Gaji Mentok Rp5 Juta Mau Ambil KPR? Berikut Tipsnya

Discussion in 'General Internet' started by joshua, Nov 23, 2020.

  1. joshua

    joshua Member

    Joined:
    Nov 13, 2015
    Messages:
    101
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    18
    Ingin mencicil rumah tapi ragu karena memiliki penghasilan pas-pasan? Coba lakukan perhitungan KPR terlebih dahulu agar nantinya kamu bisa tahu seberapa besar kemampuan finansialmu untuk mencicil rumah idaman.

    Rumah menjadi kebutuhan yang wajib dimiliki oleh setiap orang. Tapi tidak semua orang bisa mempunyai rumah dengan mudah karena untuk mendapatkannya dibutuhkan biaya yang sangat mahal sehingga salah satu jalannya adalah membeli rumah dengan cara mencicil atau yang lebih dikenal dengan nama KPR (Kredit Pemilikan Rumah).

    Mungkin hal ini tidak menjadi masalah bagi orang-orang yang memiliki penghasilan tinggi karena ada dana lebih yang bisa disisihkan setiap bulannya untuk mencicil rumah. Tapi bagi masyarakat yang memiliki penghasilan di bawah Rp5 juta, mengambil cicilan rumah harus dipikirkan berulang kali secara matang karena penghasilan harus dicukupi untuk kebutuhan bulanan juga.

    Sebenarnya permasalahan tersebut bisa diatasi dengan melakukan cara perhitungan KPR secara matang agar kamu bisa mengukur kemampuan finansial dan bisa membayar cicilan rumah secara tepat waktu hingga masa akhir tenor berlaku. Sebelum melakukan perhitungan, coba perhatikan tiga hal berikut ini yang bisa berpengaruh pada perhitungan KPRmu, yaitu:

    1. Cari rumah yang sesuai kemampuan finansial
    Hal awal yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah mencari rumah yang sesuai dengan kemampuan finansial. Jangan terlalu memaksakan diri untuk membeli rumah mewah dan besar karena termakan oleh gengsi. Jika penghasilan pas-pasan, carilah rumah dengan kisaran harga menengah kebawah. Jika melihat dari harga rumah yang ada saat ini, disarankan untuk mengambil rumah yang harganya tidak melebihi harga jual Rp500 juta.

    Harga jual rumah biasanya belum meliputi berbagai macam biaya seperti biaya administrasi, biaya provisi, biaya balik nama, pajak pembeli, dan lain sebagainya. Jadi, lebih baik mencari rumah yang harga kisarannya di bawah Rp500 juta dan menyiapkan dana untuk membayar biaya-biaya tambahan.

    Ada banyak cara mencari rumah murah yang harganya terjangkau. Kamu bisa mulai berburu dengan cara mencari lokasi rumah yang bukan berada di pinggir jalan, rumah yang masih dalam tahapan proses pembangunan, rumah yang dijual cepat oleh orang yang sedang butuh dana, atau mendatangi pameran properti untuk mendapatkan penawaran harga menarik dan cashback. Serta jangan lupa untuk melakukan perhitungan KPR rumah terlebih dahulu biar sesuai dengan budget kamu.

    2. Siapkan dana untuk uang muka
    Tidak hanya biaya-biaya tambahan saja yang harus kamu sediakan, kamu juga perlu menyiapkan dana untuk uang muka alias DP (Down Payment) sebelum melakukan simulasi perhitungan angsuran KPR. Menurut aturan terbaru Bank Indonesia yang dirilis tahun 2018 ini, loan to value (LTV) bank dilonggarkan sehingga nasabah dibebaskan dari uang muka untuk pembelian rumah pertama. Sedangkan untuk pembelian rumah kedua, bank diizinkan memberikan pembiayaan KPR dengan nilai uang muka hanya 10%-20% dari harga rumah.

    Aturan yang membebaskan uang muka ini di satu sisi memang akan sangat membantu kalangan berpendapatan pas-pasan untuk memiliki rumah. Tanpa uang muka, seseorang bisa langsung membeli rumah dengan memanfaatkan pembiayaan dari bank. Namun, di sisi lain, ketiadaan kewajiban menyiapkan uang muka bisa berdampak pada besarnya beban cicilan yang harus dibayar kelak.

    Maka itu, bila saat ini kamu berniat membeli rumah pertama, sebaiknya tetap memikirkan untuk menyiapkan kebutuhan uang muka. Dengan menyerahkan uang muka, beban cicilan yang harus kamu tanggung sepanjang periode kredit dapat lebih ringan.

    Di sisi lain, walau aturan BI membolehkan bank memberi KPR dengan nilai LTV rendah, pada kenyataannya, bank biasanya tetap mewajibkan nasabah KPR memberikan uang muka yang memadai sebelum menyetujui pengajuan KPR. Bank yang konservatif seperti BCA, sebagai contoh, masih mewajibkan uang muka minimal 30% dari total pembiayaan.

    3. Lakukan perhitungan pengeluaran bulanan
    Perhitungan KPR rumah akan dipengaruhi dari perhitungan pengeluaran bulanan. Untuk menghitung pengeluaran bulanan, kita bisa mengambil contoh kalau saat ini penghasilan bulanan yang kamu miliki adalah Rp5 juta. Dalam satu bulan, ada pengeluaran apa saja yang harus kamu keluarkan?
    • Transportasi Rp500 ribu
    • Makan Rp1 juta
    • Listrik Rp200 ribu
    • Pulsa Rp200 ribu
    • Biaya lain-lain Rp200 ribu
    Total pengeluaran Rp2,1 juta

    Dengan begitu, masih ada sisa dana R2,9 juta yang bisa kamu sisihkan untuk mencicil rumah. Perhitungan tersebut belum termasuk tanggungan hutang. Lantas bagaimana jika kamu masih memiliki cicilan hutang kartu kredit atau kredit kendaraan bermotor? Misalkan saja kamu memiliki hutang cicilan kartu kredit per bulan Rp300 ribu dan hutang cicilan motor Rp500 ribu. Maka total hutang menjadi Rp800 ribu.

    Dengan begitu perhitungan pengeluaran bulanan menjadi total pengeluaran Rp2,1 juta + total utang Rp800 ribu = Rp2,9 juta. Sisa dana per bulan yang kamu miliki hanya Rp5 juta-Rp2,9 juta=Rp2,1 juta. Lantas, apakah dananya cukup untuk mencicil rumah?

    Perhitungan KPR untuk penghasilan di bawah Rp5 juta
    Sekarang kita akan melanjutkan untuk melakukan simulasi perhitungan KPR untuk penghasilan di bawah Rp5 juta. Kita akan mengambil contoh kasus jika kamu ingin membeli rumah dengan nilai jual seharga Rp300 juta dengan kisaran bunga per tahun 6%. Untuk masa tenor yang diambil, lebih baik kamu mengambil masa tenor maksimum yakni 20 tahun. Coba kita lihat perhitungannya di sini!
    • Perhitungan uang muka
    Rp300 juta (harga jual rumah) x 20% = Rp60 juta

    • Perhitungan pokok kredit
    Rp300 juta (harga jual rumah) – Rp60 juta (uang muka) = Rp240 juta

    • Perhitungan cicilan pokok per bulan
    Rp240 juta (pokok kredit) : 240 bulan (masa tenor 20 tahun) = Rp1 juta

    Perhitungan bunga cicilan per bulan

    Rp240 juta (pokok kredit) x 6% (bunga per tahun) : 12 = Rp1,2 juta

    Perhitungan cicilan per bulan

    Rp1 juta (cicilan pokok per bulan) + Rp1,2 juta (bunga cicilan per bulan = Rp2,2 juta

    Sesuai dengan perhitungan pengeluaran bulanan di atas, nominal cicilan rumah senilai Rp2,2 juta per bulan sudah melebihi budget alias dana yang kamu miliki kurang. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi persoalan ini, yakni dengan menyelesaikan terlebih dahulu hutang kartu kredit dan hutang motor sehingga dananya bisa dialokasikan untuk membayar cicilan hutang, memberikan uang muka yang lebih besar, mencari rumah yang lebih murah, hingga memilih banyak yang menawarkan bunga rendah.

    Selain itu, kamu juga bisa memulai usaha sampingan agar bisa menambah penghasilan bulananmu. Ada banyak usaha sampingan yang bisa dilakukan oleh karyawan, mulai dari bisnis online, menjadi freelancer, menjadi youtuber, dan masih banyak lagi. Dengan adanya kerja keras dan keinginan yang kuat, bukan hal yang mustahil untukmu memiliki rumah idaman. Jadi jangan patah semangat dulu!

    Sumber
     
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,578
    Likes Received:
    120
    Trophy Points:
    63
    Kalau gaji UMK di wilayah ane kabarnya dibawah dua juta gimana tuh ngaturnya kalau pengin beli KPR
    tapi mungkin yang punya gaji kecil tidak mikirnya sampai kesana asal cukup kebutuhan harian sudah seneng
     
  3. harsonoegi

    harsonoegi Member

    Joined:
    Sep 23, 2019
    Messages:
    185
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    sebenernya kalo pegawai tetap pun, masih ngeri karna kondisinya lagi seperti ini. haduh,....bingung
     
  4. arissaputro

    arissaputro Member

    Joined:
    Sep 27, 2020
    Messages:
    33
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    pembayaran bunganya besar banget ya sampai pembayaran bunganya saja perbulan melebih cicilan pokok perbulan
     
  5. andikasa

    andikasa Member

    Joined:
    Nov 27, 2020
    Messages:
    82
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
    yg susah itu biaya dp
    harus nabung bbrp tahun dulu
     
  6. harsonoegi

    harsonoegi Member

    Joined:
    Sep 23, 2019
    Messages:
    185
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    terkadang kita harus yakin kalo kita bisa dpt uang lebih, dengna bekerja keras dan berdoa pada Tuhan
     
  7. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,083
    Likes Received:
    2,682
    Trophy Points:
    413
    Khusus rumah jika sudah lunas (beberapa tahun kemudian) terkadang sesuai harga jual. Beda dengan mobil atau motor.
     
  8. arissaputro

    arissaputro Member

    Joined:
    Sep 27, 2020
    Messages:
    33
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Berarti ini tidak rugi ya @kang Andre beli rumah sistem kredit
     
Loading...

Share This Page