Doa Mohon Petunjuk dan Taqwa Dilengkapi Latin dan Artinya

Discussion in 'General Discussion' started by hanifah, Apr 4, 2020.

  1. hanifah

    hanifah New Member

    Joined:
    Dec 14, 2018
    Messages:
    22
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Cahaya bulan purnama pada malam hari ini begitu terang sekali. Seolah di atas langit terdapat sebuah lampu raksasa yang menyinari seluruh negeri amat luas. Entah bagaimana bisa dibayangkan tentang besarnya lampu dan energi yang diperlukan untuk menyalakannya. Untuk lampu dengan seratus watt saja sudah besar ukurannya dan memerlukan pasokan energi listrik yang cukup. Tetapi ini hanya sebuah perumpamaan saja. Bahwa bulan yang terang itu bila diumpamakan sebagai sebuah lampu. Tetapi pada kenyataannya tidaklah begitu bukan? Bulan merupakan benda langit yang mengelilingi bumi sekaligus pula mengelilingi matahari. Benda langit ciptaan Allah subhanahu wa ta'ala ini amat indah. Terutama saat memancarkan cahayanya. Baik itu saat bulan purnama maupun ketika berbentuk bulan sabit.

    Di malam hari kita amat memerlukan cahaya. Gelapnya malam menjadikan kita tidak bisa melakukan apa pun bila mana tidak ada cahaya. Seperti malam yang disinari dengan cahaya bulan. Pada saat di dalam rumah pun perlu sekali yang namanya menyalakan lampu ruangan. Sehingga ruangan menjadi terang. Kita bisa melakukan aneka aktivitas ketika tidak dalam kondisi gelap gulita. Kita bisa membaca buku, ngobrol dengan orang lain secara nyaman, menyetrika pakaian, merapikan barang-barang di kamar, menyelesaikan tugas sekolah, mengistirahatkan badan, atau aneka aktivitas yang lainnya.

    Dalam kehidupan ini, kita memerlukan cahaya dalam arti yang lebih luas. Cahaya ibaratnya sebuah petunjuk yang menerangi perjalanan kehidupan kita di dunia ini. Seseorang yang berjalan tanpa adanya petunjuk maka bisa ditebak apa yang akan terjadi. Sangat mungkin ia akan mudah tersesat jalan. Seseorang akan mudah tersandung-sandung jalannya. Kesulitan dan kesusahan menjadi hal yang ia hadapi. Petunjuk dalam hidup ini memang amat luas. Yang memiliki petunjuk ialah Allah subhanahu wa ta'ala. Manusia yang hidup di alam fana ini menghadapi beragam masalah dan tantangan. Dari masalah usaha atau bisnis, pekerjaan, jodoh, rumah tangga, keuangan, dan lain sebagainya yang masih banyak lagi. Tidak mungkin bisa ditulis satu per satu di sini. Menghadapi hal ini kita diajarkan untuk membaca doa mohon petunjuk berulang kali. Khususnya pada waktu yang bagus untuk berdoa. Mengenai lafazhnya yakni
    اَللّٰهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ الْهُدَى
    وَالتُّقَى وَالْعَفَافَ وَالْغِنَى

    Latinnya :
    ALLAHUMMA INNII AS ALUKAL HUDA WAT TUQA WAL 'AFAAFA WAL GHINA.
    Artinya :
    Ya Allah, aku memohon kepada-Mu petunjuk, ketaqwaan, keterjagaan, dan kekayaan.

    Doa di atas bersumber dari hadits yang diriwayatkan oleh Muslim. Di dalam doa tersebut kita mohon agar dikarunia petunjuk dalam hidup ini. Kita pun juga mohon agar diberi taqwa, penjagaan, serta kekayaan. Semuanya sangat dibutuhkan di dalam hidup ini. Kita akan menjadi sukses dalam hidup ini dengan hadirnya petunjuk dari Allah subhanahu wa ta'ala. Dengan pertolongan dan kemurahan-Nya kita semua dapat sukses dan selamat mengarungi samudra kehidupan. Hingga akhirnya kita berbahagia dunia sampai akhirat kelak. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.
     
  2. cahyo prasetyo

    cahyo prasetyo Member

    Joined:
    Aug 4, 2018
    Messages:
    185
    Likes Received:
    21
    Trophy Points:
    18
    betul gan, makasih banget menambah wawasan ane hehehe, kebetulan disini lagi purnama
     
Loading...

Share This Page