Google Rilis Fitur Property Set Pada Search Console

Discussion in 'Search Engine Optimization' started by wphoet, Jan 12, 2017.

  1. wphoet

    wphoet You'll Never Walk Alone

    Joined:
    Feb 19, 2013
    Messages:
    1,138
    Likes Received:
    138
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Lama gak bikin postingan di forum tercinta bersosial.com (biasa login cuma lirik kanan kiri ngawasin user), kali ini saya akan berbagi sedikit info menarik mengenai update search console google yang mungkin bisa sedikit membantu kalian dalam me-manage web maupun aplikasi yang kalian kelola.

    Mungkin belum banyak yang tau, kalau di akhir Desember 2016 lalu, google telah merilis salah satu fitur pada GSC yang diberinama "Property Set". Sedikit akan saya jelaskan mengenai gambaran fungsi fitur tersebut pada postingan thread ini.

    Apa Kegunaan Property Set?
    Property set memiliki fungsi untuk mengelompokan bagian-bagian web maupun aplikasi yang terpisah-pisah menjadi satu kelompok, sehingga nantinya aplikasi maupun web yang kalian kelola akan lebih mudah untuk dibaca oleh search engine. Sebagai contoh yaitu apabila saya memiliki web bersosial.com dan saya juga memiliki aplikasi bersosial yang terdaftar di GSC, maka kesemuanya ini bisa kita set menjadi satu kelompok agar search engine tau bahwa keduanya merupakan satu paket dengan brand "bersosial".

    Contoh lainnya yaitu apabila kalian baru saja migrasi dari HTTP ke HTTPS dan belum paham betul mengenai permanent redirect, maka kalian bisa menggunakan 'property set' untuk mengelompokkan keduanya dan untuk meminimalisir adanya loss traffic dari situs sebelumnya yang menggunakan http. Begitu juga dengan sub domain, misalnya saya memiliki domain
    Code:
    example.com
    kemudian saya memiliki halaman versi AMP dengan sub domain
    Code:
    amp.example.com
    kemudian ditambah lagi saya memiliki multi language site pada tiap-tiap sub domain misalnya
    Code:
    en.example.com, jp.example.com, id.example.com dll
    maka kesemuanya bisa kita kelompokkan menggunakan property set agar bagian-bagian yang terpisah tadi tetap dibaca menjadi satu brand dimata mesin pencari.

    Cara Menggunakan (Setting) Property Set
    Untuk menggunakan property set ini, hal pertama yang perlu kalian lakukan adalah "pastikan web, blog, maupun aplikasi kalian telah terverifikasi oleh search console".

    Sebagai contoh kasus disini saya memiliki web bernama
    Code:
    plengdut.com
    yang sebelumnya berasal dari
    Code:
    plengdut.blogspot.com
    . Beberapa bulan lalu permanent redirect dari blogger sempat saya lepas dikarenakan saat itu saya sedang ikut menjadi beta tester "google publish" (semacam template amp-nya google) yang mewajibkan para tester untuk melepas permanent redirect dari blogger karena jika tidak dilepas maka akan 'crash' dengan halaman amp yang DNS-nya ikut google juga (jadi redirectnya bukan ke amp malah ke blog lama). Sehingga otomatis blogspot tadi tidak teredirect ke domain utama dan tidak terverifikasi. Untuk menggunkan property set GSC ini maka blogspot tersebut kembali saya verfikasi di GSC (tentunya kalian sudah pada tau, tinggal tambahin meta tag di coding atau bisa lewat setting blog buat yg sudah familiar).

    Contoh verifikasi buat yang belum paham (kalau dah paham, langsung lewat gak usah dilihat) :D
    2017-01-12_075600.jpg

    Langkah selanjutnya di bagian depan halaman search console, ada menu "create a set" di sebelah kanan atas (bersebelahan dengan menu "add a property"). Silahkan klik create a set tadi kemudian beri nama set kalian serta situs-situs mana saja yang masuk dalam brand domain kalian tadi. (perhatikan gambar di bawah ini)
    2017-01-12_072359.jpg
    Kemudian set propertnya:
    2017-01-12_072317.jpg
    Setelah selesai, silahkan tunggu sekitar 2-3 hari, maka analisa set tersebut mulai jalan sehingga kalian bisa memantau web maupun aplikasi kalian secara keseluruhan, dan pastinya ada sedikit efek penambahan earning dari traffic yang dulunya loss buat kalian yang memiliki adsense account. Selamat mencoba, dan kalau ada pertanyaan silahkan langsung isi di komentar karena saya tidak akan menjawab pertanyaan kalian *ketawa4*
     
  2. ncang

    ncang Well-Known Member

    Joined:
    Feb 7, 2013
    Messages:
    4,397
    Likes Received:
    658
    Trophy Points:
    113
    Google+:
    mau nanya donk, bagaimana caranya biar @wphoet menjawab pertanyaan saya ?
     
  3. wphoet

    wphoet You'll Never Walk Alone

    Joined:
    Feb 19, 2013
    Messages:
    1,138
    Likes Received:
    138
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    *ketawa4*hanya Tuhan yang tau *calmdown*
     
  4. ncang

    ncang Well-Known Member

    Joined:
    Feb 7, 2013
    Messages:
    4,397
    Likes Received:
    658
    Trophy Points:
    113
    Google+:
    terima kasih untuk jawabannya... ternyata gampang *jail*
     
  5. wphoet

    wphoet You'll Never Walk Alone

    Joined:
    Feb 19, 2013
    Messages:
    1,138
    Likes Received:
    138
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    bakakakakak hedeh *mati*
     
  6. wrep17

    wrep17 Well-Known Member

    Joined:
    Sep 26, 2015
    Messages:
    1,304
    Likes Received:
    219
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Misal kalau domain lama plengdutganteng.blogspot.com lalu berubah menjadi plengduttampan.com
    Apakah harus bikin set begini ? :D
     
  7. wphoet

    wphoet You'll Never Walk Alone

    Joined:
    Feb 19, 2013
    Messages:
    1,138
    Likes Received:
    138
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    yup sama, jadi di kelompokan supaya gak terlalu bnyk loss traffic, yg penting domain lamamnya masih ada belum kehapus :)
     
    wrep17 likes this.
  8. Wahyudi

    Wahyudi Member

    Joined:
    Sep 25, 2015
    Messages:
    234
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    18
    berarti kalau di permanet redirec tapi domain lama ke hapus/mati itu gx bisa ya
     
  9. Yusup febriansah

    Yusup febriansah Active Member

    Joined:
    Apr 13, 2016
    Messages:
    529
    Likes Received:
    37
    Trophy Points:
    28
    Aku kurang paham deh yg ini.. intinya biar lebih mudah dibaca Google ya
     
  10. wphoet

    wphoet You'll Never Walk Alone

    Joined:
    Feb 19, 2013
    Messages:
    1,138
    Likes Received:
    138
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    yup soalnya otomatis kontent di domain lamanya sdh gak ada karena domainnya sendiri gk ada :)

    iya dibaca satu paket brand domainmu, jadi misal web dgn aplikasi di bundle jadi satu set buat reportnya supaya google tau kalau aplikasi tersebut kepunyaan webnya.
     
  11. ubaid

    ubaid Member

    Joined:
    Feb 25, 2014
    Messages:
    212
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
  12. wphoet

    wphoet You'll Never Walk Alone

    Joined:
    Feb 19, 2013
    Messages:
    1,138
    Likes Received:
    138
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    wakakakakakak haish *head*berarti saya bukan penulis cerita yang baik *ketawa4*
     
    wrep17 likes this.
  13. noer98

    noer98 Active Member

    Joined:
    Feb 4, 2014
    Messages:
    407
    Likes Received:
    26
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    duh2 dateng2 ada fitur baru ... cek akun google dulu
     
    wphoet likes this.
  14. Ajanglee

    Ajanglee New Member

    Joined:
    Jul 10, 2016
    Messages:
    23
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    3
    haduhhhh si newbiii saya ini gagal pahamm gan......ilmu saya ga ngerti gitu gituan :(
     
  15. imanjagoa

    imanjagoa Active Member

    Joined:
    Mar 29, 2016
    Messages:
    412
    Likes Received:
    42
    Trophy Points:
    28
    gua terguncang gan..... :v
     
  16. Imampras

    Imampras Member

    Joined:
    Jan 20, 2016
    Messages:
    92
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Mantap gan infonya, bisa langsung di coba
     
    Ahmad sukron likes this.
  17. katniss17

    katniss17 Member

    Joined:
    Feb 1, 2014
    Messages:
    243
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    ohh okeehh,,, dan saya pun puyenngggg,,,, *help**head*
     
  18. Handriyanto007

    Handriyanto007 Member

    Joined:
    Dec 30, 2016
    Messages:
    56
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Untuk pemula, saya belum mudeng yang kaya begituan :D :D
    Tapi tetap Optimissss Bisaaaaaa :)
     
  19. hafidznc

    hafidznc New Member

    Joined:
    Aug 11, 2016
    Messages:
    28
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    Google+:
    Oh begitu ya den..
    Misalnya gak dikelompokkan gimana?
     
  20. sratna

    sratna Member

    Joined:
    Dec 24, 2016
    Messages:
    61
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    nyimak aja ya mas, kurang paham :D:D
     
Loading...

Share This Page