Doa Mohon Kemudahan Dan Kelancaran Urusan

Discussion in 'General Discussion' started by hanifah, Jul 18, 2019.

  1. hanifah

    hanifah New Member

    Joined:
    Dec 14, 2018
    Messages:
    24
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Bertemu kembali dengan kami. Semoga teman-teman semua selalu dalam keadaan sehat dan tidak kurang dari suatu apa pun. Inilah harapan kita semua. Sedikit kami menceritakan perjalanan kehidupan manusia di sini. Teman-teman tentu saja melihat aneka profesi dalam kehidupan sehari-hari. Kalau kita jawab berapa jumlah profesi atau pekerjaan itu maka lebih mudahnya tentu dijawab bermacam-macam gitu. Hehehe... Padahal, bila kita mau menghitungnya tentu akan sangat banyak sekali. Bisa menghabiskan waktu istirahat kita atau bahkan liburan akhir pekan kalau kita menghitungnya.

    Kita bisa melihat sekitar rumah kita saja. Ada beberapa orang yang memiliki profesi yag berlainan satu dengan yang lainnya. Ada yang menjadi seorang anak sekolahan atau pelajar. Ada yang jadi karyawan pabrik, petani di sawah, nelayan, pedagang keliling atau di pasar, pegawai negeri, pengusaha, peternak, guru, sopir, dan lain-lain. Memang di dalam kehidupan ini seseorang mesti berprofesi dalam sebuah pekerjaan. Bahkan ada pula satu orang yang memiliki profesi yang lebih dari satu. Terkadang meskipun menjadi seorang pedagang tetapi ia pun menggarap sawahnya. Misalnya saja seorang pedagang sayur mayur. Maka ketika ia pagi buta sudah menjual barang dagangannya dan kemudian telah habis maka ia segera pulang. Sesampainya di rumah, setelah beristirahat beberapa menit ia lantas pergi ke sawahnya. Hal ini bisa terjadi.

    Selain itu, ada juga seorang yang berternak sekaligus berbisnis atau menjadi pengusaha. Ia memiliki peternakan kambing yang besar. Ada ratusan ekor di kandang atau tempat ia bertenak. Sehari-hari memberi makan kambingnya sekaligus juga melakukan segala hal yang berkaitan dengan peternakannya. Misalnya saja menyiapkan air, pembelian pakan, dan juga kebersihan kandang. Setelah ia menyelesaikan pekerjaannya itu ia pun berbisnis jual beli kambing. Ia berkomunikasi dengan aneka pihak yang sering membutuhkan daging kambing. Contohnya restoran, tukang penjual sate, pedagang pasar, tempat jasa memasak untuk aqiqah, serta masyarakat yang membutuhkannya. Warga masyarakat juga tidak sedikit yang membeli kambing. Contohnya mereka yang ingin berkurban di hari raya idul adha setiap tahunnya.

    Tetapi, tidak sedikit orang yang memiliki profesi atau pekerjaan satu saja. Ia melakuka satu pekerjaan tanpa mau melakukan pekerjaan yang lainnya. Misalnya saja seorang karyawan perusahaan. Ia bekerja sesuai jadwalnya. Berangkat jam berapa kemudian pulangnya pun tepat sesuai jadwal yang ditetapkan perusahaannya. Contoh lainnya, seorang pekerja di sebuah bengkel sepeda motor dan mobil. Ia menggarap atau memperbaiki sepeda motor atau mobil yang mengalami kerusakan sesuai laporan konsumen. Hal itu dilakukannya sehari-hari pada jam bekerja. Namun, tidak sedikit pula mereka yang beralih tempat bekerja atau bahkan alih profesi. Dengan alasan bermacam-macam tentunya. Misalnya saja, ingin lebih dekat jarak tempatnya bekerja dari rumah tempat tinggalnya, ingin mendapatkan pengalaman yang baru, ingin memperoleh pendapatan yang lebih besar, dan ingin bekerja dengan posisi yang lebih enak.

    Dari segala macam profesi atau pekerjaan itu semuanya ingin yang namanya dimudahkan dalam berbagai urusannya. Yang menjadi petani ingin ia mudah dalam bertani di sawah. Yang menjadi pedagang ingin dimudahkan dalam memperdagangkan barangnya. Yang menjadi karyawan ingin dimudahkan dalam melaksankan pekerjaanya. Yang menjadi pelajar atau mahasiswa ingin dimudahkan dalam belajar serta mengerjakan tes atau ujian untuk mendapatkan nilai yang terbaik. Yang menjadi peternak ingin mudah dalam merawat hewan ternaknya. Sekali lagi intinya mereka semua ingin mudah dalam hidup dan urusannya. Supaya hal itu tercapai maka banyak cara yang bisa dilakukan. Setiap orang meningkatkan kemampuan dalam bidangnya masing-masing. Bisa melalui banyak membaca, bergaul, atau yang lainnya. Sering pula mengikuti kegiatan bersama yang diadakan perkumpulan atau paguyuban sesama profesi yang sama. Di dalam bekerja pun selalu berupaya menggunakan standar operasional dan prosedur yang baik. Di samping, berusaha dengan sesempurna mungkin. Hal yang tidak boleh ditinggalkan juga yakni membaca doa mohon kemudahan segala urusan. Kita sangat perlu bantuan dari Allah Subhanahu wa ta'ala dalam berbagai hal. Mengenai lafazhnya yaitu
    رَبِّ اشْرَحْ لِيْ صَدْرِيْ
    وَيَسِّرْ لِيْ أَمْرِيْ

    Latinnya:
    RABBISY RAHLII SHADRII WA YASSIRLII AMRII.
    Artinya:
    " Ya Allah, lapangkanlah dadaku dan mudahkanlah urusanku".​

    Sangat pendek doanya. Begitu gampang untuk dihafal. Tidak perlu waktu berjam-jam untuk menyelesaikan hafalan doa tersebut. Yang terpenting ialah pengamalan dari bacaan tersebut. Tatkala ada kesempatan untuk membacanya maka kita bisa lakukan. Terutama pada waktu-waktu yang dianjurkan untuk berdoa. Misalnya di saat setelah shalat malam di sepertiga malam akhir, dimana banyak orang sedang lelapnya tidur. Atau sesudah melaksanakan shalat wajib lima waktu baik subuh, dhuhur, asar, maghrib, atau pun isya. Setelah selesai dari shalat atau sudah membaca salam maka sebaiknya melakukan dzikir dan berdoa. Berdoa itu memberi pengaruh yang luar biasa dalam kehidupan yang kita jalani. Bagaimana pun, kita mesti meyakini bahwa Allah subhanahu wa ta'ala yang menguasai alam semesta ini. Sekaligus Dia lah yang Maha Mengetahui lagi Maha Kuasa. Sangat mudah bagi Allah untuk mempermudah segala urusan yang kita miliki. Bagi pandangan manusia memang sesuatu yang amat sulit dan bahkan menurut perkiraan tidak memungkinkan. Tetapi, semua hal itu di hadapan Allah hanyalah perkara yang amat kecil. Sangat mudah bagi Allah untuk melakukan segala sesuatu. Demikian semoga artikel ini menambah manfaat bagi teman-teman semuanya. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.
     
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,494
    Likes Received:
    112
    Trophy Points:
    63
    Do:a ini sering dibaca juga oleh para ustadz ketika jumat, dan ceramah lainya
    dengan berdo`a adalah mengharap kepada sang Pencipta supaya diberikan apa yang diminta
     
Loading...

Share This Page