Gangguan Kesehatan Kehamilan Yang Sering Terjadi

Discussion in 'Health & Medical' started by Adinhar, Oct 5, 2017.

  1. Adinhar

    Adinhar New Member

    Joined:
    Aug 8, 2017
    Messages:
    19
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    Gangguan kesehatan kehamilan mungkin dirasakan oleh hampir semua ibu hamil bahkan ada yang sampai terlihat menderita karenanya, padahal kehamilan adalah momen yang paling ditunggu-tunggu tentunya oleh para suami dan istri. Untuk itu bacalah terus tulisan ini karena berisi tips untuk mengatasi gangguan kesehatan saat kehamilan dan bagaimana memiliki kehamilan yang sehat.

    1. Morning Sickness
    Merupakan kondisi mual dan muntah yang dialami oleh beberapa wanita hamil pada trimester awal kehamilan. Ini adalah salah satu keluhan yang paling umum terjadi pada kehamilan, hampir 90% wanita mengalami morning sickness tersebut. Meski dikenal dikenal dengan istilah morning sickness, namun keadaan ini dapat terjadi kapan saja baik siang ataupun malam. Dr Marilyn Glenville, pakar nutrisi dan penulis "Natural Alternatives to Sugar" yang terkemuka di Inggris mengatakan: "Mual di pagi hari pasti bisa berkurang dengan mengatur kadar gula darah Anda. Pastikan Anda makan dengan jumlah yang kecil tetapi sering, menggunakan karbohidrat kompleks sebagai makanan ringan untuk menjaga gula darah Anda. dan pilihan yang terbaik adalah kue yang berbahan tepung beras, roti gandum, keripik gandum dan produk utuh lainnya yang tidak dimurnikan. "
    Sebagai alternatif minumlah Vitamin B6 yang sangat membantu dalam mengurangi serangan mual dan muntah. Sebuah teori menyebutkan bahwa morning sickness mungkin disebabkan oleh tingkat estrogen yang tinggi, dan vitamin B6 sangat membantu dalam membersihkan estrogen berlebih dari tubuh dengan mengoptimalkan fungsi hati.
    Dr Marilyn Glenville juga menambahkan: "Jahe adalah obat alternatif tradisional untuk mengatasi morning sickness, dan sangat efektif, seperti yang dikonfirmasi dari uji klinis "Double-Blind" 1991. Dapat dikonsumsi dalam bentuk suplemen, kapsul atau teh herbal. Cara mengonsumsi jahe adalah dengan teh lemon yang dicampur dengan jahe. Bisa juga dengan sedikit menambahkan madu atau sirup dan bila diinginkan ditambahkan es batu atau disimpan di lemari pendingin lalu diminum dengan disedot sesuai kebutuhan.

    2. Ngidam
    Hampir sebagian ibu hamil mengalami ngidam di awal kehamilannya. Kondisi ini membuat ibu hamil ingin mengonsumsi makanan apa pun yang sedang terlintas di pikirannya dari mulai coklat, es krim, buahan-buahan yang masih muda, hingga makanan pedas dan es batu. Tidak ada alasan ilmiah yang jelas mengapa ibu hamil mengalami ngidam. Namun Cassandra Barns seorang ahli gizi mengatakan: "Ibu hamil jangan sampai melewatkan makan, terutama makan pagi atau sarapan, karena hal itu dapat menyebabkan timbulnya "Ngidam" di kemudian hari terhadap makanan bergula dan makanan tinggi karbohidrat. Pastikan makanan Anda mengandung protein yang tinggi seperti daging, ikan, keju atau yoghurt, dan kacang-kacangan. Protein dapat membantu memperlambat penyerapan gula dan pati ke dalam darah sehingga mengurangi timbulnya "Ngidam" di kemudian hari. "
    [​IMG]
    Ibu Hamil Ngidam Coklat

    3. Kaki Bengkak
    Gangguan kesehatan
    yang juga sering terjadi pada ibu hamil adalah kaki bengkak. Bukan hanya perut yang membesar ketika Anda hamil, tapi banyak juga sebagian wanita hamil yang tangan dan kakinya membengkak terutama kaki mereka. Kimby Osbourne, ahli kesehatan kaki di Activa UK, menjelaskan: "Kehamilan jelas dapat mempengaruhi pembengkakan pada, karena adanya tekanan yang lebih besar akibat berat yang bertambah selama masa kehamilan ini. Masalah umum yang sering terjadi pada wanita hamil adalah pergelangan kaki yang membengkak, lelah, kaki terasa sakit dan adanya perasaan berat. Hal ini terjadi karena adanya perubahan hormonal dan penambahan berat badan ekstra selama kehamilan, sehingga mempengaruhi pembuluh darah kaki. "Varises juga lebih sering terjadi pada saat kehamilan, terutama jika ada keturunan. Menggunakan Kaus kaki kompres dan latihan sederhana merupakan solusi terbaik untuk membantu mencegah dan meringankan gejala ini serta menyelamatkan Anda dari timbulnya masalah kesehatan selanjutnya. "

    4. Sakit punggung
    Banyak para ibu hamil mengatakan bahwa sakit punggung adalah masalah terutama menjelang akhir kehamilan mereka. Cassandra barns mengatakan: "Nyeri punggung bisa menjadi masalah bagi hampir banyak ibu hamil pada tahap akhir kehamilannya, hal ini terjadi karena berat bayi menarik tubuh ke depan, sehingga si ibu berusaha menahan posisinya agar tetap tegak. Hal pertama yang perlu diingat adalah, untuk mempertahankan postur tubuh yang baik dan berjalan tegak, adalah mencoba untuk tidak bersandar Hindari sepatu hak tinggi, karena memberikan tekanan di belakang gunakan sepatu atau sandal datar yang cantik. Hal-hal lain yang bisa dilakukan adalah memijat-mijat punggung dengan perlahan untuk memberikan kelegaan, mandi air panas (atau mandi air hangat, tapi tidak panas), dan olahraga, terutama yoga prenatal. "
    [​IMG]
    Ibu Hamil Sakit Punggung

    5. Masalah Kulit
    Kadar hormon yang meningkat merupakan penyebab utama timbulnya masalah pada kulit selama kehamilan, dan menjadi gangguan kesehatan kehamilan yang sering terjadi. Timbulnya jerawat cukup umum terjadi pada lebih dari separuh wanita hamil selama trimester pertama. Marilyn Glenville mengatakan: "Kekurangan zat besi lebih cenderung menjadi masalah karena bayi mulai mengalami lonjakan pertumbuhan pada trimester terakhir, selalu penting untuk memantau ini. Tingkat zat besi yang rendah dapat menyebabkan rambut rontok, kulit menjadi pucat dan kusam dan kuku menjadi lemah Makanlah makanan yang kaya zat besi seperti semua sayuran berdaun hijau gelap, tahu, aprikot kering dan tetes tebu hitam. "
    Pastikan juga makan banyak buah dan sayuran berwarna cerah, karena mengandung antioksidan seperti vitamin E, yang secara alami mengatur tekanan darah. Mengkonsumsi minyak ikan Omega 3 berkualitas baik dan vitamin C juga bisa bermanfaat.
    Selain itu Marilyn menambahkan: "Seng juga penting untuk kulit, rambut dan kuku dan bisa mengurangi stres. Makanlah banyak nasi merah, biji labu dan gandum. "

    Itulah beberapa gangguan kesehatan kehamilan yang sering terjadi pada wanita hamil.
    www.adinhar.cf
     
Loading...

Share This Page