Fakta tentang limbah plastik

Discussion in 'General Discussion' started by faylaafcharina, May 11, 2016.

  1. faylaafcharina

    faylaafcharina Member

    Joined:
    Mar 17, 2015
    Messages:
    173
    Likes Received:
    13
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]

    [​IMG]

    [​IMG]

    [​IMG]

    Gambar- gambar diatas hanya merupakan gambaran sedikit tentang hewan di sekitar kita yang mengalami kecelakaan akibat ulah kita yang membuang sampah plastik sembarangan . Banyak hewan di darat dan di laut mati dan hidupnya sengsara setelah mereka ( hewan ) terjerat atau bahkan ada yang makan limbah plastik yang kita buang sembarang.

    Fakta - fakta tentang limbah plastik :

    Manusia di muka bumi ini menghasilkan sampah plastik sebanyak 500 milyar hingga 1 trilyun buah kantong plastik per tahun , jadi dengan jumlah yang segitu banyaknya , jika limbah kantong plastik tersebut di selimuti untuk membungkus permukaan bumi , maka bumi akan diselimuti sebanyak 10 kali .

    Perlu puluhan hingga ratusan plastik untuk bisa mengurai plastik hingga menjadi benar-benar hancur , jika hancur sekalipun maka limbah plastik tersebut akan mencemari lingkungan kita , dan seandainya kita bakar sekalipun maka asapnya akan menimbulkan racun dan hasil pembakarannya juga akan berdampak buruk bagi lapisan ozone .

    Pada tahun 2011 , produsen plastik di seluruh dunia mencatat bahwa mereka telah memproduksi plastik atas permintaan konsumen sebanyak 280 juta ton, dan jumlah ini mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya sebanyak 4 % .

    Dan permintaan terbesar di dunia akan kebutuhan plastik adalah jenis plastik seperti : polyolefins, PVC, PS, EPS and PET

    [​IMG]


    Gambar diatas merupakan gambar beberapa negara penghasil limbah plastik / yang membuang plastik ke laut , urutan yang pertama di tempati oleh China dan negara kita ( Indonesia ) menempati urutan yang kedua .


    Lalu apa yang kita lakukan dalam menangani limbah plastik ?

    Asal kita mau sedikit kreatif , semua limbah plastik tadi bukan merupakan suatu aib yang harus menciderai lingkungan kita , apapun jenis limbah plastik bisa kita oleh dan dapat menghasilkan uang . Penulis pernah mengunjungi beberapa pabrik plastik , mereka mengatakan pada kami , berapapun banyaknya plastik yang anda punya silahkan bawa kesini , kami siap beli , mau dengan uang cash ataupun dengan credit . Dan yang paling banyak mereka cari adalah jenis aqua gelas dan botol aqua . Lalu bagaimana cara mengolahnya :

    • Mencacah plastik dengan mesin penghancur plastik
    Ini adalah cara yang paling mudah dan gampang , dengan menggunakan mesin penghancur plastik , semua limbah dimasukkan ke dalam mesin dan hasilnya akan tampak seperti gambar berikut ini yakni berupa serpihan kecil-kecil , jika serpihan kecil plastik tadi masih kotor maka kita perlu mencuci terlebih dahulu , sebab pabrik plastik tidak mau menerima plastik kita .

    [​IMG]

    Cacahan plastik , jenis HDPE


    Dipabrik plastik , cacahan plastik jenis HDPE diatas akan di olah lagi menjadi produk jadi seperti baskom , ember , kaleng , mouse , cangkir , gelas plastik , sendok plastik dan segala macam kebutuhan rumah tangga lainnya . Jika tidak diolah menjadi barang jadi maka serpihan plastik tadi akan diolah menjadi biji plastik .

    Cacahan plastik untuk jenis aqua gelas , biasanya akan diolah menjadi campuran bahan tekstil , selain digunakan untuk produksi dalam negeri , juga akan diekspor ke China , jangankan untuk diekspor ke China , kebutuhan dalam negri sendiri saja masih jauh dari cukup .

     
  2. tokobale

    tokobale Member

    Joined:
    Apr 24, 2016
    Messages:
    71
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
    kasihan banget binatangnya*nangis2*
    iya setuju mending di daur ulang lagi aja limbah plastiknya n bisa dibuat berbagai macam produk yang bisa di jual lagi.
     
  3. lembing

    lembing Active Member

    Joined:
    Aug 21, 2014
    Messages:
    1,169
    Likes Received:
    91
    Trophy Points:
    48
    Limbah plastik mahal kok kalau mau ngumpulin , buktinya tuh banyak orang madura jadi kaya dari limbah
     
  4. ahm3d

    ahm3d New Member

    Joined:
    May 8, 2016
    Messages:
    14
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    3
    itulah mengapa sekarang ada peraturan pemerintah baru yang tidak membolehkan minimarket memberikan kresek plastik ke pelanggan
     
  5. caramel

    caramel New Member

    Joined:
    Jul 25, 2016
    Messages:
    5
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    butuh kesadaran diri sendiri aja ,,,jangan buang sampah sembarangan
     
Loading...

Share This Page