Finger Food Sebagai Bagian dari Tumbuh Kembang Bayi

Discussion in 'General Lifestyle' started by raffa alwii, Feb 1, 2018.

  1. raffa alwii

    raffa alwii Member

    Joined:
    Jun 8, 2016
    Messages:
    79
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
    Ibu pastinya akan selalu memberikan perawatan terbaik untuk si kecil sejak ia lahir agar juga dapat mendukung tumbuh kembang bayi berjalan optimal. Mulai dari perawatan dari luarnya seperti memilihkan produk perawatan kulit terbaik Zwitsal yang merupakan produk perawatan lengkap dengan hypo-allergenic sehingga memberikan kemungkinan yang sangat kecil bayi mengalami iritasi. Kemudian, selain dari luar, pastinya perawatan kesehatan dari dalam yang terbaik akan diberikan ibu. Pemberian ASI secara eksklusif sejak bayi lahir hingga usianya 6 bulan adalah salah satunya. Ketika si kecil sudah menginjak usia 6 bulan, ia sudah siap untuk mendapatkan Makanan Pendamping ASI alias MPASI dengan masih memberikan ASI hingga bayi berusia 2 tahun.

    Nah, MPASI sendiri macamnya ada banyak. Pada awal si kecil mulai diperbolehkan mengkonsunsi MPASI pastinya pilihan makanannya adalah yang bertekstur lembut seperti bubur. Kemudian berikutnya seiring dengan tumbuh kembang bayi yang terus terjadi, bayi kemudian bisa memulai untuk mengkonsumsi MPASI bertekstur lebih padat sedikit seperti biskuit bayi, sayur ataupun buah yang dimasak lembut. Perkembang berikutnya dapat dilanjutkan dengan bayi mulai mengkonsumsi makanan yang lebih padat. Ibu dapat mengajarkan si kecil untuk mulai belajar makan sendiri dengan finger food.

    Lalu apa finger food itu dan apa kaitannya dengan tumbuh kembang si kecil ? Finger food adalah makanan dalam potongan kecil yang dapat dikonsumsi dalam satu kali lahapan. Finger food diperuntukkan bagi bayi gunanya adalah memperkenalkan bayi pada makanan yang lebih padat. Oleh sebab itu sebaiknya pilihlah makanan yang gampang untuk dikunyah dan mudah meleleh di mulut contohnya adalah buah-buahan empuk seperti pisang, atau biskuit bayi. Ibu juga perlu memastikan bahwa makanan telah dipotong dengan ukuran yang mudah dipegang dan dimakan oleh si kecil.

    Finger food punya peranan yang penting juga dalam tumbuh kembang bayi, dimana dengan menikmati finger food, si kecil akan melatih kemampuan motorik halusnya untuk dapat memegang makanan sendiri dan memasukkan ke dalam mulutnya. Kemudian tekstur dari finger food yang lebih padat serta beragam pun dapat melatih gerakan bayi untuk mengunyah. Bayi yang sebelumnya hanya dapat menelan makanan yang teksturnya sangat lembut seperti bubur, kemudian tumbuh kembangnya yang semakin menjadi, kini pun ia akan berlatih untuk menggerakkan lidahnya ketika mengunyah makanan. Sehingga tentunya finger food berperan serta dalam membantu tumbuh kembang si kecil berjalan optimal.
     
  2. nyelenih

    nyelenih Member

    Joined:
    Nov 20, 2017
    Messages:
    120
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
  3. Fahmi Alfarizi

    Fahmi Alfarizi Member

    Joined:
    Jan 20, 2017
    Messages:
    272
    Likes Received:
    21
    Trophy Points:
    18
  4. Samuel Samuel93

    Samuel Samuel93 Member

    Joined:
    Oct 30, 2017
    Messages:
    487
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    bener bangt, anak ane juga ane kasih finger food karena emang cukup membantu tumbuh kembang bayi.
     
Loading...

Share This Page