Doa Keluar Rumah Lengkap Arab Latin Arti dan Fadhilahnya

Discussion in 'Education' started by hanifah, Dec 20, 2018.

  1. hanifah

    hanifah New Member

    Joined:
    Dec 14, 2018
    Messages:
    19
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Bagaimana kabarnya teman-teman sekalian? Semoga selalu dalam kebahagiaan. Keceriaan ada bersama kita. Kali ini saya mau menuliskan doa keluar rumah lengkap arab latin arti dan fadhilahnya juga. Hampir semua orang memiliki rumah. Entah besar atau kecil. Milik sendiri atau orang tua. Bahkan mungkin masih mengontrak. Tidak masalah. Terpenting mempunyai tempat untuk berteduh dari hujan dan panas terik matahari. Inilah satu bentuk karunia Allah Swt. Nikmat yang harus kita syukuri. Tidak ada ruginya orang bersyukur kepada-Nya. Kita akan diberi tambahan nikmatnya yang lain.
    Dalam keseharian kita pun, kita pastinya tidak hanya berdiam diri di rumah terus. Mungkin satu waktu itu kita lakukan. Sebab sedang sakit atau memang lagi malas saja. Barangkali karena sedang hujan lebat dan terus menerus seharian. Atau punya kepentingan lain yang mengharuskan untuk tidak kemana-mana. Namun, sangat sering kita keluar dari rumah. Apa pun pekerjaan atau profesi yang kita sandang. Sebagai seorang anak-anak yang masih di bangku sekolah misal. Tentu akan keluar rumah untuk menuju ke kampus atau sekolahnya. Menjadi petani juga pergi ke sawah atau ladang. Menjadi pedagang maka pergi ke pasar untuk menjual dagangannya. Meski pun seseorang itu punya toko sendiri di rumah. Tetap saja ia punya kepentingan keluar. Singkat cerita, ternyata kita semua banyak keluar dari rumah dalam kehidupan sehari-hari.
    Agama Islam memiliki adab dalam hal bagaimana seseorang keluar rumah. Ini pula termasuk bentuk kita bersyukur atas nikmat-Nya. Seorang muslim hendaknya ia keluar dengan kaki kirinya terlebih dahulu. Kemudian membaca doa keluar rumah . Berikut ini doanya :
    بِسْمِ اللهِ، تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ،

    لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ

    Latinnya :
    BISMILLAHI TAWAKKALTU ‘ALALLAHI WALAA HAULA WA LAA QUWWATA ILLA BILLAH
    Artinya :
    "Dengan nama Allah (aku keluar). Aku bertawakkal kepada-Nya, dan tiada daya dan upaya kecuali karena pertolongan Allah".​

    Dari doa tersebut, apabila kita membacanya maka kita akan mendapatkan fadhilah atau keutamaan, diantaranya :
    1. Akan dicukupkan kebutuhannya.
    2. Akan dijaga dari keburukan dari setan.
    3. Memperoleh petunjuk dari Allah Swt.
    4. Termasuk dzikir yang akan diridai Allah Swt.
    Semua orang tentu berkeinginan untuk mendapatkan hal ini. Hanya saja mungkin tidak semuanya tahu ilmunya. Beruntung kita mendapatkan pengetahuan Agama Islam yang cukup. Alangkah baiknya lagi bila kita memberitahukan ilmu ini kepada teman-teman atau orang lain. Dimulai dari orang yang terdekat terlebih dahulu.
    Doa di atas berdasarkan hadits dari sahabat Anas bin Malik ra.:
    "Jika seseorang keluar dari rumahnya lalu membaca (zikir): Bismillahi tawakkaltu ‘alallahi, walaa haula wala quwwata illa billah (Dengan nama Allah, aku berserah diri kepada-Nya, dan tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan-Nya), maka malaikat akan berkata kepadanya: “(sungguh) kamu telah diberi petunjuk (oleh Allah Ta’ala), dicukupkan (dalam segala keperluanmu) dan dijaga (dari semua keburukan)”,
    sehingga setan-setanpun tidak bisa mendekatinya, dan setan yang lain berkata kepada temannya: Bagaimana (mungkin) kamu bisa (mencelakakan) seorang yang telah diberi petunjuk, dicukupkan dan dijaga (oleh Allah Ta’ala)?”. Hadis Riwayat Abu Dawud.

    Mudah sekali kita hafalkan doanya karena tidak panjang alias pendek. Setelah itu, kita biasakan selalu dalam kehidupan kita sehari-hari. Sukses buat semuanya. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.
     
Loading...

Share This Page