Garam Yang Baik Untuk Dikonsumsi

Discussion in 'Science' started by Linda Nur Wakidah, Sep 7, 2017.

  1. Linda Nur Wakidah

    Linda Nur Wakidah Member

    Joined:
    Aug 29, 2017
    Messages:
    143
    Likes Received:
    19
    Trophy Points:
    18
    Garam yang baik untuk dikonsumsi – Garam adalah salah satu bumbu yang wajib ada di dapur. Garam adalah suatu bumbu yang memberikan rasa asin terhadap suatu makanan. Para petani garam berjuang untuk membuat garam, karena dimusim sekarang yang pancaroba terkadang petani bergembira karena cuaca yang cerah, dan sedih ketika hujan tiba.
    [​IMG]

    Indonesia memiliki banyak pantai, hal itu yang menyebabkan banyak penduduk pesisir pantai yang memanfaatkannya untuk bertani garam selain menjadi nelayan. Untuk musim sekarang, garam mengalami lonjakan harga, karena hujan mengguyur beberapa daerah Indonesia.

    Biasanya seorang petani garam akan memanen garam yang dijemur 10 hari atau dua minggu. Garam yang digunakan untuk bumbu masakan adalah garam yang beryodium. Garam beryodium memiliki beberapa manfaat diantaranya, memicu pertumbuhan otak, menyehatkan kelenjar tiroid, menyehatkan proses tumbuh kembang janin, mencerdaskan otak.

    Bila tubuh kekurangan yodium maka dapat terjadi beberapa penyakit, yang sering dialami adalah penyakit gondok, selain penyakit gondok ada penyakit lainnya, seperti keterbelakangan mental, bayi yang terlahir cacat, kurang cerdas, dan keguguran dalam kehamilan.

    Diantara banyak jenis garam, dibawah ini adalah garam yang layak konsumsi :

    1. Garam Meja

    Garam meja dapat dikonsumsi dan memiliki banyak manfaat. Garam ini diproses secara murni, sehingga garam yang dihasilkan memiliki butiran yang halus dan lembut.

    2. Garam Kosher

    Garam ini sering disebut sebut oleh para koki yang menganggap bahwa garam ini sangat baik untuk dikonsumsi. Tapi, garam kosher tidak memiliki kandungan yang sama seperti pada garam meja.

    3. Garam Laut

    Britteman menganggap bahwa garam yang berasal dari laut layak dikonsumsi.

    4. Garam Pink Himalayan

    Garam ini memiliki butiran yang kasar seperti kerikil. Garam ini memiliki kandungan mineral penting, seperti kalsium dan magnesium.

    5. Flake Salt

    Jenis garam flake salt ini memiliki tekstur yang kasar, kering dan seperti bersisik. Garam ini dianjurkan dikonsumsi oleh beberapa pakar kesehatan.

    6. Garam Asap

    Garam ini sering digunakan untuk memasak, karena memiliki peran pentig untuk menambah cita rasa makanan. Garam ini cocok untuk memasak di luar ruangan, dan untuk memasak dengan cara dipanggang.
     
  2. bunga22

    bunga22 New Member

    Joined:
    Aug 31, 2017
    Messages:
    5
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Ternyata zat yodium pada garam diberi secara manual ya dengan mencampurkan yodium dalam bentuk kristal pada garam
     
  3. rosyad

    rosyad Active Member

    Joined:
    Dec 30, 2016
    Messages:
    1,108
    Likes Received:
    84
    Trophy Points:
    48
    Saya juga mengira asli dari garamnya.
     
Loading...

Share This Page