Fakta Unik Tentang Anak Pertama

Discussion in 'General Lifestyle' started by Miftahul, Dec 17, 2015.

  1. Miftahul

    Miftahul Member

    Joined:
    Sep 6, 2015
    Messages:
    56
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]

    Alfred Adeler adalah tokoh psikologi yang pernah membuat hipotesis mengenai urutan kelahiran. Ketika melakukan terapi, Adler hampir selalu bertanya kepada pasien tentang konstelasi keluarga mereka, yaitu urutan kelahiran, gender dari saudara kandung dan umur yang terbentak diantara mereka.

    Anak pertama yang biasa disebut anak sulung menurut Adler (1931), kemungkinan besar memiliki perasaan berkuasa dan superioritas yang kuat, kecemasan tinggi, serta kecenderungan untuk overprotectif.

    Anak sulung menempati posisi yang unik, sempat menjadi anak tunggal selama beberapa saat dan kemudian mengalami penurunan posisi yang traumatis ketika saudara yang lebih muda lahir. Peristiwa ini secara dramatis mengubah situasai dan cara pandang anak terhadap dunia.

    1. Memiliki Jiwa Kepemimpinan

    Sebagai anak yang tertua tentu kamu memiliki peran memimpin adik-adikmu yang masih kecil. Baik untuk urusan sepele seperti tempat makan yang ingin dipilih atau harus melerai adik-adikmu yang bertengkar.

    2. Anak Sulung Adalah Pembelajar yang Baik

    Karena tidak memiliki saudara yang usianya lebih tua, anak sulung banyak mempelajari segala sesuatu sendiri. Seperti bagaimana cara membangun pertemanan dengan orang lain, bagaimana bersikap yang baik di depan orang lain dan lain-lain.

    3. Menyayangi Adik-adiknya

    Walaupun anak sulung terkadang merasa perhatian oramg tuanya terbagi ketika memiliki adik. Sebenarnya, kamu amat menyayangi adik-adikmu. Kasih sayang itu tidak selalu kamu tunjukan secara langsung.

    4. Memiliki Beban yang berat Dibanding Saudaranya yang Lain

    Orang tua tentu memiliki harapan yang tinggi terhadap kamu agar kamu dapat menjadi orang sukses yang dapat menopang ekonomi keluarga dan membiayai adik-adikmu. Ada anggapan yang mengatakan jika anak pertama sukses, adik-adiknya akan lebih mudah untuk mengikuti.

    5. Anak Sulung Sering Ngebos

    Sebagai anak tertua, anak sulung terkadang merasa memiliki hak paling tinggi diantara adik-adiknya. Itulah sebabnya kamu sering memerintah adik-adikmu. Entah untuk pekerjaan sepele seperti mengambil barang atau melakukan hal lain. Namun, entah bagaimana adik-adikmu menurut saja ya?

    Nah, itulah fakta anak pertama yang mungkin cocok dengan kamu. :)
     
    lasealwin likes this.
  2. zonamers

    zonamers Member

    Joined:
    Jul 24, 2015
    Messages:
    594
    Likes Received:
    88
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    kalo cari pasangan enaknya anak sulung apa bungsu yah?
     
  3. Miftahul

    Miftahul Member

    Joined:
    Sep 6, 2015
    Messages:
    56
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    8
    wkwkw, tergantung den. Anak Pertama dan Bungsunya mau ngak sama aden?
     
  4. AndroidApkApps

    AndroidApkApps Member

    Joined:
    Dec 11, 2015
    Messages:
    692
    Likes Received:
    68
    Trophy Points:
    28
    Anak pertama dari 2 bersaudara hadir gan :v
     
  5. lasealwin

    lasealwin Well-Known Member

    Joined:
    Aug 1, 2015
    Messages:
    1,877
    Likes Received:
    174
    Trophy Points:
    63
    Anak sulung itu anugrah. Kalau soal sisi positif dan akhlaknya semua tergantun cara mendidik dan pola linkungan sekitar apakah anak ini akan dibentuk menjadi pribadi yang lebih berkualitas dan juga oleh perjuangan si anak itu sendiri.
    Toh tidak semua pemimpin itu anak sulung kan.
    Dan banyak juga anak sulung yang bandel lho dan tidak mau mendengar arahan orang tuanya.
    Terimakasih
    Salam dahsyat
     
  6. kusumarga

    kusumarga Member

    Joined:
    Jul 7, 2015
    Messages:
    762
    Likes Received:
    78
    Trophy Points:
    28
    hahaha...
    ane lagi nunggu kelahiran anak pertama..tapi masih lama..masih 6bln lagi :D
     
  7. Lisa Saputri

    Lisa Saputri Member

    Joined:
    Oct 26, 2015
    Messages:
    86
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    8
    bener nih, saya juga anak pertama hehehehe
     
  8. VanceLobo

    VanceLobo Member

    Joined:
    May 16, 2014
    Messages:
    385
    Likes Received:
    15
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    menurut saya sih enakan anak bungsu... hahaha
     
  9. Si Raja

    Si Raja Member

    Joined:
    Nov 24, 2015
    Messages:
    856
    Likes Received:
    70
    Trophy Points:
    28
    Ane juga Punya Anak bayu Pertama...
     
  10. Dimas Prasetiyo

    Dimas Prasetiyo Member

    Joined:
    Jun 2, 2015
    Messages:
    650
    Likes Received:
    46
    Trophy Points:
    28
    ini baru mantap memang benar anak laki laki harus memiliki jiwa kepemimpinan,,,kalau tidak ada siapa yang akan mengayomi adik adiknya heheh*bagus*
     
  11. yungga19

    yungga19 Active Member

    Joined:
    Nov 28, 2015
    Messages:
    1,462
    Likes Received:
    86
    Trophy Points:
    48
    aduh ane anak bontot gmn nih gan ,,, .. tapi kakak pertama memang harus diapresiasi gan
     
  12. ais elkiram

    ais elkiram Well-Known Member

    Joined:
    Feb 10, 2015
    Messages:
    1,289
    Likes Received:
    219
    Trophy Points:
    63
    Poin ke 4 ane setuju, anak pertama juga ikutan saudara-saudara nya, ane buktikan karena ane no 4 jadi kebanyakan ngikut abang-abang ane, seperti pendidikan ane ngikut ke tempat dulu abang ane sekolah, tanggung jawab juga lumayan, klw ada apa-apa seorang abang harus berani turun tangan, kayak membudaya walau tidak semua
     
  13. intan

    intan Member

    Joined:
    Aug 17, 2014
    Messages:
    62
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    8
    menurut ane c... lebih berat anak bungsu kalau segi masalah. ud mah trakhir,,, dituntut ini itu ini itu.. tp sama aja c gan..
     
  14. katon

    katon Active Member

    Joined:
    Nov 19, 2015
    Messages:
    1,218
    Likes Received:
    91
    Trophy Points:
    48
    Saya anak sulung dari lima bersaudara, mas @Miftahul terima kasih ulasanya, saya merasa tersanjung. Tapi semakin jauh waktu berlalu sepertinya beda dengan kenyataan yang saya rasakan, tapi gak pa2 mengalah saya rasa lebih baik daripada yang tidak2,,*bagus*
     
  15. Lisanimulya

    Lisanimulya Member

    Joined:
    Jun 16, 2016
    Messages:
    72
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    8
    tapi anak ke 2 engga kalah dewasa kok hehe :D
     
  16. barugratisan

    barugratisan Member

    Joined:
    Sep 5, 2014
    Messages:
    619
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    yang jelas, anak sulung itu anak yang paling tua...
    udah gitu aja... :D
     
  17. Lisanimulya

    Lisanimulya Member

    Joined:
    Jun 16, 2016
    Messages:
    72
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    8
    lebih dewasa kayaknya kalau anak sulung :D
     
Loading...

Share This Page