Granuloma Inguinale – Tahapan, Gejala dan Pengobatan

Discussion in 'Health & Medical' started by resi raphael, May 27, 2021.

  1. resi raphael

    resi raphael Member

    Joined:
    May 16, 2019
    Messages:
    101
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    18
    Granuloma inguinale adalah termasuk kedalam penyakit menular seksual yang penyebabnya karena infeksi dari bakteri Klebisella Granulomatis. Pada gejala awalnya penyakit ini ditandai dengan adanya benjolan berwarna kemerahan pada anus atau alat kelamin. Seiring dengan waktu benjolan ini bisa bertambah besar sampai ke area panggul, tulang dan mulut. Selanjutnya benjolan akan pecah dan menjadi luka yang cukup serius bahkan sampai kerusakan pada alat kelamin.

    Penyakit granuloma inguinale menular dari pasangan yang telah terinfeksi terlebih dahulu melalui hubungan seksual. Karena itu penyakit ini sering menginfeksi pada orang yang mempunyai pasangan seksual yang banyak dengan cara yang tidak aman.

    Gejala penyakit granuloma inguinale

    Perkembangan penyakit granuloma inguinale ini memang cukup lambat, gejalanya butuh perkiraan waktu kurang lebih 17 hari setelah bakteri Klebisella Granulomatis menginfeksi. Selanjutnya akan menyebabkan luka pada kulit dengan perkiraan waktu sampai 12 minggu.

    Perkembangan gejalanya dibagi menjadi 3 tahapan yaitu:

    1. Tahap pertama ditandai dengan adanya benjolan kecil seperti jerawat yang muncul di area kelamin atau anus, lalu akan berkembang menjadi nodul halus berwarna merah. Nodul atau benjolan kemerahan ini tidak menyebabkan rasa sakit namun ia mudah berdarah.
    2. Perkembangan taham ke dua ketika benjolan berubah menjadi ulkus atau luka dangkal yang berada disekitar area kelamin, anus sampai ke paha bawah. Selanjutnya luka akan membesar seperti kutil kelamin juga berbau busuk.
    3. Tahap ketiga, pada perkembangan gejala ditahap ketiga ini infeksi penyakit granuloma inguinale akan semakin berkembangan. Dari luka yang cukup besar tadi menjadi luka yang mendalam dan menimbulkan jaringan parut.
    Jika infeksi penyakit granuloma inguinale dibiarkan maka akan terjadi komplikasi yang semakin parah. Maka dari itu jika dirasa mempunyai gejala dari tiga tahapan tersebut segera lakukan pengobatan supaya infeksi dapat cepat ditangani. Untuk komplikasi yang bisa diakibatkan dari penyakit granuloma inguinale ini yaitu :

    1. Komplikasi infeksi granuloma inguinale dapat terus menyebar sampai ke kelenjar getah bening pada lipatan paha sehingga menyebabkan jaringan parut dan terjadi pembengkakan permanen.
    2. Komplikasi selanjutnya dari penyakit granuloma inguinale ini yaitu penyakit dapat menyebar melalui darah ke organ tubuh lainnnya seperti persendian, paru-paru, tulang dan hati.
    Diagnosis penyakit granuloma inguinale

    Harus dicurigai ketika ada luka kecil yang terdapat pada area kelamin atau anus karena bisa saja luka tersebut menjadi perkembangan tahap awal dari penyakit granuloma inguinale. Pemeriksaannya dilakukan dengan cara swab atau usap untuk mengambil sampel cairan pada luka dengan coton bud. Selanjutnya cairan tersebut dioleskan pada kaca preparat untuk mengecek dengan mikroskop dan melihat adakah bakteri Klebisella Granulomatis.

    Pencegahan penyakit granuloma inguinale

    Karena penyakit granuloma inguinale ini termasuk kedalam penyakit menular seksual tentunya cara penularannya juga melalui hubungan seksual. Karenanya lakukan hubungan seksual dengan aman dengan menggunakan kondom juga tidak bergonta-ganti pasangan seksual menjadi cara pencegahannya.

    Pengobatan penyakit granuloma inguinale

    Untuk pengobatan infeksi ini sangat dianjurkan dilakukan sejak awal atau pada tahapan awal sehingga penyakit ini dapat dicegah dan tidak bertambah parah. Karena jika dibiarkan infeksi ini akan berakibat komplikasi sehingga terjadi pembengkakan pada alat kelamin juga membentuk jaringan parut permanen.

    Pengobatan penyakit granuloma inguinale menggunakan obat antibiotik yang diberikan selama 3 minggu bahkan sampai infeksinya sembuh. Pada masa pengobatan pasien disaran agar tidak melakukan hubungan seksual terlebih dahulu.

    Klinik Raphael merupakan pusat dari pengobatan kulit dan kelamin yang memiliki keunggulan tempat yang terjaga privasinya dengan biaya berobat yang terjangkau dan memiliki fasilitas yang memadai dalam melakukan praktek ataupun pengobatannya.

    Klinik Raphael juga membuka pelayanan kesehatan untuk pengobatan penyakit menular seksual untuk pria maupun wanita.
     
Loading...
Similar Threads - Granuloma Inguinale Tahapan
  1. Sri Mulyani
    Replies:
    0
    Views:
    433

Share This Page