Elemen Dasar Dalam Pembuatan Makalah

Discussion in 'Education' started by rosyid, Apr 14, 2016.

Tags:
  1. rosyid

    rosyid New Member

    Joined:
    Mar 9, 2016
    Messages:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Makalah biasanya berupa tugas-tugas yang didapatkan dari guru maupun dosen, yang pastinya tidak asing lagi bagi pelajar SMA ataupun mahasiswa. Makalah merupakan salah satu karya tulis ilmiah yang berisi pembahasan hasil penelitian, yang nantinya pembahasan tersebut dipresentasikan secara berkelompok ataupun sendiri, ada juga hanya sebagai syarat ujian atau tugas saja. Namun dalam praktiknya penulisan makalah kurang diperhatikan, sehingga tidak sedikit karya ilmiah tersebu dibuat asal-asalan. Maka dari itu, dalam pembuatan makalah perlu dibimbing secara benar agar penulisan makalah sesuai dengan standar yang diharapkan.


    Belajar membuat makalah harus diberikan sejak sekolah menengah, agar siswa/i tidak kaget dalam membuat tugas makalah apalagi kalau nanti sudah masuk perguruan tinggi. Kesalahan dalam membuat makalah biasanya sering terjadi pada saat menentukan kertas, membuat halaman cover, susunan sistematika penulisan, jenis huruf, ataupun ukuran huruf yang dipakai.


    Dalam pembuatan makalah sudah ada aturannya sehingga makalah yang dibuat tidak asal-asalan. Kadang tiap guru ataupun dosen menyuruh membuat makalah sesuai aturannya sehingga pelajar ataupun mahasiswa tidak asal-asalan membuat makalah sehingga menghasilkan makalah yang baik dan benar. Pada umumnya makalah sendiri tersusun dari beberapa elemen sehingga menghasilkan makalah yang lebih tersusun. Dibawah ini ada beberapa elemen dasar dalam pembuatan makalah, diantaranya:


    1. Cover

    2. Judul

    3. Kata Pengantar

    4. Daftar Isi

    5. Bab I : Pendahuluan

    6. Bab II : Isi

    7. Bab III : Penutup

    8. Daftar Pustaka


    Apa Saja Sih Elemen Dasar Dalam Pembuatan Makalah?


    Cover Makalah


    Tidak sedikit kesalahan dalam pembuatan cover makalah sehingga cover terlihat asal-asalan. Cover makalah berbeda memiliki keterangan dari isi yang ad didalam makalah tersebut. Biasanya cover terdiri dari judul, nama penyusun, nomor induk siswa atau mahasiswa, logo kampus atau sekolah, tahun akademik, dan nama jurusan serta kampusnya.


    Judul Makalah


    Hal yang menarik perhatian penelaah makalah yang pertama dilihat adalah judul makalah, maka dari itu pembuatan judul makalah harus lebih menarik dan mudah dipahami. Biasanya judul disertakan di cover makalah.


    Kata Pengantar


    Kata pengantar biasanya berisi ucapan terima kasih kepada Tuhan YME, guru, maupun kampus. Dalam pembuatan kata pengantar juga perlu dibuat dengan teratur, rapi, dan juga dapat dipahami.


    Daftar Isi


    Daftar isi merupakan pennjabarkan pembahasan dari tiap halaman atau bab makalah. Daftar isi memiliki peranan sangat penting dalam pembuatan makalah, dengan daftar isi makalah akan terlihat lebih rapih.


    Isi Makalah


    Isi makalah diantaranya terdiri dari Bab I, Bab II, dan Bab III. Pada Bab 1 atau pendahuluan merupakan bagian yang sangat penting sekali maka dari itu harus diperhatikan sususan kalimat dan isinya. Bab 1 tersusun dari latar belakang, rumusan masalah, dan tujuan penelitian. Untuk Bab II biasanya berisi teori-teori dan juga berisi penyelesaian permasalahan yang disertai solusi. Bab III berisi paragrap penutup biasanya berisi kesimpulan dan saran.


    Daftar Pustaka


    Daftar pustaka merupakan lembaran yang berisi referensi atau sumber teori-teori yang di pakai dalam pembuatan makalah. Penulisan daftar pustaka pun harus diperhatikan, agar kelihatan rapi dan tidak asal-asalan.


    Kebanyakan para pelajar ataupun mahasiswa mengambil sumber-sumber di internet untuk mengerjakan makalah, mungkin hal ini sah-sah saja namun sebaiknya disertai dengan sumber-sumber dari buku sehingga makalah lebih terlihat berkwalitas. Makalah merupakan karya tulis ilmiah terkecil, sehingga sebelum belajar membuat skripsi ataupun thesis harus terlebih dahulu mahir dalam membuat makalah, agar ketika menyusun skripsi tidak banyak mengalami kendala ataupun kesalahan.
     
  2. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    8,593
    Likes Received:
    2,096
    Trophy Points:
    113
    Demikian juga jika buat thread di sini. Harus RAPI !
     
  3. claudya

    claudya New Member

    Joined:
    Jun 6, 2016
    Messages:
    5
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    mantap nih informasinya gan pas cocok nih buat aku yang sebentar lagi mau skripsi ..makasih banyak gan
     
  4. dewinurgini

    dewinurgini Member

    Joined:
    Sep 27, 2015
    Messages:
    62
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    hehehe setuju sama KangAndre..
     
  5. HamDi D' BaLkon

    HamDi D' BaLkon New Member

    Joined:
    Jul 15, 2015
    Messages:
    21
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    3
    gan,, buka jasa pembuatan skripsi nggak ?
    PM dong gan :)
     
  6. ayahnyanadia

    ayahnyanadia Well-Known Member

    Joined:
    Apr 4, 2013
    Messages:
    1,316
    Likes Received:
    142
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Tulisan tentang makalah ini cukup lengkap, mohon dirapihkan dikit deh..
     
  7. Explore Wisata

    Explore Wisata Member

    Joined:
    Jan 30, 2017
    Messages:
    405
    Likes Received:
    15
    Trophy Points:
    18
    bab 4 dan bab 5 nya gak ada gan?
     
  8. Hasrullah

    Hasrullah Member

    Joined:
    Feb 26, 2016
    Messages:
    36
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Buat sendiri saja mas, lebih greget ;)

    Dua bab itu memang yang paling super dalam ngerjain skripsi mas o_O
     
  9. dpunik

    dpunik New Member

    Joined:
    Jul 23, 2015
    Messages:
    19
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    bikin sendiri aja biar lebih greget hehe
     
  10. ayunadi rentcar

    ayunadi rentcar New Member

    Joined:
    Mar 11, 2017
    Messages:
    1
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    ilmu yang menarik deh buat calon sarjana
     
  11. Misjaya

    Misjaya New Member

    Joined:
    Aug 17, 2016
    Messages:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Sangat lengkap dan jelas artikelnya mas, makasih.
     
  12. Anderila Farmisara

    Anderila Farmisara Member

    Joined:
    Aug 13, 2015
    Messages:
    166
    Likes Received:
    16
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    saia kalau bikin makalah atau skripsi paling males.. less.. lesss..

    Kalau suruh jelasin gpp gampang hehehee :D
     
  13. buahnaga

    buahnaga New Member

    Joined:
    Feb 12, 2017
    Messages:
    2
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    bikin makalah emang ribet, gampang2 susah gitu *berkeringat*
     
Loading...
Similar Threads - Elemen Dasar Dalam
  1. imamfahmi
    Replies:
    3
    Views:
    5,539

Share This Page