Doa Menjenguk Orang Sakit Lengkap Latin dan Artinya

Discussion in 'General Discussion' started by hanifah, Apr 12, 2019.

  1. hanifah

    hanifah New Member

    Joined:
    Dec 14, 2018
    Messages:
    26
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Semoga kita selalu dalam kebaikan dalam segala hal. Sangat penting untuk kita selalu belajar mencari ilmu agama Islam. Ilmu sangatlah penting untuk menuntun kehidupan kita agar sukses dan selamat. Baik itu di dunia ini maupun di akhirat kelak. Kalau kita cari apa tujuan hidup ini maka ketemu bahwasannya hidup ini untuk beribadah kepada Allah subhanahu wa ta'ala. Hidup bukan bertujuan agar manusia ini bisa makan dengan kenyang atau bersenang-senang saja. Meskipun menikmati rezeki berupa makanan dan keindahan alam di dunia tidaklah dilarang.

    Kalau bicara tentang ibadah maka umumnya orang langsung mengarah kepada shalat (baik wajib maupun sunah), puasa di bulan ramadhan, membayar zakat fitrah, dan berangkat haji ke Makkah. Namun, pada kenyataannya ibadah itu amatlah luas sekali. Tidak hanya beberapa hal di atas. Meskipun ibadah seperti shalat wajib lima waktu sangatlah penting kedudukannya serta harus dikerjakan oleh tiap muslim laki-laki maupun perempuan. Terkecuali mereka yang ada alasan syar'i. Misalnya wanita yang sedang haid atau datang bulan.

    ibadah memang amat luas cakupannya. Kalau ada kabar bahwa saudaranya sakit lalu kita mendatanginya. Ini juga termasuk bagian dari ibadah. Jamak kita ketahui di masyarakat bahwa bila mana ada seorang yang sakit maka para tetangga maupun saudara bergegas datang menjenguknya. Ini merupakan tradisi yang sangat bagus. Perlu untuk dilestarikan dalam kehidupan. Ada tolong menolong dalam berbuat kebaikan kepada sesama muslim yang lainnya.

    Hanya saja, kita juga sering menemui antusiasnya masyarakat muslim menjenguk seorang yang sakit itu belum semua mengamalkan adab-adabnya. Diantara adab yang sangat penting itu yakni membaca doa menjenguk orang sakit . Mengenai lafazh doanya bisa kita baca di bawah ini :
    لَا بَأْسَ طَهُوْرٌ إِنْ شَاءَ اللهُ
    Latinnya :
    LAABA’SA THAHUURUN INSYA ALLAH.
    Artinya :
    "Tidak mengapa, semoga sakitmu ini membuat dosamu bersih, insya Allah."
    Doa ini bersumber dari hadits riwayat Bukhari.

    atau membaca lafaz doa :
    أَسْأَلُ اللهَ الْعَظِيْمَ رَبَّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ
    أَنْ يَشْفِيَكَ
    Latinnya :
    AS-ALULLAHAL ADHIIIM, RABBAL ARSYIL ADHIIM AYYASY FIYAKA.
    Dibaca 7 kali.
    Artinya:
    "Aku mohon kepada Allah Yang Maha Agung, Tuhan yang menguasai arasy yang agung, agar menyembuhkan penyakitmu."
    Doa ini bersumber dari hadits riwayat At-Tirmidzi dan Abu Dawud.

    atau membaca doa lainnya :
    اَللّٰهُمَّ رَبَّ النَّاسِ مُذْهِبَ الْبَاْسِ اِشْفِ أَنْتَ الشَّافِى
    لَاشَافِيَ إِلَّا أَنْتَ ، شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقَمًا
    Latinnya :
    ALLAHUMMA RABBAN-NAASI MUDZHIBAL BA'SI ISYFI ANTASY-SYAAFII LAA SYAFIYA ILLAA ANTA SYIFAA’AN LAA YUGHAADIRU SAQAAMAN.
    Artinya:
    "Ya Allah Wahai Tuhan segala manusia, hilangkanlah penyakitnya, sembukanlah ia. (Hanya) Engkaulah yang dapat menyembuhkannya, tidak ada kesembuhan melainkan kesembuhan dariMu, kesembuhan yang tidak kambuh lagi."
    Doa ini bersumber dari hadits riwayat Bukhari dan Muslim.

    atau membaca doa lainnya yaitu :
    اَللّٰهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْ سَ اِشْفِ
    وَأَنْتَ الشَّافِيْ
    لَاشِفَآءَ إِلَّا شِفَآؤُكَ شِفَآءً لَا يُغَادِرُ سَقَمًا
    Latinnya :
    ALLAHUMMA RABBAN-NAASI ADZHIBIL BA'SA ISYFI WA ANTASY-SYAAFII LAA SYIFAA-A ILLAA SYIFAA-UKA SYIFAA-AN LAA YUGHAADIRU SAQAAMAN.
    Artinya :
    " Ya Allah, Tuhan seluruh manusia, hilangkanlah segala penyakit. Engkau adalah Dzat yang memberi kesembuhan. Tidak ada yang dapat menyembuhkan kecuali Engkau, dengan kesembuhan yang tanpa ada rasa sakit sama sekali."
    Doa ini bersumber dari hadits riwayat Bukhari dan Muslim.

    Kita bisa memilih salah satu doa di atas. Baik itu yang panjang maupun yang pendek. Atau bahkan semuanya dibaca juga tidaklah masalah. Orang yang sakit akan merasa gembira dan bahagia manakala melihat banyaknya saudara, tetangga, teman, atau yang lainnya. Kegembiraan dan kebahagiaan itu akan meningkatkan daya tahan tubuh si sakit. Sehingga akan mempercepat proses penyembuhannya. Apalagi, bila kita mendoakannya. Biasanya bila datang menjenguk secara rombongan maka cara berdoanya dipimpin oleh salah satu anggota rombongan. Semoga tulisan ini memberi manfaat bagi pembaca semuanya.
    Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.
     
  2. Wiji Astuti

    Wiji Astuti Guest

    Amiinn insyallah semua sehat2
     
    hanifah likes this.
Loading...

Share This Page