Film 5 CM ''Menelan'' Korban Pendaki Semeru

Discussion in 'Infotainment' started by Forum Hijau, Aug 15, 2015.

  1. Forum Hijau

    Forum Hijau Member

    Joined:
    May 15, 2015
    Messages:
    129
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    FORUMHIJAU.COM - Sobat greener FHI semua pasti tahu dengan film pendakian ''sampah'' berjudul 5 CM yang berkisah tentang beberapa sahabat mendaki Gunung Semeru?

    Dalam film yang dibintangi Raline Shah, Pevita Pearce, dan Fedi Nuril, itu mereka bersama mendaki Puncak Semeru, puncak tertinggi di Jawa. Dalam perjalanan menuju Puncak Semeru itu, mereka mesti berjuang merayap.

    Terkadang ada batu-batu yang jatuh dari atas dan membahayakan. Bahkan di film itu ada batu-batu yang mengenai kelompok sahabat ini, namun sutradara film menghendaki mereka selamat.

    Nah, apa yang dialami pendaki perempuan asal Sukabumi yang juga mahasiswi salah satu perguruan tinggi di Bandung, DAR (19) seperti di film 5 CM itu.

    Namun ''Sutradara'' kehidupan berkehendak DAR tak selamat saat guguran batu datang dari puncak.

    "Persis seperti itu. Korban tertimpa batu dari puncak," jelas Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Ayu Dewi, kepada Forumhijau.com Jum'at (13/8).

    Korban meninggal dan dievakuasi Tim SAR pada Rabu (12/8). Korban langsung dibawa ke RSU Lumajang, pihak keluarga juga sudah dikontak.

    "Korban saat menuju puncak bersama temannya berempat. 30 Menit menjelang Puncak, sekitar 200 menter di bawah puncak ada longsoran batu," ujar Ayu.

    Ayu mengimbau para pendaki agar berhati-hati dan tidak mendaki ke puncak mengingat kondisinya berbahaya.

    MENDAKI GUNUNG TAK SEMUDAH NONTON FILM 5 CM

    Pasti sudah ada sobat greener FHI yang snonton film sampah ''5 CM'' ? Okelah mungkin dari sisi cerita, film tersebut menarik.

    Tapi banyak sobat greener FHI khususnya Penggiat alam yang tertipu, karena film tersebut bukan menceritakan Kepecinta alaman dan petualangan. Film 5cm lebih mengedepankan kisah persahabatan dan cinta.

    Tahukah sobat greener, selama proses syuting dulu kawasan Semeru termasuk Ranupane dan Ranukumbolo benar-benar hancur dan penuh tumpukan sampah, ratusan pohon ditebang. Saat itu ada beberapa sobat Penggiat Alam lokal yang melakukan protes terhadap proses syuting tersebut.

    Satu lagi, film itu tidak memperhatikan detil untuk kondisi aktual bagaimana proses pendakian sebuah gunung, dengan aman tentunya. Apalagi gunung ini adalah gunung tertinggi di Jawa. Tapi kenyataannya tidak sama sekali.

    Kami harap sobat Penggiat alam dan pendaki yang masih taraf belajar atau bahkan sobat Non Pendaki yang ingin mendaki Semeru, diharapkan tidak mempunyai keinginan sesaat atau menjadi korban (lagi) ''vandalisme'' sebuah tontonan!

    Mendaki gunung, apalagi sekelas gunung semeru tidak semudah apa yang kalian tonton. Dalam pendakian gunung kalian harus memangkul beban yang berat, baik itu beban tas carrier bahkan beban bersikap bijak terhadap alam.

    Bahkan pembodohan diperlihatkan film 5 CM, bagaimana bisa yang namanya mendaki memakai celana jeans dan eye liner?

    Mendaki gunung bukan cuma soal naik dan turun, tapi naik gunung adalah soal bagaimana kita bersikap terhadap alam dan pulang dengan selamat.

    Dalam pendakian gunung kita wajib mematuhi kode etik berat yang telah disepakati oleh seluruh Pecinta Alam di dunia:

    - Jangan mengambil apapun kecuali gambar.
    - Jangan meninggalkan apapun kecuali jejak.
    - Jangan membunuh apapun kecuali waktu.

    Jika kalian cuma ingin eksis, ikut trend atau sekedar coba-coba lebih baik jangan sekali-kali menginjakkan kaki di gunung. Gunung bukan tempatnya sampah dan orang-orang sampah. (archive)

    ©Source : Forumhijau.com

    Follow us : @ForumHijau_ID
     
  2. bespe

    bespe Member

    Joined:
    Oct 30, 2014
    Messages:
    949
    Likes Received:
    50
    Trophy Points:
    28
    Musti di baca nih sama yang suka mendaki gunung,..
     
  3. adi hasan

    adi hasan Member

    Joined:
    Jul 6, 2015
    Messages:
    776
    Likes Received:
    42
    Trophy Points:
    28
    untuk para pendaki, hati hati ketika mendaki.. jaga keselamatan, keselamatan adalah hal yg hrs diutamakan..
     
  4. isadaud2006

    isadaud2006 Member

    Joined:
    Jan 19, 2015
    Messages:
    118
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    Banyak pendaki gunung yang hilang gara-gara belum menguasai medan pegunungan
     
  5. Gede Ardi Dwiantara

    Gede Ardi Dwiantara Member

    Joined:
    Dec 8, 2015
    Messages:
    106
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
    emang curam banget sih tuh ya. pernah nonton filmnya. lupa ama tokohnya. yg penggemar MU, itu ketimpa batu ampe di kira meninggal ama temennya :D
     
  6. Rinda Septiani

    Rinda Septiani Member

    Joined:
    Apr 24, 2017
    Messages:
    832
    Likes Received:
    19
    Trophy Points:
    18
    wah ternyata naik gunung itu gak sesederhana keliatannya ya.
     
  7. Silmi Alimatul

    Silmi Alimatul Member

    Joined:
    Apr 14, 2018
    Messages:
    410
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Bener sangat setuju nih *bagus*
     
Loading...

Share This Page