Efek Negatif Sering Begadang

Discussion in 'Health & Medical' started by rivalrv, Apr 25, 2015.

?

Begadang

  1. Kopi

    8 vote(s)
    72.7%
  2. Susu

    3 vote(s)
    27.3%
  3. Bandrek

    0 vote(s)
    0.0%
Multiple votes are allowed.
  1. rivalrv

    rivalrv New Member

    Joined:
    Apr 25, 2015
    Messages:
    6
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    [​IMG] Sekarang begadang sudah menjadi kebiasaan orang masa kini. Banyak alasan kenapa seseorang begadang, seperti main game, kerja lembur, nonton tv, dan lain sebagainya.

    Perlu anda tahu, jika kebiasaan begadang sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh. Setelah menghabiskan waktu seharian untuk beraktivitas, tentunya tubuh anda butuh waktu yang cukup untuk istirahat. Idealnya harus memiliki waktu 8 jam untuk tidur seriap harinya.

    Melemahkan Saraf

    Kurang tidur dan tidur di jam jam yang tidak wajar akan mempengaruhi sistem saraf pusat. Akibatnya, sistem saraf akan semakin lemah, begitu juga refleks anda. Tidak hanya itu, penelitian juga mengungkap bahwa jika begadang dijadikan pola hidup rutin, lama kelamaan efeknya akan menumpuk dan bisa mengurangi harapan hidup anda.

    Hipertensi

    Orang yang sering begadang biasanya memiliki tingkat stres yang tinggi. Hal ini dikarenakan fisik dan pikiran mereka tidak mendapatkan cukup waktu untuk beristirahat. Akibatnya, stres yang berkepanjangan cenderung memicu Hipertensi yang kronis.

    Sakit Kepala

    Sedikit demi sedikit bagian sel otak akan mengalami masalah karena tidak cukup istirahat. Selain itu, sebuah penelitian juga mengungkapkan bahwa kurang tidur memiliki efek seperti terkena benturan pada kepala.

    Stroke

    Kebanyakan orang tetap bangun pagi meski sebelumnya tidur larut malam. Hal ini membuat mereka hanya memiliki sedikit waktu beristirahat. Kurang istirahat bisa memberikan tekanan pada jantung dan berujung pada stroke atau serangan jantung.

    Penyakit Jantung

    Kebiasaan tidur terlalu malam akan membuat orang lebih rentan terkena penyakit jantung. Saat ini penyakit jantung sering terjadi karena kurang tidur.

    Diabetes

    Begadang juga merusak keseimbangan hormon tubuh Anda. Hal ini dapat membuat Anda tidak toleran terhadap glukosa karena jumlah insulin dalam tubuh Anda menurun. Alhasil, Anda akan beresiko terkena diabetes.

    Susah Tidur Lebih Awal

    Ketika seseorang sudah terbiasa begadang, otomatis jam tidur mereka lama kelamaan akan menyesuaikan. Dengan begitu, mereka akan lebih sulit tidur lebih awal. Jadi, butuh proses yang tidak sebentar untuk mengembalika jam tidur seperti semula.

    Obesitas

    Tidur kurang dari enam jam semalam akan mengganggu metabolisme tubuh. Akibatnya, tubuh akan lebih cepat menyimpan lemak dan membuat orang cepat gemuk. Selain itu, orang yang seringkali begadang biasanya suka mengonsumsi makanan yang memiliki banyak lemak, sehingga membuat lebih cepat bertambahnya berat badan.

    Melemahkan Sistem Kekebalan Tubuh

    Sering begadang tidak hanya merusak sel orak melainkan menghancurkan sel darah putih yang memperkuat sistem kekebalan tubuh. Itulah mengapa sering tidur larut malam akan melemahkan imunitas tubuh dan membuat orang lebih mudah terserang penyakit.

    Sumber : Sehatnya Hidup
     
  2. Ardilas

    Ardilas Super Level

    Joined:
    Feb 18, 2013
    Messages:
    4,245
    Likes Received:
    317
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    Untung saya tidak suka begadang, tapi emang tidurnya di siang dan sore hari.
     
  3. rivalrv

    rivalrv New Member

    Joined:
    Apr 25, 2015
    Messages:
    6
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    pertahankan itu *bagus*, tapi biasanya sih kalo tidur siang malemnya susah tidurr *pusing*
     
  4. Ardilas

    Ardilas Super Level

    Joined:
    Feb 18, 2013
    Messages:
    4,245
    Likes Received:
    317
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    Hahaha. Itu...
    *keren3*
    Beberapa orang memanfaatkan tidur siang atau sore agar bisa beraktifitas di malam hari, ada yg beralasan kalau malam sepi.. jadi bisa lebih fokus dan berkonsentrasi.
     
  5. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,132
    Likes Received:
    2,694
    Trophy Points:
    413
    Begadang boleh saja, asal ada perlunya...
    Kalo perlunya sering, ya sering begadang :D
     
  6. Faidah Wa

    Faidah Wa Member

    Joined:
    Apr 14, 2015
    Messages:
    59
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
  7. bespe

    bespe Member

    Joined:
    Oct 30, 2014
    Messages:
    950
    Likes Received:
    50
    Trophy Points:
    28
  8. Putra Ragil

    Putra Ragil Member

    Joined:
    Feb 24, 2015
    Messages:
    137
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    Jangan bergadang kalau tiada artinya..*music*
     
  9. pram

    pram Well-Known Member

    Joined:
    Sep 23, 2013
    Messages:
    3,099
    Likes Received:
    161
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Saya dulu hobi begadang tapi sekarang sudah ganti hobby, kalau begadang pasti telat sekolah soalnya :v
     
  10. Yeni Awali

    Yeni Awali New Member

    Joined:
    Apr 26, 2015
    Messages:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    hadoh gak mau begadang lagi lah, mending tidur cepet deh biar panjang umur
     
  11. creative

    creative Well-Known Member

    Joined:
    Oct 24, 2014
    Messages:
    1,728
    Likes Received:
    160
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Kayak Lagu Om Roma Irama :D
     
  12. Damar

    Damar Well-Known Member

    Joined:
    Jun 22, 2014
    Messages:
    1,467
    Likes Received:
    212
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Kalau yang perkerjaannya dimalam hari bagaimana mas? :D lalu siang tidur seharian :D
     
  13. renderware

    renderware Active Member

    Joined:
    Dec 22, 2014
    Messages:
    1,154
    Likes Received:
    77
    Trophy Points:
    48
    kalok libur mah wajib itu begadang *senang*
     
  14. Aji Oke

    Aji Oke Member

    Joined:
    Apr 15, 2015
    Messages:
    71
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    yang penting istirahat yang cukup
     
  15. Anita Hara

    Anita Hara New Member

    Joined:
    Apr 5, 2015
    Messages:
    8
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Saya sudah merasakan beberapa hal tersebut, duh harus dikurang-kurangin nih,sebelum tambah parah :mad:
     
  16. antoni aong

    antoni aong New Member

    Joined:
    Jan 21, 2015
    Messages:
    10
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
  17. spg event

    spg event Member

    Joined:
    Dec 31, 2014
    Messages:
    482
    Likes Received:
    50
    Trophy Points:
    28
    Google+:
  18. spg event

    spg event Member

    Joined:
    Dec 31, 2014
    Messages:
    482
    Likes Received:
    50
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    bukan hanya cukup,
    tidur malam dan siang berbeda.
    yang sering begadang juga biasa siang pasti sering merasakan kurang nyaman saat terbangun,saya pernah membaca namun lupa sumber nya,tulisan tentang ulasan tidur siang dengan anjuran hanya 30 menit saja.Jika berlebihan akan banyak menyebabkan efek buruk pada metabolisme tubuh,dan yang terparah adalah resiko gagal jantung.
    Sekalipun di biasakan namun tetap proses mekanisme tubuh tidak akan menyesuaikan secara sempurna
     
  19. Ulin

    Ulin Member

    Joined:
    May 4, 2014
    Messages:
    387
    Likes Received:
    20
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Kalau kerjanya malam terus mau apa lagi gan, siangnya yg buat tiduran
     
  20. creative

    creative Well-Known Member

    Joined:
    Oct 24, 2014
    Messages:
    1,728
    Likes Received:
    160
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Itu foto yang ngopi mirip ane ... :D
     
Loading...

Share This Page