Efek negatif tidur setelah makan

Discussion in 'General Lifestyle' started by Fahrani Bliqista, Apr 11, 2015.

  1. Fahrani Bliqista

    Fahrani Bliqista Member

    Joined:
    Mar 16, 2015
    Messages:
    36
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]

    Pernah dengar nasihat orang tua yang berkata jangan langsung tidur setelah makan ? Mungkin ini terdengar seperti mitos belaka, namun ternyata itu adalah sebuah fakta karena dalam dunia sains pun membenarkan hal tersebut. Terasa nikmat sekali memang apabila setelah makan, perut kenyang dan kantuk pun datang, tak sedikit orang yang melakukan tidur setelah makan, banyak dari mereka melakukan hal tersebut, karena memang menjadi suatu aktivitas yang sangat nikmat, apabila setelah makan langsung beristirahat. Namun tahukah anda efek negatif yang akan anda dapatkan dari tidur setelah makan ? Ternyata dapak memberikan efek negatif yang buruk bagi kesehatan tubuh kita, berikut dibawah ini beberapa efek negatif tidur setelah makan :

    Berat badan naik

    Tidur setelah makan dapat berdampak negatif yang salah satunya adalah dapat menyebabkan berat badan naik, yap bagi anda yang tidak ingin gemuk, usahakan hindari langsung tidur setelah makan, dan bagi anda yang kurus dan ingin naik berat badan, anda pun harus menghindari hal ini, karena jangan dikira karena berat badan akan menjadi naik, maka harus tidur setelah makan, hal sedemikian menjadi salah kaprah, karena bahkan selain dapat menjadikan anda gemuk, anda akan mendapatkan efek lainnya yang dapat mengganggu kesehatan tubuh seperti stroke. Apalagi makan larut malam sebelum tidur dapat menyebabkan lemak menjadi lebih banyak dan menumpuk serta akan dapat menimbun lemak saat tertidur sehingga terjadilah kenaikan berat badan, karena sewaktu tidur otomatis tidak akan melakukan akitivitas-aktivitas yang dapat membakar lemak atau tidak terjadinya proses pembakaran karena tubuh menghemat energi, sehingga lemak akan mudah tertimbun di dalam perut yang dapat menyebabkan perut buncit. So, bagi anda yang suka makan tengah malam, ganti makanan malam anda dengan salad dan buah-buahan, dan usahakan tidur 2 jam setelah makan.

    Penyakit stroke

    Orang-orang yang langsung tidur setelah makan selain dapat menyebabkan kegemukan atau perut buncit, juga beresiko terkena penyakit stroke, menurut sebuah penilitian yang dilakukan bahwa orang yang menunggu waktu paling lama antara jeda tidur setelah makan, mendapati resiko terendah mengalami stroke. Stroke bisa terjadi karena oleh kerasnya kerja sistem pencernaan kita yang berdampak pada meningkatnya tekanan darah dan kolesterol yang dapat memicu terjadinya stroke itu sendiri.


    Naiknya asam lambung


    Gravitasi yang berubah saat anda sedang tidur dapat menyebabkan proses terbaliknya dari lambung ke kerongkongan, karena makanan yang kita makan sebelum tidur itu belum tercerna dengan baik atau sepenuhnya, sehingga asam lambung menjadi naik dan melukai kerongkongan, dan akan menyebabkan luka yang terasa panas serta membuat mulut terasa pahit.


    Dada akan terasa panas


    Langsung tidur setelah makan tentunya akan berdampak buruk pada meningkatnya kadar asam lambung dan memicu sakit maag, sehingga terkadang akan menimbulkan dan menyebabkan rasa panas yang menyebar naik pada dada, perut dan kadang sampai tenggorokan.

    Gangguan pencernaan

    Jika anda segera tidur setelah makan, maka akan menghambat dan terjadinya suatu gangguan pencernaan, sehingga muncullah semeblit, sakit perut atau mencret, namun tergantung pada jenis makanan yang dimakan, seperti terlalu banyak makan yang pedas dan berkolesterol dapat menyebabkan hal-hal negatif yang sedemikian.
     
  2. Ardilas

    Ardilas Super Level

    Joined:
    Feb 18, 2013
    Messages:
    4,245
    Likes Received:
    317
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    Jangan salah, dalam waktu tidur.. tubuh kita masih melakukan pembakaran. Yang penting jumlah kalori yang masuk ke tubuh jangan terlalu banyak dengan kalori yang di bakar. So jangan takut makan malam.

    *sumber : OCD
     
  3. renderware

    renderware Active Member

    Joined:
    Dec 22, 2014
    Messages:
    1,154
    Likes Received:
    77
    Trophy Points:
    48
    padahal abis makan enaknya tidur *ketawa4*
     
  4. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,148
    Likes Received:
    2,701
    Trophy Points:
    413
    Kenapa setelah makan terus kenyang dan akhirnya mengantuk?
    Dan Bangun tidur terkadang lapar?
     
  5. Najla

    Najla Member

    Joined:
    Aug 1, 2014
    Messages:
    429
    Likes Received:
    21
    Trophy Points:
    18
    wkwkwk...emang habis makan mata langsung 5 watt
     
  6. Damar

    Damar Well-Known Member

    Joined:
    Jun 22, 2014
    Messages:
    1,467
    Likes Received:
    212
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Setuju dengan mas @Ardilas :)
    Ada otot lurik dan ada otot polos. Otot lurik berasal dari sinyal motorik yang berasal dari otak (Otot sadar) sedangkan otot polos bekerja dengan pengaturan dari sistem syaraf tak sadar (syaraf otonom). Otot polos akan terus bekerja walaupun anggota tubuh sedang istirahat (tidur) seperti pada sistem pencernaan dan pernafasan. *keren3*
    Iya Kang, makan malam > Tidur > Paginya lapar lagi :D
     
  7. lembing

    lembing Active Member

    Joined:
    Aug 21, 2014
    Messages:
    1,175
    Likes Received:
    92
    Trophy Points:
    48
    abis makan biasanya ngantuk, jadi biar gak ketiduran baiknya ngapain yah habis makan?
     
  8. fais

    fais Member

    Joined:
    Apr 9, 2015
    Messages:
    189
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
    kebiasaan saya itu mbak,tapi tx lah sudah dapat info..
     
  9. mila

    mila New Member

    Joined:
    Jan 13, 2015
    Messages:
    28
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    kebanyakan menu karbohidrat.

    aku pernah baca (entah di mana, lupa), kalau makan makanan yg banyak karbo & manis2, bisa bikin ngantuk.
    * bener nggak-nya, tanya ahli gizi ea...*bingung*
     
  10. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,148
    Likes Received:
    2,701
    Trophy Points:
    413
    Wah.. kena penyakit turunan, tuh. Sama dengan saya :D
     
  11. eiven

    eiven Member

    Joined:
    Feb 5, 2015
    Messages:
    225
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    Dari berbagai sumber juga ada sih yang menjelaskan bahaya habis makan langsung tidur, sebaiknya dihindari saja deh.
     
  12. babolonly

    babolonly Member

    Joined:
    Feb 9, 2013
    Messages:
    544
    Likes Received:
    34
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    perut gw jadi agak buncit...pasti juga gara2 habis makan langsung tidur. hihi..
     
  13. ayahnyanadia

    ayahnyanadia Well-Known Member

    Joined:
    Apr 4, 2013
    Messages:
    1,356
    Likes Received:
    151
    Trophy Points:
    63
    Google+:
  14. hoshi

    hoshi Member

    Joined:
    Apr 13, 2015
    Messages:
    315
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    naaah betul... untuk itu lebih baik tidur 2 jam setelah makan *bergaya*
     
  15. Fahrani Bliqista

    Fahrani Bliqista Member

    Joined:
    Mar 16, 2015
    Messages:
    36
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    *bagus*
     
  16. Faidah Wa

    Faidah Wa Member

    Joined:
    Apr 14, 2015
    Messages:
    59
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
  17. Humaira Fakhir

    Humaira Fakhir Member

    Joined:
    Nov 10, 2014
    Messages:
    35
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Emang bener kalo udah makan tubuh bawaanya pengen tidur *calmdown*
     
  18. Raja_disko

    Raja_disko Member

    Joined:
    Jan 19, 2015
    Messages:
    68
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    ada artikel buat tips agar tidak langsung tidur setelah makan gak sist? b iar aa take and give nya ,kalo ada solusi penangkal nya kan lebih mantap tuh hehe
     
  19. bespe

    bespe Member

    Joined:
    Oct 30, 2014
    Messages:
    950
    Likes Received:
    50
    Trophy Points:
    28
    Bahaya ternyata abis makan tidur, ane banget tuh pantesan buncit perut ane
     
  20. mamdi

    mamdi Member

    Joined:
    May 1, 2015
    Messages:
    128
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    18
    ane sering tidur abis makan karena biasanya abis makan bawannya ngantuk pantesan hehehe
     
Loading...

Share This Page