Gaya Kepemimpinan Dalam Organisasi yang Umum Kita Temui

Discussion in 'General Business' started by Reza Ahmad, Oct 2, 2019.

  1. Reza Ahmad

    Reza Ahmad Member

    Joined:
    Apr 3, 2018
    Messages:
    159
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    Di manapun Anda dapat menemukan yang namanya pemimpin dan masing-masing gaya kepemimpinan mereka. Pemimpin dapat digambarkan sebagai masinis di kereta penumpang ke tujuan, dan setiap pemimpin akan memiliki gaya kepemimpinan yang berbeda. Dan kepemimpinan dalam organisasi, ada beberapa jenis. Dan sekarang, mari kita bahas sedikit tentang gaya kepemimpinan dalam organisasi yang sering kita temui.

    Lalu apa bedanya antara pemimpin dengan gaya kepemimpinan itu ?

    Pengertian pemimpin adalah orang yang melakukan proses pengelolaan suatu kelompok atau organisasi untuk mencapai bersama sebelum hal yang diinginkan. Sementara pengertian gaya kepemimpinan adalah sejenis sifat yang wujud dalam pemimpin.

    Untuk selengkapnya, berikut ini beberapa gaya kepemimpinan yang seringkali kita temukan :

    Gaya Kepemimpinan Otokratis
    Gaya kepemimpinan ini sangat mendominasi dalam membuat keputusan, kebijakan dan aturan. Kepemimpinan semacam ini hanya berfokus pada gagasan dan ide itu sendiri. Ini akan membatasi usulan dan ide-ide dari bawahan, pemimpin otoriter akan memperhatikan kebutuhan bawahan dan menciptakan komunikasi satu arah dengan bawahan, tidak ada diskusi, dll. Contoh gaya kepemimpinan ini bisa ditemukan pada akademi kepolisian (akpol) atau suatu negara dengan sistem kerajaan.

    Gaya Kepemimpinan Birokrasi
    Tipe kepemimpinan ini umumnya diterapkan pada perusahaan dan karyawan akan pergi setelah benar-benar berjalan. Namun dengan pimpinan organisasi ini didirikan sehingga karyawan tidak bisa bertindak sembarangan karena itu diatur.

    Gaya Kepemimpinan Partisipatif
    Pada gaya Kepemimpinan ini, ide bisa mengalir dari bawah (anggota) untuk solusi dari masalah dapat diambil dalam rotasi, yang berarti bahwa setiap orang memiliki hak untuk memberikan opini dan komentar mereka. Kepemimpan semacam ini sangat erat dengan nilai keluarga.

    Gaya Kepemimpinan Transformasional
    Untuk gaya kepemimpinan yang ini mampu memberikan nilai positif, pemimpin dengan jenis kepemimpinan ini umumnya akan terlibat langsung dalam membantu karyawan mereka, termasuk kesulitan kerja. Pemimpin ini juga umumnya memberikan aura positif dan semangat karyawan untuk tumbuh dan berkembang lebih baik lagi.

    Gaya Kepemimpinan Situasional
    Tipe pemimpin dengan gaya kepemimpinan disebut pemimpin situsional karena selalu mengikuti perkembangan tugas yang dibuat bawahan. Gaya kepemimpinan ini mencoba untuk menggabungkan proses kepemimpinan dengan situasi pada saat itu.

    Sumber : https://hollago.id/info/
     
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,578
    Likes Received:
    121
    Trophy Points:
    63
    Yang paling baik gaya yang mana ini jadinya
    dulu pernah punya bos gayanya selalu menang sendiri
    termasuk otoriter mungkin
     
  3. iwan008

    iwan008 Member

    Joined:
    Aug 17, 2017
    Messages:
    274
    Likes Received:
    28
    Trophy Points:
    28
    nah ini nih saya demen banget punya pimpinan gimana anak buah :D
     
  4. Reza Ahmad

    Reza Ahmad Member

    Joined:
    Apr 3, 2018
    Messages:
    159
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    Iya, pemimpin dengan gaya kepemimpinan otoriter itu memang lebih condong ke kemauannya sendiri dan jarang terima masukan dari para bawahannya/ karyawannya.
     
Loading...

Share This Page