Fakta Kinyang, batu akik yang berharga di sekitar kawasan penambangan timah Belitung

Discussion in 'Tourism' started by Julian Aditya, Feb 17, 2015.

  1. Julian Aditya

    Julian Aditya New Member

    Joined:
    Jan 26, 2015
    Messages:
    13
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Batu Kinyang, adalah sejenis batu akik yang terbentuk dari pembekuan pasir kwarsa dengan mineral-mineral yang lainnya. Di tempat penjualan / gems center daerah Jakarta, kemaren saya temuin batu ini (yang sudah berbentuk cincin) dijual dengan harga di atas 1 juta rupiah, bahkan ada yang tembus hingga belasan atau puluhan juta. Agak tergelitik juga dengan batu "Kinyang" ini. Soalnya, sangat banyak di Belitung, dan sekarang jadi salah satu item penunjang pariwisata.

    [​IMG] kinyang adalaah "Quartz" dalam bahasa Inggris

    Batu Kinyang, adalah salah satu dari Gems Stone yang kerap kali muncul di kawasan penambangan timah, begitu orang mencari mineral yang satu ini. Bongkahan-bongkahan batu kinyang seringkali dibuang atau ikut hancur bersama mesin-mesin Tambang Inkonvensional, tidak ada yang perduli. Sekarang, status kinyang sendiri sudah naik kelas, dan berbeda. Malah, banyak orang yang datang ke Kulong / area penambangan timah - tidak lagi mencari timah, tetapi mencari kinyang! Saya juga begitu. Hehehehe

    [​IMG] bahan mentah seperti ini, bisa ditemui di Belitung

    Batu Kinyang ini juga banyak ragamnya, apabila kita menemukan dalam bentuk serpihan kecil atau bahkan bongkahan besar yang mengkristal. Orang Belitung menyebut "Batu Kinyang Air" untuk batu kinyang yang tampak seperti mutiara transparan. Sedangkan selain Kinyang Air, ada juga "Kinyang-Kinyang" lainnya yang biasanya berharga lebih tinggi. Sebutlah "Kinyang Teh" untuk batu kinyang yang warnanya transparan, tetapi ada campuran dari warna air teh, "Kinyang Kopi", "Kinyang Bensin", dsb. Di Belitung, Kinyang diberi nama sesuai dengan tampang yang ia miliki. Sedangkan apa yang membuat kinyang semakin mahal? di bahan mineral mentah batu kinyang, biasanya terdapat "barang ikutan" sehingga menambah pola dan keunikan dari batu akik yang transparan ini. Barang ikutan yang saya katakan, biasanya ada berupa daun-daun tanamanan, lumut, serat-serat, dll. Batu kinyang adalah batu yang unik. Di Jakarta memang akan menjadi mahal, tetapi kalau di Belitung... selama masih ingin hunting. Kita cukup cari batu, dan memberikannya ke tukang asah dengan biaya asahan seharga 25.000! Hehehe...
     
  2. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,129
    Likes Received:
    2,693
    Trophy Points:
    413
    Oh,, batu kinyang air banyak di Belitung. Teman di surabaya punya cincin seperti kaca bening. Katanya kinyang air, cuma saya nggak paham dan kurang suka batuan, jadi ngomong ketipu kamu, itu kaca...

    mirip ini
    [​IMG]
     
  3. bermusikdotcom

    bermusikdotcom Member

    Joined:
    May 16, 2014
    Messages:
    99
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    8
    oh, thanks infonya. lagi musim batu-batuan ya di Indonesia, seperti kembali ke zaman batu hahaha
     
  4. Julian Aditya

    Julian Aditya New Member

    Joined:
    Jan 26, 2015
    Messages:
    13
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Makanya Kang, kalau kita di Belitung selalu pergi ke tempat pengrajin lokal. Kita pilih mentahan batuannya, kemudian batuan itu diasah di depan mata kita sendiri. *bagus*
     
  5. Julian Aditya

    Julian Aditya New Member

    Joined:
    Jan 26, 2015
    Messages:
    13
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Bener, saya juga kadang-kadang dimarahin istri gara-gara sering ngurusin batu. Wkwkwk
    *drama*
     
  6. Expedisi Murah

    Expedisi Murah Member

    Joined:
    Feb 2, 2015
    Messages:
    388
    Likes Received:
    32
    Trophy Points:
    28
    Aduch ane salah satu penyuka batu, abis unik n ada kepuasan tersendiri. Hobby aneh emang kalo dipikir2. Abis udah turun temurun
     
  7. Julian Aditya

    Julian Aditya New Member

    Joined:
    Jan 26, 2015
    Messages:
    13
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    [​IMG]
    Mantep tuh Mas, berarti udah lama banget ya suka batunya?
    *dancing*
     
  8. Expedisi Murah

    Expedisi Murah Member

    Joined:
    Feb 2, 2015
    Messages:
    388
    Likes Received:
    32
    Trophy Points:
    28
    dari kecil gan. SD klass 3 udah pake batu , klo gak salah batu pertam ane topas warna ijo. sampe sekarang msh ada, cuman dipake ama nyokap krn kecil. kalo sekarang make nye gede2 kayak jengkol disemurin. wkwkwwkwkwk
     
  9. ferdianet

    ferdianet Member

    Joined:
    Sep 16, 2015
    Messages:
    321
    Likes Received:
    63
    Trophy Points:
    28
    Josssss lahh musim batu akin cincin :D
     
  10. Batu akik emang laris manis..
     
Loading...

Share This Page