Gerakan dan Komunitas Pemuda Inspiratif Di Indonesia

Discussion in 'General Business' started by Rahma Yuni, Oct 9, 2014.

  1. Rahma Yuni

    Rahma Yuni Member

    Joined:
    May 20, 2014
    Messages:
    170
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Berbagai macam gerakan dan komunitas anak bangsa Indonesia muda yang bisa kita ikuti:

    `1. Komunitas 1001 buku


    [​IMG]
    Komunitas 1001 buku ,www.1001buku.or.id

    Komunitas ini merupakan relawan dan pengelola perpustakaan anak. 1001 buku adalah merupakan organisasi nirlaba, sebuah jaringan relawan dan pengelola taman bacaan anak. Berangkat dari keprihatinan atas kurangnya ketersediaan akses atas bahan bacaan bagi anak-anak Indonesia, 1001buku melakukan pengumpulan dan pendistribusian bahan bacaan anak serta penguatan taman baca melalui saran pengembangan kreativitas anak dari masyarakat.. Sejalan dengan perkembangannya, 1001buku memfasilitasi penguatan taman-taman bacaan anak yang tergabung dalam Jaringan Taman Bacaan Anak 1001buku, melakukan kampanye-kampanye literasi dan memperkokoh jiwa kerelawanan di seluruh nusantara.
    Jika ingin lebih tahu lebih banyak mengenai komunitas ini silahkan cari melalui:

    Website: http://www.1001buku.or.id

    Email : [email protected]

    Twitter : @1001buku

    2.Indonesia Mengajar

    [​IMG]
    Indonesia Mengajar, http://www.indonesiamengajar.org

    Indonesia mengajar membantu mengisi kekurangan guru sekolah dasar, khususnya di daerah terpencil dengan mengirimkan lulusan terbaik Perguruan Tinggi di Indonesia yang telah dididik intensif untuk menguasai kapasitas kepengajaran dan kepemimpinan untuk bekerja sebagai guru selama satu tahun.

    Website:

    http://www.indonesiamengajar.org

    Email:
    [email protected]

    Facebook : http://www.facebook.com/IndonesiaMengajar?fref=ts

    3. Akademi Berbagi

    [​IMG]
    Akademi berbagi,from www.indonesiaproud.wordpress.com

    Akademi Berbagi adalah gerakan sosial nirlaba yang bertujuan untuk berbagi pengetahuan, wawasan dan pengalaman yang bisa diaplikasikan langsung sehingga para peserta bisa meningkatkan kompetensi di bidang yang telah dipilihnya. Bentuknya adalah kelas-kelas pendek yang diajar oleh para ahli dan praktisi di bidangnya masing-masing. Kelasnya pun berpindah-pindah sesuai dengan ketersediaan ruang kelas yang disediakan oleh para donatur ruangan. Untuk keterangan lebih lanjut silahkan lihat di :

    Website : http://akademiberbagi.org

    Email : [email protected]

    4. Card To Post


    [​IMG]
    Card To Post, from www.cardtopost.blogspot.com

    Card to Post merupakan gerakan yang mengajak masyarakat terutama kaum muda untuk menjadi kreatif dengan membuat kartu pos untuk menyampaikan sebuah pesan, entah itu berupa ungkapan perasaan, ucapan selamat, atau sekedar sapaan. Dalam kartu pos tersebut bisa memuat foto, ilustrasi, crafting, atau apa pun.

    Website : http://cardtopost.blogspot.com

    Email : [email protected]

    5.Gerakan Diet kantong plastik


    [​IMG]
    Gerakan Diet Kantong Plastik,from syariahmandiri.co.id

    Gerakan ini mengkampanyekan secara nasional dimana mereka mengajak masyarakat untuk lebih bijak dalam menggunakan kantong plastik. Untuk lebih jelasnya silahkan hubungi :

    Website : http://www.dietkantongplastik.info

    Email : [email protected]

    Twitter : @idDKP

    6. Indonesia Bercerita


    [​IMG]
    Indonesia Bercerita,from http://intisari-online.com

    Indonesia bercerita adalah suatu gerakan yang muncul dari insiatif mempromosikan dan memberikan upaya mendidik melalui cerita. Indonesia Bercerita menyediakan podcast (mp3) berisi cerita-cerita yang membebaskan imajinasi anak untuk menemukan diri terbaiknya. Podcast cerita ini dapat diunduh secara gratis. Adanya podcast ini diharapkan adanya penyebaran kebiasaan bercerita sebagai proses pendidikan secara formal maupun informal.Indonesia Bercerita juga melakukan:

    1.Pelatihan Pejuang Pencerita

    2.Festival Para Pencerita

    3.Festival Menciptakan Cerita

    Untuk keterangan lebih lanjut,bisa didapatkan di

    ‘Website : http://www.indonesiabercerita.org

    Email : [email protected]

    Twitter : @IDcerita

    7.Komunitas Indonesia Berkebun


    [​IMG]
    Indonesia Berkebun,from http://indonesiaberkebun.org

    Indonesia berkebun komunitas yang bergerak melalui media jejaring sosial yang bertujuan untuk menyebarkan semangat positif untuk lebih peduli kepada lingkungan dan perkotaan dengan program urban farming, yaitu memanfaatkan lahan tidur di kawasan perkotaan yang dikonversi menjadi lahan pertanian/perkebunan produktif hijau yang dilakukan oleh peran masyarakat dan komunitas sekitar serta memberikan manfaat bagi mereka.

    Untuk melihat beberapa aktivitas komunitas ini, dapat akses di kanal Youtube berikut: http://www.youtube.com/user/IDberkebun atau bisa pula di

    Website : http://indonesiaberkebun.org

    Email : [email protected]

    Twitter : @IDberkebun


    8. Kopi Keliling

    [​IMG]
    Kopi Keliling,https://www.facebook.com/KopiKelilingPage

    Kopi Keliling adalah sebuah gerakan (dalam bentuk beragam kegiatan kreatif) yang percaya bahwa seni dan kreativitas dapat melakukan perubahan berarti bagi bangsa Indonesia. Dengan mendekatkan seni, kreativitas (baik dari segi karya maupun orang dibalik karya tersebut) ke masyarakat yang lebih luas, Kopi Keliling berharap dapat menciptakan gairah untuk terus berkarya.

    Kopi Keliling mengambil kopi sebagai tema besarnya yang kemudian menjadikan kedai-kedai kopi lokal sebagai ruang ekspresi dan komunikasi. Mengenai ini kami juga memiliki sebuah teori. Kecenderungan yang paling kerap terjadi di kedai-kedai kopi adalah ‘ngobrol’. Komunikasi menjadi luar biasa lancar apabila ditemani oleh secangkir kopi, setuju? Melalui gabungan dari berbagai elemen tersebut di atas, Kopi Keliling berharap menjadi sebuah acara kreatif yang unik, edukatif, sekaligus menghibur, yang kemudian menjadi hiburan alternatif bagi semua orang.Keterangan lebih lanjut,bisa didapatkan di

    Website : http://kopikeliling.com

    Email : [email protected]


    9. Pencerah Nusantara


    [​IMG]
    Pencerah Nusantara, pencerahnusantara.org

    Pencerah Nusantara adalah mengenai menciptakan perubahan pola pikir dalam masyarakat. Meskipun berpusat pada upaya kesehatan, mengobati penyakit bukanlah tujuan kami. Dengan adanya para Pencerah Nusantara, di harapkan akan menjadi perubahan paradigma mengenai kesehatan. Menjaga kesehatan adalah upaya mencegah kesakitan yang dilakukan bersama, dan para Pencerah Nusantara lah yang akan memulai perubahan ini.Keterangan lebih lanjut bisa didapatkan di:

    Website : http://pencerahnusantara.org

    Email : [email protected]

    10.Indonesian Future Leaders


    [​IMG]
    Indonesia Future Leaders, from :hallofchance.blogspot.com


    Indonesian Future Leaders (IFL) Berdiri secara resmi sebagai sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat yang digerakkan oleh kamu muda.Untuk membawa perubahan, dibutuhkan wadah yang dapat menampung gagasan dan pemikiran, serta menjadi kendaraan dalam melakukan aksi, dan memberikan dampak bagi masyarakat. Melalui, Indonesian Future Leaders, diharapkan akan lahir generasi muda Indonesia yang capable dan berdampak bagi perubahan positif di masyarakat, sehingga kaum muda, tidak hanya menjadi objek dari pembangunan, tapi juga menjadi motor penggerak dari pembangunan itu sendiri.

    Website :http://indonesianfutureleaders.org
    Twitter :mad:ifutureleaders
    Facebook :https://www.facebook.com/pages/Indonesian-Future-Leaders/274513125553?fref=ts


    11. Sahabat Pulau

    [​IMG]
    Sahabat Pulau ,from :nirmaparis.blogspot.com

    Sahabat Pulau adalah organisasi nirlaba yang digerakkan oleh para pemuda dan berbasis kemasyarakatan. Bersama pemuda setempat, kami bekerja sama untuk menginisiasi aksi proyek yang berkelanjutan untuk membantu dan mendukung anak-anak indonesia untuk melanjutkan studi mereka

    Website : http://www.sahabatpulau.org

    Email : [email protected]

    Twitter : @IDsahabatpulau


    12. Save Street Child

    [​IMG]
    Save Street Child,From http://savestreetchild.org

    Save Street Child adalah komunitas skala nasional yang berupaya menjadi wadah penggerak yang peduli terhadap permasalahan anak jalanan. Kegiatan yang dilakukan banyak, dengan lebih berfokus pada diseminasi dan kampanye kepedulian tentang anak jalanan. Komunitas Save Street Child berusaha untuk memanusiakan mereka kembali dengan berfokus pada kegiatan-kegiatan yang bisa diikuti semua lapisan masyarakat supaya bisa bergerak bersama, misalnya event-event, dan program pemberdayaan melalui pendidikan. Komunitas ini juga bekerja sama dengan berbagai pihak tanpa ingin bergantung secara jangka panjang, dan memiliki kegiatan fundraising untuk menopang keuangan secara mandiri dan independen.Keterangan lebih lanjut,bisa didapatkan di:

    Website : http://savestreetchild.org

    Email : [email protected]


    13.SPEAK,Suara Pemuda Anti Korupsi


    [​IMG]
    Speak,Suara pemuda anti Korupsi,from club-speak.tumblr.com



    SPEAK adalah wadah berkumpulnya anak-anak muda yang peduli pada bahaya dan dampak korupsi. Cita-cita mambangun Indonesia Baru Tanpa Korupsi adalah komitmen bersama yang dipegang anak-anak SPEAK melalui SPEAK Oath.

    SPEAK percaya, anak muda adalah kekuatan untuk mendorong perubahan keadaan sekarang dan di masa datang. Untuk itu, korupsi akan menjadi beban berat kaum muda kalau tidak dilawan dari sekarang. Bersama TI Indonesia dan kelompok anti korupsi anak muda lainnya di Indonesia, SPEAK terus mencari cara agar anak muda bisa terlibat aktif dan konsisten dalam melakukan perlawanan anti korupsi.

    Website : http://www.clubspeak.org

    Email : [email protected]

    Twitter : @clubSPEAK

    14.Earth Hour Indonesia


    [​IMG]
    Earth Hour Indonesia,from :sembsforfun.blogspot.com

    EARTH HOUR adalah salah satu kampanye WWF, organisasi konservasi terbesar di dunia, yang berupa inisiatif global untuk mengajak individu, komunitas, praktisi bisnis, dan pemerintahan di seluruh dunia untuk turut serta mematikan lampu dan peralatan elektronik yang sedang tidak dipakai selama 1 jam, pada setiap hari Sabtu di minggu ke-3 bulan Maret setiap tahunnya.

    Berdasarkan kondisi konsumsi listrik di Indonesia yang masih memperlihatkan pola penggunaan yang boros, maka WWF-Indonesia berkomitmen untuk tetap mengusung kampanye ini hingga 2014 untuk membangun kesadartahuan sehingga publik Indonesia, terutama di kota-kota besar di Jawa - Bali, teredukasi dan terus diingatkan berpartisipasi lalu menindaklanjuti EARTH HOUR dengan perubahan gaya hidup lebih ramah lingkungan dalam jangka panjang

    Website : http://earthhour.wwf.or.id
    Twitter : @EHindonesia

    Facebook : https://www.facebook.com/EHIndonesia?ref=ts&fref=ts

    15 . Transformasi Hijau

    [​IMG]
    Transformasi Hijau,www.transformasihijau.blogspot.com
    Transformasi Hijau adalah komunitas relawan yang bergerak pada isu pendidikan lingkungan dengan mendorong para generasi muda sebagai pemeran utama dalam upaya pelestarian lingkungan

    Kegiatan yang dilakukan TRASHI merupakan kegiatan sosial, karena TRASHI tidak dapat berdiri sendiri. Oleh karena itu, selain melibatkan sekolah, TRASHI juga menggandeng komunitas dan organisasi lingkungan di Jakarta seperti GEF, Yayasan KEHATI, Rimbawan Muda Indonesia, Jakarta Green Monster, River For Life, Biotiful Jakarta, Teens Go Green, Jakarta Birdwatcher’s Society, Kelompok Studi Ekologi Perairan Universitas Nasional, dan UKF Institut Pertanian Bogor.

    Website : http://www.transformasihijau.blogspot.com

    Email :[email protected]

    Twitter : @trashicool


    16. Wujudkan.com


    [​IMG]
    Wujudkan.com , from wujudkan.com


    Wujudkan adalah sebuah website untuk artis, seniman dan kreator Indonesia mendapatkan dukungan dari kita semua untuk mewujudkan karya kreatif mereka. Kami percaya kreativitas akan berkembang baik jika kita semua mendukungnya. Mari dukung karya kreatif Indonesia!

    Website :http://www.wujudkan.com

    Email :[email protected]

    Twitter :mad:wujudkanID

    17.Komunitas Jendela

    [​IMG]
    KOmunitas Jendela, www.komunitasjendela.org.


    Komunitas Jendela adalah sebuah komunitas sosial yang bergerak di bidang pendidikan anak, khususnya untuk meningkatkan minat baca anak-anak. Namun kegiatannya tidak terbatas perpustakaan saja. Sesuai dengan tagline mereka yaitu “We are not just building a library, we are building a future”.

    Sebenarnya basis Komunitas Jendela itu di Jogja, namun saat ini mereka buka “cabang” di Jakarta. Kegiatan rutin yang sudah dijalankan Komunitas Jendela di Jogja adalah “Bermain Sambil Belajar” bareng anak-anak di shelter Merapi. Untuk yang di Jakarta konsep kegiatan Komunitas Jendela konsepnya sama, namun sasaran mereka adalah anak-anak dari keluarga pemulung yang tidak mempunyai kesempatan untuk bersekolah. Aktivitasnya adalah mengajar membaca, menulis, dan berhitung, sambil tetap memperkenalkan buku ke anak-anak tersebut.

    Website :www.komunitasjendela.org.
    Email : [email protected]
    Fanpage Facebook : Komunitas Jendela
    Twitter : @JendelaJakarta atau @IniJendela

    18. Komunitas Pencinta Kertas

    [​IMG]
    Komunitas pencinta Kertas

    Komunitas Pecinta Kertas, atau yang sering juga disingkat dengan KPK adalah komunitas yang memperhatikan kertas tidak hanya sebagai media menulis atau menggambar, namun sebagai media luhur yang membentuk peradaban manusia dari masa ke masa. KPK ingin menyebarkan semangat guna ulang dan kepedulian terhadap kertas. Maka dari itu, KPK menggunakan kertas bekas sebagai bahan pembentuk karyanya. Nah, keren bukan? Benar-benar niatan berkarya yang luhur dari teman-teman yang sudah malang melintang di berbagai acara seni dan kreatif di Indonesia. Sebut saja acara-acara seperti TRGGR gelombang satu (2008), GEAR Exhibition (2009), Terusik Traxkustik (2010), Jakarta Biennale (2011), dan masih banyak lagi.

    Komunitas yang berdiri pada 11 September 2008 ini berawal ketika Kiswinar (yang pada saat itu masih menjadi mahasiswa DKV) merasa “mentok” di gambar dan membutuhkan media lain sebagai outlet berekspresi. Lalu pada saat itulah Kiswinar bertemu dengan Paper Art. KPK tidak hanya berbicara normatif, mereka benar-benar menunjukan aksi nyata untuk mencintai kertas, dengan cara memanfaatkan kembali kertas bekas dan mendaur ulang kertas itu sendiri, karena KPK ingin mengajak masyarakat semua untuk menjaga kelestarian pohon.

    Untuk keterangan lebih lanjut bisa follow twitternya di@pecintakertas. Mau follow foundernya bisa di @kiswinar atau cek Tumblr nya di kiswinar.tumblr.com

    19.Indonesia Menyala

    [​IMG]
    Indonesia Menyala,farah,from mafaza.blogspot.com

    Indonesia Menyala adalah gerakan buku dan perpustakaan yang diinisiasikan oleh Gerakan Indonesia Mengajar. Filosofi dibalik pemilihan nama ini, menurut Bapak Anies Baswedan, adalah anak-anak desa yang menyala akal dan budinya karena membaca buku yang baik bersama para Pengajar Muda, bagaikan ribuan dan jutaan lampu yang menyalakan Indonesia. Indonesia menjadi menyala, tidak hanya karena sumber daya alamnya tetapi karena sumber daya manusianya yang menyala. Karena itu program ini diberi nama Indonesia Menyala.Kegiatan komunitas ini berupa donasi buku,donasi dana,tenaga,ide dan masih banyak lagi.Untuk keterangan lebih lanjut:

    Email : [email protected]
    FB Group : Indonesia Menyala dan
    FB Fanpage : Indonesia Menyala
    Twitter : @Penyala

    20.Skholatanpabatas

    [​IMG]
    Skholatanpabatas,http://skholatanpabatas.wordpress.com/



    Skholatanpabatas (STB) sebagai wujud keinginan untuk berbagi tanpa batas kepada siapapun yang membutuhkan dalam hal pembelajaran tentunya. Tanpa perlu ada batasan dinding, pakaian, tempat tinggal, strata sosial, suku, agama, gender dan lain-lain dan kesemuanya kami lakukan secara tulus dan ikhlas untuk berbagi kepada sesama.

    Adapun beberapa program/aktifitas dari STB yaitu:1.English Weekend/English Day yaitu program pengenalan bahasa Inggris di kalangan peserta didik,2.Jejaring Anak Indonesia yaitu Program yang merupakan kegiatan berbalas surat/ surat menyurat antara komunitas/sekolah dampingan kami dengan beberapa lembaga/komunitas/sekolah yang ingin melakukan hal yang sama ,3. Training/Workshop/Seminar yaitu program yang dilakukan di komunitas dampingan kami maupun jika ada permintaan untuk melakukan di tempat lain dengan kegiatan yang berkaitan dengan Pendidikan, Kesehatan Lingkungan, Lingkungan Hidup,4. Skhola berbagi di Panti yaitu program yang dilakukan di beberapa panti asuhan baik yang dilakukan atas inisiatif sendiri maupun atas permintaan panti sebagai salah kepedulian kami untuk sahabat skhola di panti asuhan

    Website :
    http://skholatanpabatas.wordpress.com

    Twitter : @skhola_stb

    Facebook : https://www.facebook.com/skhola.tanpabatas?fref=ts

    Ini masih sebagian kecil dari komunitas komunitas inspiratif di Indonesia, Jadi jangan salah kaprah bahwa pemuda Indonesia itu tahunya keluyuran dan buang buang waktu sebab mereka bisa memberdayakan energinya untuk kegiatan kegiatan yang positif.

    Sumber: Kompasiana
     
    iidbae likes this.
  2. iidbae

    iidbae Member

    Joined:
    Sep 13, 2014
    Messages:
    728
    Likes Received:
    73
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Ini baru thread paten *bagus*
    Yang Indonesia Mengajar dan Indonesia Menyala, penggagasnya sama-sama Anies Baswedan?
     
  3. Aldi Sutanto

    Aldi Sutanto Member

    Joined:
    Aug 19, 2014
    Messages:
    373
    Likes Received:
    29
    Trophy Points:
    28
    Nice info,,


    suka banget nih sama yang sosialisasi *pahlawan*
     
  4. Rahma Yuni

    Rahma Yuni Member

    Joined:
    May 20, 2014
    Messages:
    170
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    hehe makasih... kaya nya iya deh, anies baswedan
     
    iidbae likes this.
  5. Rahma Yuni

    Rahma Yuni Member

    Joined:
    May 20, 2014
    Messages:
    170
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    iyaa.. semoga membantu referensi untuk ikut salah satunya yaa*yess*
     
    Aldi Sutanto likes this.
  6. ninafaira

    ninafaira Member

    Joined:
    Sep 14, 2014
    Messages:
    168
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
Loading...

Share This Page