Doa Sujud Tilawah Lengkap Latin Artinya

Discussion in 'General Discussion' started by hanifah, Oct 4, 2019.

  1. hanifah

    hanifah New Member

    Joined:
    Dec 14, 2018
    Messages:
    26
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Malam hari setelah shalat maghrib kami terbiasa melakukan amal yang rutin. Suatu yang dikerjakan secara rutin tiap hari. Sering pula disebut sebagai rutinitas harian. Tak pernah ditinggalkan meski satu hari saja. Terkecuali memang ada halangan yang tidak memungkin mengerjakan amal tersebut. Misalnya sedang bepergian ke luar kota. Tentu saja posisi tidak di rumah ini tidak bisa kita melakukan amalan rutin sekeluarga. Amalan yang kami lakukan ialah membaca Al-Quran. Dikerjakan tiap setelah melaksanakan shalat maghrib.

    Membaca Al-Quran secara bersama-sama ini sangatlah menyenangkan. Bisa menjadi media untuk mempererat komunikasi antar anggota keluarga. Baik itu ayah, ibu, dan anak-anak. Ayah yang seharian keluar rumah untuk bekerja mencari nafkah tentu tidak bisa membersamai istri dan anak-anak. Urusan pekerjaan saja terkadang tidak bisa selesai dalam sehari itu. Begitu pula dengan sang istri. Tidak sedikit di zaman ini seorang wanita yang bekerja untuk membantu memenuhi kebutuhan hidup keluarga. Mereka ingin meringankan beban suami dalam rangka meningkatkan ekonomi rumah tangga. Ada yang bekerja paruh waktu bahkan tidak. Berbagai profesi yang dilakukan para wanita bisa kita temukan. Misalnya menjadi dosen, guru, pegawai kantor, buruh pabrik, dan juga profesi-profesi yang lainnya. Namun, ada pula para wanita yang lebih memilih pekerjaan yang bisa dikerjakan di rumah. Sehingga mereka tidak akan jauh dari anak-anak. Beberapa pekerjaan itu misalnya sebagai seorang penjahit pakaian, membuka warung di rumah, atau penjual dengan sistem online.

    Waktu setelah maghrib ini sangatlah tepat sekali. Komunikasi yang terbangun dengan baik akan berakibat positif bagi keharmonisan keluarga. Apalagi dengan bacaan Al-Quran di rumah. Akan semakin menambah hiasan yang amak elok bagi sebuah rumah. Keberkahan akan muncul secara tidak disangka-sangka. Membaca Al-Quran sangatlah banyak pahalanya. Tiap huruf yang dibaca akan diberi pahala sepuluh. Karena setiap satu pahala dilipatkan menjadi sepuluh kali lipat. Jumlah surat di dalam Al-Quran seratus empat belas. Sedangkan untuk jumlah ayatnya ada enam ribu lebih. Dari sekian ayat tersebut ada beberapa ayat yang disebut ayat sajadah atau sajdah. Satu hal yang penting untuk diketahui oleh teman-teman pembaca semuanya. Bila kita membaca ayat tersebut maka kita disunahkan untuk membaca doa sujud tilawah dengan khusyuk. Di samping itu, posisi badan kita pun juga mesti bersujud sebagaimana saat kita sholat wajib. Lafazh doanya adalah
    سَجَدَ وَجْهِيَ لِلَّذِيْ خَلَقَهُ وَشَقَّ
    سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ بِحَوْلِهِ وَقُوَّتِهِ، فَتَبَارَكَ اللهُ
    أَحْسَنُ الْخَالِقِيْنَ
    Latinnya :
    SAJADA WAJHIYA LILLADZII KHALAQAHU WA SYAQQA SAM'AHU WA BASHARAHU BI HAULIHI WA QUWWATIH. FA TABAARAKALLAAHU AHSANUL KHAALIQIIN.
    Artinya :
    Bersujud wajahku kepada Tuhan yang menciptakannya, yang membelah pendengaran dan penglihatannya dengan Daya dan Kekuatan-Nya, Maha suci Allah sebaik-baik Pencipta.​

    Bacaan doa tersebut dari hadits riwayat At-Tirmidzi. Untuk ayat-ayat yang termasuk ayat sajdah ada sekitar lima belas, yakni :
    1. Surat Al-'Araf ayat 206.
    2. Surat Ar-Ra'd Ayat 15.
    3. Surat An-Nahl Ayat 50.
    4. Surat Al-Isra' Ayat 109.
    5. Surat An-Naml Ayat 26.
    6. Surat Al-Hajj Ayat 18.
    7. Surat Al-Hajj Ayat 77.
    8. Surat Al-Furqan Ayat 60.
    9. Surat Maryam Ayat 58.
    10. Surat As-Sajdah ayat 15.
    11. Surat Shad Ayat 24.
    12. Surat Al-'Alaq Ayat 19.
    13. Surat An-Najm Ayat 62.
    14. Surat Al-Insyiqaq Ayat 21.
    15. Surat Fussilat Ayat 38.

    Tetapi teman-teman tidak perlu menghafalkannya. Ini bila merasa kesulitan untuk menghafal ayat-ayat di atas. Karena pada umumnya di setiap Mushaf Al-Quran di zaman sekarang biasanya ada tanda khusus pada ayat-ayat sajdah itu. Ini bentuk kemudahan perlu kita syukuri. Tinggal kita mengamalkannya saja sujud tilawah tersebut. Di dalam shalat berjamaah pun, bila sang imam membaca setelah Surat Al-Fatihah itu ada ayat sajdah maka boleh untuk melakukan sujud tilawah. Ketika imam melakukan hal itu maka seluruh makmum pun wajib mengikuti sang imam. Hanya saja, bila para jamaah masih belum tahu mengenai ilmu ini maka sebelumnya perlu diberi pemahaman terlebih dahulu. Supaya tidak terjadi hal-hal yang membingungkan nantinya. Sampai di sini semoga bermanfaat tulisan ini untuk para pembaca sekalian. Ada kesalahannya kami mohon maaf. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.
     

Share This Page