Fakta Unik Air Mata dan Menangis

Discussion in 'General Lifestyle' started by AndaiKatacom, May 1, 2014.

  1. AndaiKatacom

    AndaiKatacom Member

    Joined:
    Sep 14, 2013
    Messages:
    143
    Likes Received:
    13
    Trophy Points:
    18
    AndaiKata.com | Setiap orang pasti punya pengalaman menangis dalam hidup mereka. Hari pertama manusia lahir, mereka sudah memiliki pengalaman pertama mengeluarkan air mata.

    Menangis biasanya terjadi ketika seseorang merasa sakit baik fisik maupun mental, atau ketika seseorang merasa sangat bahagia. Dengan kata lain, menangis adalah cara untuk mengekspresikan emosi seseorang.

    [​IMG]

    Umumnya, wanita lebih sering menangis daripada pria. Masyarakat telah membentuk opini bahwa perempuan lebih emosional yang berarti bahwa lebih mudah bagi perempuan untuk melepaskan air mata dan mulai menangis.

    Menurut Fit Sugar, setidaknya ada delapan fakta unik tentang menangis yang merupakan kesimpulan dari berbagai penelitian tentang menangis.

    1. Sebanyak 85% wanita dan 73% pria mengakui bahwa rasa marah dan kesedihan akan berkurang setelah menangis. Air mata tidak hanya diproduksi oleh perasaan emosional saja.

    Air mata juga berfungsi untuk membersihkan dan melumasi mata, yang menyebabkan iritasi mata dan menguap dapat menyebabkan produksi air mata meningkat. Meskipun menghasilkan air mata, namun air mata emosional dan air mata karena iritasi sebenarnya memiliki komposisi kimia yang berbeda.

    2. Jika wanita dianggap lebih mudah menangis, mungkin saja benar. Rata-rata, wanita menangis sebanyak 47 kali dalam setahun sedangkan pria menangis hanya 7 kali setahun.

    [​IMG]

    Hal ini bukan hanya karena perempuan dianggap lebih emosional, lebih lemah dibandingkan pria, dari fakta medis diketahui bahwa saluran air mata pada laki-laki memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan pada wanita. Sedangkan pada bayi, durasi normal menangis mereka antara 1 – 3 jam sehari.

    3. Tidak hanya waktu ketika kebanyakan orang menangis, tetapi durasinya juga. Sebagian besar orang menghabiskan rata-rata 6 menit setiap kali mereka menangis.

    4. Jika merasa sulit dan malu untuk mengeluarkan air mata, sepertinya kita harus berpikir lagi. Menurut para ahli, menangis tidak hanya respon tubuh terhadap kesedihan dan rasa frustasi, tetapi juga sehat.

    5. Menangis adalah cara untuk mengurangi stres emosional. Hal ini tentu saja sangat baik untuk kesehatan, karena stres bisa memberikan dampak negatif bagi kesehatan seseorang. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa air mata mengandung hormon prolaktin yang efektif untuk melawan stres.

    [​IMG]

    6. Stres dikatakan memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan, stres dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan kerusakan otak. Maka menangis bisa membuat sehat, karena dapat menghilangkan stres seseorang.

    7. Para ahli mengatakan bahwa menangis dapat menurunkan tekanan darah dan denyut jantung dan membuat respon yang lebih baik terhadap pengobatan.

    Nah, mulai sekarang tak usah ragu atau malu untuk menangis.

    Sumber : http://www.andaikata.com/tahukahkamu/fakta-unik-air-mata-dan-menangis.html
    Kategori : Tahukah Kamu ?
     
  2. Ardilas

    Ardilas Super Level

    Joined:
    Feb 18, 2013
    Messages:
    4,245
    Likes Received:
    317
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    Setuju, menangis dihadapan Allah juga bisa dilakukan.
     
  3. BEIM

    BEIM Active Member

    Joined:
    Mar 17, 2014
    Messages:
    1,358
    Likes Received:
    36
    Trophy Points:
    48
    saya pernah baca kalau menangis bisa membuang penyakit juga.. krn emosi dan stress tersalurkan melalui tangisan...
     
  4. katon

    katon Active Member

    Joined:
    Nov 19, 2015
    Messages:
    1,218
    Likes Received:
    91
    Trophy Points:
    48
    Saya sependapat dengan Anda, yang artinya menangis bukan hanya saat kesedihan mendera tapi saat kebahagiaan menghampiri atau bisa juga saat menyaksikan keAgungan Tuhan Yang Maha Kuasa juga bisa terjadi,,
     
  5. vira

    vira Member

    Joined:
    Oct 6, 2013
    Messages:
    156
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    jadi pengen nangis nih*nangis2*
     
    faisalhendri likes this.
  6. katon

    katon Active Member

    Joined:
    Nov 19, 2015
    Messages:
    1,218
    Likes Received:
    91
    Trophy Points:
    48
    nangis kenapa @vira ??
     
  7. vira

    vira Member

    Joined:
    Oct 6, 2013
    Messages:
    156
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    yaa itu katanya bisa ngurangin stress sma nurunin tensi darah ya,,, dua2 nya lg aku alamin nih :(
     
  8. barugratisan

    barugratisan Member

    Joined:
    Sep 5, 2014
    Messages:
    619
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    yang jelas, menangis itu tidak boleh ditahan...
     
  9. katon

    katon Active Member

    Joined:
    Nov 19, 2015
    Messages:
    1,218
    Likes Received:
    91
    Trophy Points:
    48
    Oh gitu,,, ya dah nangis saja sepuasnya, biar stressnya ilang dan tensi darah turun,,, eh sebentar apa betul ngaruh juga sama tensi darah yah?*bingung*
     
  10. katon

    katon Active Member

    Joined:
    Nov 19, 2015
    Messages:
    1,218
    Likes Received:
    91
    Trophy Points:
    48
    iya betul @barugratisan loss saja, jangan di tahan biar gak tambah stres
     
  11. Lisanimulya

    Lisanimulya Member

    Joined:
    Jun 16, 2016
    Messages:
    72
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    8
  12. vira

    vira Member

    Joined:
    Oct 6, 2013
    Messages:
    156
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    itu di poin no 7 kak
     
  13. katon

    katon Active Member

    Joined:
    Nov 19, 2015
    Messages:
    1,218
    Likes Received:
    91
    Trophy Points:
    48
    Hmmm,,, iya juga sih, tapi secara medis apa iya yah,,, berarti butuh percobaan dan penelitian nich kayaknya*bergaya*
     
  14. faisalhendri

    faisalhendri Member

    Joined:
    Jul 22, 2016
    Messages:
    152
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    sini nangis di bahu ku *peace*
    btw yang no 5 gambarnya kayak orang frustasi berat ya kaya abis coba narkoba gitu ...
     
  15. vira

    vira Member

    Joined:
    Oct 6, 2013
    Messages:
    156
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    itu lg megang botol apa ya :D
     
  16. firda63

    firda63 Member

    Joined:
    Dec 19, 2015
    Messages:
    760
    Likes Received:
    23
    Trophy Points:
    18
    kalau udah nangis mah lumayan lega rasanya
     
Loading...

Share This Page