Doa Bercermin Lengkap Latin Maupun Artinya

Discussion in 'General Discussion' started by hanifah, Apr 2, 2019.

  1. hanifah

    hanifah New Member

    Joined:
    Dec 14, 2018
    Messages:
    26
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Kabar baik hari ini ya, teman-teman? Semangat dan sukses selalu menyertai aktivitas rutin kita semua. Pada hari yang cerah ini dengan disertai sedikit mendung. Kami akan menuliskan sebuah doa yang bisa diamalkan setiap hari. Pada hakikatnya hidup kita untuk ibadah kepada Allah Subhanahu wa ta'ala. Tidak ada tujuan lain selain itu. Meski pun kita akui bahwa tidak sedikit orang yang melalaikan tugas tersebut.

    Dalam kehidupan, kita setiap hari melakukan sesuatu yang sudah dianggap rutin. Artinya tanpa ada rencana terlebih dahulu pun berjalan terus aktivitas tersebut. Sebut saja, makan, minum, tidur, mandi, gosok gigi, memakai pakaian, berhias dan bercermin. Nah, satu aktivitas yang kami anggap penting dan menarik untuk dibahas ialah tatkala kita bercermin. Dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga para orang tua sering melakukan aktivitas yang satu ini. Sebagai kaum muslimin yang taat, kita pun diajarkan untuk membaca doa bercermin selalu. Terutama tatkala kita sudah berada di depan cermin. Maka jangan lupa kita untuk melafazhkannya. Tentang lafazh doanya ialah:

    اَللّٰهُـمَّ كَمَا حَسَّـنْتَ خَلْقِـيْ فَحَسِّـنْ خُلُقِـيْ
    Latinnya :
    ALLOHUMMA KAMAA HASSANTA KHOLQII FAHASSIN KHULUQII.
    Artinya :
    " Ya Allah sebagaimana Engkau telah ciptakan aku dengan baik, maka perbaikilah akhlakku."

    atau bisa pula membaca :
    اَلْحَمْدُ لِهِٰ كَمَا حَسَّنْتَ خَلْقِيْ فَحَسِّـنْ خُلُقِيْ
    Latinnya :
    ALHAMDULILLAAHI KAMAA HASSANTA KHOLQII FAHASSIN KHULUQII.
    Artinya :
    "Segala puji bagi Allah, baguskanlah budi pekertiku sebagaimana Engkau telah membaguskan rupa wajahku."​

    Diantara dua doa di atas, kita bisa mengamalkan semuanya. Makna yang terkandung di dalam doa tersebut sangatlah bagus. Kita memuji kebesaran Allah Swt. dan mengakui bahwa semua yang kita miliki termasuk wajah cantik bagi wanita dan tampan bagi seorang laki-laki itu adalah karunia Allah Swt. Tidak pantas seorang manusia sombong dihadapan manusia lainnya gara-gara ia memiliki paras wajah yang cantik atau rupawan.

    Keberadaan barang berupa cermin juga sudah tersebar di seantero dunia. Bahkan kini tampil dengan pernak pernik yang mempesona. Indah dan bila melihatnya kita biasanya hati menjadi tergerak untuk membelinya. Meskipun di rumah sudah ada lebih dari satu. Seperti apa pun bentuk, ukuran, warna, dan hiasan dari sebuah cermin. Tetap saja memiliki fungsinya sama. Tinggal kita tidak lupa untuk berdoa tatkala bercermin di depannya. Semoga memberi sedikit tambahan ilmu yang bermanfaat di dunia dan akhirat. Amiin. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.
     
Loading...

Share This Page