraja adalah ciri khas kampung ini. Terdapat 10 Alasan Tana Toraja Menjadi Destinasi Favorit, untuk meyakinkan mu betapa kayanya kebudayaan di Toraja khususnya Tongkonan. Tongkonan bukanlah rumah pribadi, melainkan diwariskan turun temurun. Tongkonan berbentuk rumah panggung dengan kolong rumah untuk kandang kerbau, dan depan rumah terdapat alang atau lumbung padi. Kampung ini masih menjaga adat-adat dari nenek moyang.

    4. Kampung Adat Baduy
    [​IMG]
    Sumber Gambar : Instagram @wowbanten
    Kampung Baduy berada di Banten yang hidup dalam tatanan masyarakat yang selaras dengan alam. Uniknya, di kampung ini tidak ada unsur besi pada bangunan rumahnya, hanya menggunakan kayu atau bambu. Masyarakat Suku Baduy disebut Urung Kanekes yang terikat dengan alam membuat daerah Baduy tetap lestari. Di kampung ini juga terdapat Jembatan Akar Baduy yang terdiri dari ikatan akar yang terkait kokoh dan bawahnya terdapat bambu juga.

    5. Kampung Adat Wae Rebo
    [​IMG]
    Sumber Gambar : Instagram @kemanakitaliburan
    Kehidupan di kampung ini beriringan antara manusia, alam, dan roh leluhur. Hanya terdapat 7 rumah utama di kampung ini yang disebut Mbaru Niang. Kampung ini kerap dihiasi kabut tipis sepanjang hari membuatnya dijuluki sebagai salah satu desa tertinggi di Indonesia karena berada di ketinggian 1200 mdpl. Perayaan upacara adat dilaksanakan setiap Bulan November sebagai wujud syukur berkat hasil panen yang diperoleh.
     
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,401
    Likes Received:
    102
    Trophy Points:
    63
    Banyak yang unik di Indonesia, seperti orang Baduy kalau pergi selalu berjalan kaki tanpa alas kaki dan menggunakan busana yang unik membawa tas dipinggangnya sebagaimana para pengembara
     
Loading...

Share This Page