Gejala dan Pencegahan hipertensi Harus Diwaspadai Oleh Anak Muda

Discussion in 'Health & Medical' started by Septiano, Sep 12, 2019.

  1. Septiano

    Septiano New Member

    Joined:
    Apr 27, 2018
    Messages:
    35
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Sampai saat ini masih banyak orang yang menganggap bahwa hipertensi adalah penyakit para orang tua. Memang tak bisa dipungkiri bahwa umur dan gender menjadi salah satu faktor penyebab hipertensi. Semakin tua seseorang maka semakin rentan pula ia terkena hipertensi dan penyakit-penyakit lain yang berhubungan dengan pembuluh darah.

    Tapi anak muda yang tak punya kesadaran untuk melakukan pencegahan hipertensi tak kalah berpotensi untuk terkena penyakit yang sama. Apalagi anak-anak muda yang memiliki ketertarikan pada dunia kerja freelancer.

    Anak muda zaman sekarang memang cenderung tertarik pada pekerjaan yang bersifat freelance. Salah satu alasan utamanya adalah karena jam kerja yang lebih fleksibel dan sarat akan kebebasan. Padahal kenyataannya tak selalu demikian.

    Fleksibilitas jam kerja sebagai freelancer justru bisa menjadi boomerang, jam kerja jadi tak beraturan dan pola hidup pun jadi berantakan. Tak hanya itu, aneka tuntutan dan persaingan di dalam dunia freelance juga menyebabkan tingkat stress para freelancer cukup tinggi. Kondisi kerja tak beraturan dan penuh tuntutan kemudian menyebabkan para freelancer jadi rawan terkena hipertensi.

    Sebelum terlambat dan menyesal karena tak melakukan pencegahan hipertensi, yuk kenali gejala hipertensi berikut dan bagaimana cara mencegahnya:


    Sakit Kepala Parah

    Salah satu gejala hipertensi yang paling menyiksa adalah sakit kepala parah. Beberapa dari Anda mungkin mengira sakit kepala tersebut hanya karena kelelahan atau penyakit lain yang lebih ringan. Padahal jika tak mendapat penangan yang tepat sakit kepala ini bisa berujung pada pingsan atau bahkan pecah pembuluh darah.

    Jika Anda terkena gejala hipertensi yang satu ini segeralah hentikan semua aktivitas dan duduk. Hal ini dimaksudkan agar Anda tak jatuh dan pencegahan hipertensi agar efeknya tak semakin parah.


    Penglihatan Buram

    Tak hanya pada kepala, naiknya tekanan darah juga memberikan dampak pada penglihatan. Ketika tekanan darah sedang naik biasanya penglihatan akan menjadi buram.

    Kondisi ini memang akan membaik dengan sendirinya setelah tekanan darah berangsur-angsur turun. Tapi tetap saja Anda perlu memastikan diri Anda mendapat penanganan yang tepat pada saat gejala menyerang. Pencegahan hipertensi untuk gejala semacam ini adalah dengan segera memeriksakan diri ke dokter.

    Usahakan jangan menggosok mata. Hal itu berpotensi menyebabkan pecahnya pembuluh darah di sekitar mata. Pecahnya pembuluh darah di mata akan menyebabkan kebutaan yang tak bisa disembuhkan hanya dengan menjalani rawat inap.


    Mual dan Muntah

    Pusing yang Anda rasakan saat terkena serangan hipertensi mungkin akan menyebabkan perasaan mual. Perasaan mual ini biasanya disertai dengan keringet dingin yang membanjiri tubuh. Keadaan seperti ini pastinya sangat tidak nyaman.

    Minum air hangat dan berbaring dapat membantu mengurangi perasaan mual tersebut. Tapi pada kasus yang lebih parah mual ini bisa berlanjut jadi muntah-muntah. Jika sudah sampai seperti ini mungkin Anda perlu menjalani rawat inap agar tak mengalami dehidrasi. Tindakan yang diambil juga pasti lebih tepat dan sesuai kebutuhan.

    Perasaan mual ini akan hilang seiring menurunnya tekanan darah. Jadi jika Anda memiliki masalah dengan hipertensi ada baiknya selalu menyimpan obat penurun tekanan darah.


    Detak Jantung Meningkat

    Jika Anda merasa pusing dan badan tak nyaman, cobalah meraba denyut nadi Anda. Jika terasa leih cepat dari biasanya maka bisa dipastikan bahwa itu adalah gejala hipertensi. Hal ini tidaklah mengherakan karena detak jantung penderita hipertensi ketika sedang kambuh memang pasti tak beraturan.

    Jika kondisi seperti ini menyerang Anda maka cobalah untuk mengatur nafas. Ambil posisi duduk yang nyaman, Tarik nafas dalam-dalam dan hembuskan perlahan. Cara itu cukup ampuh menurunkan detak jantung dalam waktu beberapa menit. Kalau Anda merasa tubuh Anda gemetar saat gejala seperti ini menyerang tak perlu panic, cobalah mengkonsumsi air hangat.


    Telinga Berdengung

    Penderita hipertensi bisa mengetahui penyakitnya sedang kumat ketika telinga mulai berdengung. Pada saat itu pendengaran jadi ikut terganggu dan menyebabkan rasa pusing. Gejala ini bisa bertahan beberapa lama hingga Anda berhasil menstabilkan tekanan darah.

    Pencegahan hipertensi agar tak menimbulkan efek yang lebih parah pada kondisi ini adalah dengan segera berusaha menurunkan tekanan darah. Anda juga bisa memijat perlahan area sekitar telinga untuk mengurangi gangguan dan rasa nyeri.


    Pencegahan hipertensi sebenarnya tidaklah rumit. Cukup memastikan tubuh mendapatkan asupan makanan yang seimbang serta mendapat jatah istirahat yang cukup. Olahraga juga merupakan upaya pencegahan hipertensi yang tak boleh dilewatkan.

    Olahraga sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Ketika jantung sehat maka risiko terkena penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah akan sangat rendah.

    Meski bukan penyakit yang jarang ditemui, hipertensi jelas bukan penyakit yang bisa dianggap sepele. Menjalani rawat inap di rumah sakit adalah pilihan terbaik saat penyakit ini menyerang dengan parah.

    Sebagai seorang freelancer Anda harus melindungi diri dari segala kemungkinan buruk yang bisa terjadi. Miliki asuransi kesehatan terbaik yang tepat seperti asuransi rawat inap Mega Hospita Investa. Asuransi ini memberikan manfaat berupa uang santunan harian saat Anda menjalani rawat inap. Anda jadi tak perlu khawatir masalah pembiayaan.

    Mega Hospita Investa memastikan semua nasabahnya, apapun profesinya, mendapat pelayanan kesehatan terbaik. Proses pengajuan klaimnya juga dijamin tidak ribet. Jadi, yuk segera miliki asuransi kesehatan terbaik Anda sekarang juga!
     
  2. Remmy

    Remmy Member

    Joined:
    Dec 5, 2017
    Messages:
    387
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    kadang ane suka mual2 , tapi ga sampe muntah
     
  3. Reza Ahmad

    Reza Ahmad Member

    Joined:
    Apr 3, 2018
    Messages:
    121
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
    ane juga pernah alamin gan
     
Loading...

Share This Page