Gaji Kecil Ingin Kredit Rumah, Ini Strateginya

Discussion in 'General Discussion' started by Dudu, Apr 10, 2019.

  1. Dudu

    Dudu Guest

    Memiliki gaji kecil kini tidak perlu khawatir ketika memiliki keinginan membeli rumah, berita baiknya saat ini pemerintah telah menurunkan uang muka rumah KPR, sehingga membeli rumah kini semakin mudah. Untuk masyarakat berpenghasilan rendah pun bisa mendapatkan rumah impiannya. Lokasi rumah seperti Bogor, Depok, Bekasi dan Tangerang dapat menjadi pilihan untuk rumah murah dengan harga Rp100 jutaan sampai Rp200 jutaan.

    Menentukan Harga Rumah yang diinginkan
    Menentukan harga rumah yang akan dibeli dengan KPR sangatlah penting. Sebab Anda harus bisa menyesuaikan angka kredit dengan kemampuan gaji setiap bulannya. Harga rumah yang ingin dibeli akan menentukan bersarnya tingkat cicilan per bulan.

    Salah satu strategi yang bisa digunakan untuk menyiasati masalah ini yaitu mengambil jangka waktu panjang dalam pembayaran kredit, seperti 15 tahun, agar bisa menyesuaikan banyaknya uang yang harus dibayar dengan kemampuan Anda.

    Mencari Informasi Mengenai KPR di Bank dan Produk KPR
    Indonesia memiliki banyak sekali bank yang menyalurkan kredit pemilikan rumah (KPR). Ada bank asing, bank BUMN dan juga bank swasta. Hal pertama yang perlu dipersiapkan sebelum mengambil KPR rumah adalah meluangkan waktu untuk mencari tahu kelebihan dan kekurangan dari penawaran-penawaran bank tersebut. Dengan mendatangi bank tersebut satu-persatu dan mencari informasi mengenai penawaran KPR. Apakah sesuai dengan gaji yang dimiliki.

    Mempelajari Jenis dan Perhitungan Bunga
    Kebanyakan orang awam, tidak familiar dengan jenis-jenis bunga bank dan cara perhitungannya. Bank mengenal tiga metode untuk menghitung bunga yaitu bunga tetap (fixed), efektif (effective) dan anuitas (annuity). Pada umumnya bank menggunakan metode perhitungan bunga anuitas, agar tidak mempersulit nasabah. Jadi cicilan setiap periode jumlahnya tetap. Sekali lagi ketiga metode di atas, adalah metode yang digunakan untuk melakukan perhitungan.

    Mulai Menabung
    Menabung adalah hal yang penting karena pembayaran KPR bisa memakan waktu yang lama. Karena itu, sebagai awal mula langkah memiliki rumah, rajin-rajinlah menabung agar bisa membayar uang muka dan cicilan rumah setiap bulannya.

    Sebagai contoh, bila memiliki gaji sebesar Rp2,5 juta, menabunglah sebesar 20 persen dari gaji yaitu Rp500 ribu secara rutin dalam beberapa bulan. Jika berhasil, maka pengajuan KPR akan siap dimulai. Cara menabung di investasi adalah alternatif lainnya untuk mendapatkan modal tambahan untuk memiliki rumah. Kenapa investasi? Sebab investasi adalah cara terbaik untuk menggandakan uang kita tanpa harus pergi ke dukun abal-abal menggandakan uang. Benar, kita harus realistis di era millenial ini.

    Menyiapkan DP atau uang muka rumah
    Sebelum melangkah ke cicilan KPR, yang harus diperhatikan adalah besaran uang muka. Uang muka rumah adalah syarat yang diajukan oleh pihak bank sebelum melakukan KPR. Pihak bank akan meminta uang muka dengan nilai tertentu dari harga rumah yang akan dikredit.

    Dengan begitu, perlu mempersiapkan dana dalam jumlah besar untuk dijadikan uang muka sebagai tanda jadi pembelian rumah tersebut. Sekarang besaran uang muka rumah pertama hanya 15%dari sebelumnya 30%. Persiapan ini akan memakan waktu yang lama. Tentu jika kita menyiapkan jauh hari dengan menyisihkan sedikit dari gaji kita, maka

    Membeli Rumah Yang Sesuai Dengan Kemampuan
    Sebelum membeli rumah, mengetahui harga, jenis, dan tipe rumah yang akan dibeli adalah sebuah keharusan. Kita dituntut untuk membeli rumah sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Jangan sampai saat kita membeli rumah yang terlalu besar dan berada di lingkungan yang bernilai tinggi akan membuat harga rumah jadi mahal dan kemampuan kita dalam membayar cicilan KPR.

    Mencari Penghasilan Sampingan
    Selain mengandalkan pemasukan dari gaji saja yang pas-pasan, perlu dilakukan usaha untuk mendapatkan penghasilan tambahan, supaya bisa keluar dari zona nyaman dan lekas memiliki rumah. Membuat usaha sampingan bisa dimulai sesuai dengan keuangan yang sudah dianggarkan sesuai dengan pendapatan. Mulai dengan usaha yang berawal dari hobi dan kegemaran. Nantinya sedikit demi sedikit keuntungan pekerjaan.

    Melunasi Pembayaran KPR

    Dalam pembelian rumah melalui KPR yang dicicil tiap bulannya, sudah semestinya dipikirkan untuk melunasi semua tagihan KPR. Jangan sampai menunda. Jika saat mau membayar uang muka, pilih pembayaran yang mudah dan jangan ditunda-tunda.

    Dalam membeli rumah pertama bagi yang berpenghasilan minim, diperlukan konsistensi dalam mengumpulkan sedikit gaji untuk membayar DP KPR. Gaji besar ataupun kecil sebenarnya tidak terlalu jauh berbeda. Diperlukan niat untuk dapat mengumpulkan uang dalam mewujudkan rumah idamannya.

    Atau kamu mau investasi p2p lending dengan bidang property, bisa kunjugi recrowd di google
     
    Wiji Astuti likes this.
  2. Wiji Astuti

    Wiji Astuti Guest

    Makasih informasinya ya
     
  3. blackking

    blackking Active Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,344
    Likes Received:
    95
    Trophy Points:
    48
    Butuh juga kesabaran untuk mencicilnya, penghasilan pas-pasan kalau tidak disiplin mengatur pengeluaran
    bisa berantakan semuanya rencana di awal sudah matang tapi di perjalanan bisa ada sandungan
     
  4. Aditya WP

    Aditya WP Member

    Joined:
    May 29, 2015
    Messages:
    416
    Likes Received:
    47
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Secara teori untuk mengkredit rumah sangat gampang dan mudah, tapi dalam pelaksanaannya sangatlah sulit bagi yang berpenghasilan kecil seperti saya ini.
     
Loading...

Share This Page