Gejala tipes yang Harus Diwaspadai Para Freelancer dan Cara Mencegahnya

Discussion in 'Education' started by Septiano, Sep 13, 2019.

  1. Septiano

    Septiano New Member

    Joined:
    Apr 27, 2018
    Messages:
    27
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Bekerja sebagai freelancer memiliki plus minus tersendiri. Semua tergantung sudut pandang apa yang dipakai dan bagaimana seorang freelancer menyikapinya. Masalah jam kerja yang fleksibel, misalnya, bisa menjadi kelebihan dan bisa juga menjadi kekurangan.

    Orang yang pandai melihat peluang akan menjadikan fleksibilitas tersebut sebagai kesempatan untuk mengambil banyak pekerjaan dan mendapat banyak keuntungan. Tapi jika tak pandai mengatur waktu fleksibilitas tersebut justru bisa menjadi masalah. Salah satunya freelancer jadi rawan terkena gejala tipes karena gaya hidup yang tak beraturan.

    Jika Anda juga berprofesi sebagai freelancer, Anda harus mewaspadai gejala tipes yang menyerang karena salah makan, kurang istirahat, dan lain-lain. Gejala tipes yang biasa menyerang antara lain:
    • Demam
    • Mengeluarkan keringat dalam jumlah berlebih
    • Tubuh terasa lemas
    • Nyeri otot
    • Diare
    • Sakit perut
    • Kehilangan nafsu makan
    • Sakit kepala
    Tipes bisa menjadi penyakit yang cukup parah hingga Anda harus menjalani rawat inap. Agar Anda tak mengalami hal seperti itu lakukanlah tips mencegah tipes di bawah ini:

    Menjaga Kebersihan Makanan

    Bakteri penyebab tipes masuk ke dalam tubuh manusia melalui makanan yang dikonsumsi. Jadi berhati-hatilah jika Anda sering jajan sembarangan tanpa memperhatikan kebersihannya. Jika kebeutulan kondisi tubuh sedang lemah, bakteri penyebab tipes akan mengalami masa inkubasi dalam tubuh dan menyebabkan Anda jadi sakit.

    Jagalah diri Anda dari bakteri penyebab tipes dengan menghindari makanan-makanan yang tak terjamin kebersihannya. Adapun kebersihan makanan harus diperhatikan mulai dari bahan-bahan yang digunakan, proses pengolahan, hingga tempat penyimapanannya.

    Makanan rumahan adalah makanan yang paling aman. Tapi jika Anda terpaksa membeli makanan dari luar pastikan hanya membeli di tempat yang bersih.

    Rajin Mencuci Tangan

    Tangan adalah penghubung antara apa yang ada di luar dan di dalam tubuh. Bakteri penyebab tipes bisa masuk ke dalam tubuh melalui tangan. Karena hal tersebut lah Anda harus selalu menjaga kebersihan tangan.

    Biasakan diri untuk mencuci tangan setiap sebelum makan. Selain itu cuci tangan juga perlu selalu dilakukan setiap habis menggunakan toilet, terlebih toilet umum. Tingkat kelembapan toilet yang tinggi memang membuatnya menjadi tempat yang subur bagi perkembangan bakteri.

    Malas mencuci tangan akan membuat bakteri betah menempel di tangan Anda. Ketika bakteri kemudian menempel pada makanan yang dikonsumsi, bakteri penyebab tipes akan ikut masuk hingga ke sistem pencernaan dan menyebabkan munculnya gejala tipes.

    Istirahat yang Cukup

    Anda perlu memahami bahwa tak semua bakteri penyebab tipes yang masuk ke dalam tubuh akan berujung pada sakit tipes. Jika tubuh sedang fit dan daya tahan tubuh sedang bagus maka perkembangan virus itu bisa ditangkal.

    Lantas bagaimana caranya agar tubuh senantiasa dalam keadaan prima untuk menangkal berbagai penyakit? Caranya adalah dengan memastikan tubuh mendapat istirahat yang cukup. Usahakan untuk tidur setidaknya 6 jam dalam sehari. Jangan memaksakan beraktivitas ketika tubuh sudah terlalu lelah.

    Berolahraga Secara Rutin

    Cara lain untuk meningkatkan kebugaran tubuh dan terhindar dari gejala tipes adalah dengan berolahraga secara rutin. Setelah dilakukan berturut-turut dalam jangka waktu tertentu olahraga secara rutin akan mendatangkan efek yang sangat positif bagi tubuh. Segala macam gejala tipes juga akan menjauh dari Anda.

    Tidak Menunda untuk Memeriksakan Diri ke Rumah Sakit

    Tak bisa dipungkiri bahwa gejala tipes memang sangat mirip dengan penyakit-penyakit lain yang lebih ringan. Tak heran jika beberapa orang yang menganggapnya sepele dan tak perlu memeriksakan diri ke dokter.

    Kebiasaan seperti di atas harus sangat dihindari. Begitu merasa ada yang tak beres dengan tubuh Anda sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter. Jangan sampai penyakit sudah terlanjur parah sampai Anda harus menjalani rawat inap. Tapi kalaupun dokter menyarankan rawat inap sebaiknya dituruti saja.


    Para pekerja freelancer biasanya menolak pergi ke rumah sakit karena alasan biaya. Hal ini tidak mengherankan karena para freelancer tak punya fasilitas asuransi layaknya pekerja kantoran. Sementara biaya rumah sakit dan mengenal ampun dan terus menerus naik.

    Jika Anda termasuk freelancer yang mengkhawatirkan masalah biaya rumah sakit ini mungkin sudah waktunya Anda mulai mencari tahu mengenai asuransi rawat inap. Mega Hospita Investa dari PFI Mega Life adalah asuransi kesehatan terbaik yang sangat pas dijadikan pilihan para freelancer.

    Mega Hospita Investa adalah asuransi rawat inap yang siap membantu ketika nasabahnya harus menjalani rawat inap. Nasabah akan menerima manfaat berupa uang santunan harian. Jika ternyata harus menjalani perawatan di ruang ICU maka nasabah akan menerima manfaat 2 kali lipat.

    Mega Hospita akan memastikan Anda yang berprofesi sebagai freelancer tetap bisa mendapatkan perawatan yang seharusnya ketika sakit. Anda jadi bisa menjalani perawatan dengan bebas khawatir dan bebas nombok. Sebeb apapun profesinya setiap orang harus terproteksi dalam masalah kesehatan.

    Jadi, kapan Anda akan membebaskan diri Anda dari rasa khawatir dan keharusan nombok setiap berobat?
     
    Last edited: Sep 13, 2019

Share This Page