Fakta Ubin Tegel, Lantai Khas Keraton Jogja yang Hits

Discussion in 'General Lifestyle' started by iwen, Jan 24, 2019.

  1. iwen

    iwen Member

    Joined:
    Jun 15, 2016
    Messages:
    130
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]

    Sebagai lantai dengan motif klasik yang khas, ubin tegel memiliki pasarnya sendiri. Di Indonesia, tegel cukup diminati oleh kalangan middle-up. Salah satu penyebab cukup tingginya peminat lantai ini adalah karena tegel digunakan di keraton Yogyakarta, yang mana tempat ini sangat menggambarkan kebangsawanan suku Jawa.

    Bahkan karena hal tersebut, banyak orang yang mengira bahwa lantai ini benar-benar asli dari tanah Jawa. Padahal, anggapan ini sepenuhnya salah lho.

    Tegel sebenarnya dibawa oleh seseorang berkebangsaan Belanda pada tahun 1920-an. Awalnya, ia membangun pabrik ubin bernama Tegel & Beton Kunci di pulau Jawa yang menjual lantai bermotif unik. Nah, pabrik inilah yang pertama kali membawa motif tegel ke Indonesia.

    Baru tau, ‘kan?

    Penasaran dengan fakta-fakta tegel lainnya? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

    Sejarah Ubin Tegel

    Motif tegel sebenarnya berasal dari Spanyol dan Portugal. Di negara asalnya, motif ini disebut Azulejo. Tegel sendiri merupakan kata serapan dari bahasa Belanda yang berarti ubin.

    Sejarah mengatakan bahwa sebelum Spanyol mulai membuat motif tegel, peradaban di wilayah Arab sudah membuat motif ini terlebih dahulu dengan cara mengimitasi motif mozaik yang dibuat bangsa Romawi. Kemudian, para pedagang dan seniman Eropa mulai mengadopsi motif ini dengan menambahkan beberapa inovasi dan kearifan lokal mereka. Dari sinilah awal mula motif tegel tercipta.

    Motif Khas Keraton Jogja

    Salah satu hal yang membuat tegel sangat melekat dengan budaya Jawa adalah Keraton Yogyakarta. Mungkin Sobat Kilau yang pernah berkungjung ke Keraton sadar bahwa bangunan ini menggunakan tegel untuk lantainya. Hal inilah yang membuat nama ubin tegel semakin populer di kalangan masyarakat.

    Hingga saat ini, beberapa orang menganggap bahwa menggunakan ubin tegel memberikan kesan ‘bangsawan’ terhadap pemiliknya. Ini pula yang menjadi daya tarik ubin tegel di mata masyarakat.

    Tak Sekedar Lantai

    Dulu, ubin tegel hanya digunakan sebagai pelapis beton. Namun seiring berjalannya waktu, para seniman lokal mengubah strategi pemasaran mereka dengan cara menyajikan tegel sebagai karya seni. Alhasil permintaan pun terus melonjak dan harganya tak lagi murah. Bahkan, untuk memesan ubin tegel dengan kualitas terbaik pun cukup sulit karena bisa jadi kamu harus memesan dari jauh-jauh hari, disebabkan oleh banyaknya permintaan pasar.

    Nggak heran jika tegel dibanderol dengan harga tinggi. Hal ini karena proses pembuatannya yang rumit dan manual, tanpa bantuan mesin, mulai dari pembentukan, embossing, hingga pewarnaan. Karena itulah, semakin rumit motif tegel, semakin mahal pula harganya.

    Motifnya Sangat Beragam

    Motif tegel tak hanya berasal dari negara asalnya, Spanyol. Karena kepopulerannya menyebar ke seluruh penjuru, motifnya pun berbeda tergantung kebudayaan dan kreatifitas sang pengrajin tegel.

    Motif tegel yang berasal dari Indonesia biasanya memiliki motif seperti batik tulis dengan karakteristik shading warna yang lebih lembut dan gelap. Sementara dari negara aslinya, Spanyol, motifnya lebih ke pola-pola dasar geometris dengan tone warna netral. Selain itu, tegel Spanyol juga identik dengan warna biru dan putih yang berasal dari pengaruh kebudayaan abad ke-15 hingga ke-17.

    Sedangkan untuk tegel Meksiko yang biasa disebut Talavela, motifnya biasanya menggambarkan objek yang dipengaruhi oleh kepercayaan setempat. Awalnya, tegel Meksiko lebih dominan pada warna biru putih, yang mana warna ini mengadopsi dari motif Spanyol. Namun sekarang motifnya sudah semakin banyak dengan pola dan warna yang beragam.

    Itulah beberapa fakta menarik mengenai ubin tegel. Bagaimana, tertarik untuk menggunakannya juga pada rumahmu?

    Sumber: Ini Lho Fakta Menarik Ubin Tegel yang Jarang Orang Tau!
     
  2. blackking

    blackking Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    901
    Likes Received:
    58
    Trophy Points:
    28
    Dulu ubin tegel ini sangat terkenal terutama untuk rumah orang yang kaya, waktu ane kecil dulu
    tapi sekarang ini sudah jarang yang menggunakan dan banyak yang beralih ke keramik
     
  3. iwen

    iwen Member

    Joined:
    Jun 15, 2016
    Messages:
    130
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    iya emang khas banget sama kesan-kesan bangwan gitu ye gan
     
Loading...

Share This Page