Format Video Terbaik Menurut Fungsi dan Kegunaan

Discussion in 'Video' started by Afrizal, Mar 2, 2021.

  1. Afrizal

    Afrizal New Member

    Joined:
    Feb 14, 2021
    Messages:
    1
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Bagi yang suka melihat film/video di komputer maupun smartphone, pasti sudah tidak asing lagi dengan format video yang sangat beragam. Video yang Anda saksikan tersebut memiliki ekstensi file yang berbeda-beda, tergantung alat pembuatnya dan di mana Anda mendapatkannya.

    Apabila Anda mengetahui jenis-jenis format dalam sebuah video beserta kelebihan dan kekurangannya, maka Anda bisa memutuskan video dengan format apa yang cocok dimainkan di perangkat Anda. Nah, di bawah ini terdapat ulasan penting tentang jenis file ekstensi video yang perlu Anda tahu.

    Jenis Ekstensi Video
    Berikut adalah jenis-jenis format video menurut fungsi dan kegunaan yang telah kami rangkum versi pixel web

    1. MP4
    MP4 adalah salah satu ekstensi file video paling populer, lebih-lebih MP4 menjadi standar format yang harus dimiliki oleh video yang diunggah di Youtube. Karena Youtube lah MP4 menjadi sangat populer dan berjaya, yang pastinya bisa sangat kompatibel diputar di komputer maupun smartphone.


    Perlu Anda tahu, sebelum mewajibkan penggunaan ekstensi MP4 di setiap videonya, Youtube dulunya menggunakan FLV. Youtube beralih ke MP4 sejak mereka menggunakan pemutar video HTML5 dan meninggalkan flash.

    2. AVI
    AVI (Audio Video Interleave) juga merupakan ekstensi file video paling sering digunakan, umumnya untuk sebuah video dengan durasi panjang (film) dan bisa diputar lintas media. Format AVI dikembangkan oleh Microsoft, yang juga menjadi format default video yang dibuat menggunakan handycam dan kamera digital.

    Extensi AVI juga sering dikombinasikan dengan berbagai codec semisal DivX dan XVID, yang hanya bisa diputar di perangkat jika memiliki codec reader. Sayangnya, dengan berbagai kelebihan di atas, AVI memiliki ukuran yang relatif besar jadi akan kurang efisien disimpan di perangkat.

    3. MKV
    Apabila Anda sering mengunduh film di berbagai situs penyedia di internet, pasti tak jarang menemukan video dengan format MKV. Ya, MKV memang format file video atau film yang ideal karena kemampuannya untuk menyimpan banyak audio, gambar, video hingga subtitle di dalam satu file video.

    MKV juga merupakan format file video yang open source, jadi siapapun dapat memodifikasinya tanpa batasan. Sayangnya, meski unggul karena begitu fleksibel, MKV atau Matroska Video belum terlalu didukung secara menyeluruh dan universal.

    4. 3GP
    Format video paling populer selanjutnya adalah 3GP, yang dikenal masyarakat luas mulai tahun 2000-an. Tahun itu memang sedang maraknya penggunaan handphone dan 3GP telah menjadi standar ekstensi video yang bisa diputar melalui handphone.

    3GP memang didesain khusus sebagai ekstensi pada video-video yang memiliki ukuran mini. Biasanya, video 3GP memang dibuat menggunakan handphone sehingga akan kompatibel diputar di dalamnya. Uniknya, video 3GP justru akan memiliki kualitas resolusi buruk jika dimainkan di komputer atau smartphone model terbaru.

    5. DAT
    Pengguna komputer generasi 2000-2010 pasti sudah tidak asing dengan ekstensi video DAT. Umumnya, ekstensi ini memang sering ditemukan di video-video yang berasal dari VCD. Pada saat itu memang sedang marak penyewaan film dalam VCD/DVD yang bisa diputar di komputer/laptop.

    Video dengan format DAT biasanya memiliki kualitas yang bagus meskipun ukurannya juga besar. Ukurannya yang besar sangat riskan untuk disimpan dalam perangkat karena bisa membuat memori atau disc sesak.

    6. MPG/MPEG
    Sama seperti DAT, MPG juga pernah menjadi format file video paling populer dan sering digunakan di kala penyewaan VCD/DVD masih digemari masyarakat. Namun seiring menjamurnya situs downloader film di internet, format MPG ini sudah jarang ditemukan.

    Meski sudah semakin langka, namun MPG tidak perlu diragukan lagi memiliki kualitas yang sangat baik. Karena selain ditemukan di VCD maupun DVD, MPG tidak jarang muncul sebagai format pada video kualitas Blu-Ray.

    7. GIFV
    GIFV merupakan ekstensi video populer sejak dijadikan standar/format default di berbagai situs besar semisal 9gag. Bisa dibilang, GIFV menggantikan format GIF, yang dinilai sangat boros dari segi ukuran file dan tidak efisien.

    GIFV biasanya digunakan sebagai format untuk video pendek yang bisa berputar berulang-ulang secara otomatis. Jenis format file video ini memang memiliki banyak keunggulan, karena selain hemat juga mudah, tanpa suara dan nyaman untuk diputar berulang kali (loop).

    8. WMV
    WMV merupakan kependekan dari Windows Media Video, sebuah ekstensi file video yang moncer ketika Windows Movie Maker dan Metacafe masih sering digunakan. Sesuai namanya, ekstensi WMV ini didesain khusus untuk platform Windows.

    Windows mulai mendukung ekstensi video ini sejak zamannya Windows XP hingga OS Windows generasi terbaru. Selain didukung secara luas oleh Windows, WMV memang mudah digunakan serta memiliki kualitas file yang baik.

    9. FLV
    Format FLV ini pernah sangat berjaya karena digunakan sebagai standar video yang dimuat di Youtube. Jadi jika Anda mengunduh video Youtube sekitar tahun 2010-an menggunakan IDM, pasti ekstensinya masih menggunakan FLV.

    Sebelum digusur oleh MP4, FLV dikenal sebagai format file video dengan berbagai kelebihan yang disukai pengguna. Kelebihan FLV di antaranya adalah berkualitas baik, bisa diputar di PC lama serta ukurannya yang relatif mini.

    10. WEBM
    Seiring dengan berkembangnya internet, muncul ekstensi file video WEBM, yang sering digunakan pembuat video sebagai ekstensi file. Sebagai standar codec-nya, WEBM menggunakan format coding video VP8/VP9 serta audio Opus maupun Vorbis yang sangat cocok lebih-lebih sejak kemunculan HTML5.


    Ya, sejak kemunculan HTML5, WEBM memang sering digunakan untuk ekstensi video di berbagai jenis website, entah website forum maupun berita. Meskipun begitu, ekstensi video ini memang masih jarang digunakan untuk video di situs-situs tanah air, jadi masih kedengaran asing di telinga.

    Format-format file untuk video di atas adalah yang paling populer dan masih digunakan hingga sekarang. Karena memiliki kualitas dan kompatibilitas yang berbeda-beda, maka Anda akan tahu format mana yang yang harus diunduh agar bisa diputar di perangkat Anda dengan baik dan lancar.
     
  2. Arif Rachman Hakim

    Arif Rachman Hakim Member

    Joined:
    May 4, 2014
    Messages:
    386
    Likes Received:
    27
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    mp4 yang masuk dalam berbagai sistem, mau buat dishare atau diedit lagi masih oke
     
Loading...

Share This Page