Doa Sebelum Berhubungan Badan Suami Istri Sesuai Sunah

Discussion in 'General Discussion' started by hanifah, Feb 18, 2020.

  1. hanifah

    hanifah New Member

    Joined:
    Dec 14, 2018
    Messages:
    21
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Sore ini cuaca memang agak mendung. Hari sudah mulai gelap. Menandakan waktu siang sudah berakhir. Berganti ke malam hari. Ditandai dengan berkumandangnya adzan shalat maghrib. Di waktu adzan itulah semua aktivitas dan kegiatan hendaknya bisa dihentikan. Semua bergegas mencari ridha Allah subhanahu wa ta'ala. Yakni pergi ke masjid untuk melaksanakan shalat secara berjamaah. Di situlah sebuah kemenangan dan kebahagiaan bagi setiap muslim.

    Selain melaksanakan shalat maghrib dengan berjamaah. Ibadah memang sangatlah banyak macamnya. Kita bisa mengerjakan hal lainnya juga. Seorang yang menikah termasuk pula bagian dari ibadah yang tidak boleh dilupakan begitu saja. Tentu kurang bijak bila seorang muslim tidak ingin untuk menikah. Di samping memang dalam pernikahan itu hak dan kewajiban bagi sang suami dan istri, pernikahan juga merupakan bagian kenikmatan di dalam kehidupan ini. Mesti juga mendapatkan perhatian serius bagi setiap muslim. Sering kita mendengar lantunan Al-Quran Surat Ar-Rum ayat 21 yang artinya:
    Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah Dia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri, agar kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan Dia menjadikan di antaramu rasa kasih dan sayang. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir.

    Dalam ayat tersebut dijelaskan tentang pentingnya menikah. Di dalam pernikahan itu akan dihalalkan banyak hal yang dahulunya sebelum menikah dilarang. Salah satunya melakukan hubungan badan atau intim antara suami dan istri. Kita sebagai seorang muslim dituntunkan untuk membaca doa sebelum berhubungan suami istri sesuai sunah. Untuk lafazh doanya yakni
    بِسْمِ اللهِ اَللّٰهُمَّ جَنِّبْنَا الشَّيْطَانَ
    وَجَنِّبِ الشَّيْطَانَ مَا رَزَقْتَنَا
    Latinnya :
    BISMILLAHI ALLAHUMMA JANNIBNASY SYAITHAANA WA JANNIBISY SYAITHAANA MAA RAZAQTANAA.
    Artinya :
    Ya Allah. Jauhkan kami dari setan, dan jauhkan setan untuk mengganggu apa yang Engkau rezekikan kepada kami.​

    Sangat pendek doanya. Doa yang tak panjang ini amat mudah dihafalkan. Khusus anda yang hendak atau sudah menikah sangatlah penting untuk menyediakan sebagian waktu kita untuk menghafalkannya. Ini bagi yang belum. Bila mana telah hafal maka tinggal diamalkan saja atau dipraktekkan. Termasuk pula penting yakni memahami makna dari doa tersebut. Sehingga kita menjadi tambah khusyu tatkala membacanya. Melakukan hubungan suami istri merupakan bagian nikmat dari Allah subhanahu wa taala. Kita mesti mensyukuri akan segala nikmat yang telah diberikan. Membaca doa seperti ini merupakan hal yang menandakan kesyukuran. Maka sebelum berhubungan sebaiknya tahan dulu sebelum berdoa. Demikian semoga tulisan ini bermanfaat untuk teman-teman pembaca semuanya.Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.
     
Loading...

Share This Page