gua pindul, the hidden paradise of jogja

Discussion in 'Tourism' started by desi ambar sari, Sep 23, 2019.

  1. desi ambar sari

    desi ambar sari Member

    Joined:
    May 20, 2015
    Messages:
    80
    Likes Received:
    21
    Trophy Points:
    8
    Google+:
    Hallo sahabat bersosial yang budiman, semoga selalu dalam keadaan sehat dan bahagia selalu. Kembali lagi dengan saya disini.

    Kali ini saya mau bagi bagi informasi mengenai Goa Pindul yang tempatnya berada di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

    Nahh, sudah tidak asing lagi bukan dengan nama tempat ini? Atau mungkin kalian baru mengetahui tentang Goa Pindul ini?

    Coba sesekali masukan Goa Pindul ini kedalam list liburan kalian yaa. Tenang, jangan bingung nanti disana bagaimana atau kalian bertanya – tanya ada apa saja disana atau lain sebagai hal.

    [​IMG]

    Nah kesempatan kali ini juga saya ingin berbagi informasi terkait objek Wisata Goa Pindul – Review lokasi, harga dan fasilitas serta tips untuk kalian yang ingin berkunjung ke Goa Pindul di daerah Yogyakarta ini.

    Semoga artikel kali ini dapat memberi manfaat untuk para pembaca yang sedang memiliki rencana untuk berwisata ke daerah Yogyakarta. Langsung saja yuk kita bahas bersama!

    WISATA GUA PINDUL

    Gua Pindul merupakan salah satu Gua yang paling terkenal di daerah Yogyakarta. Gua yang memliki pesona keindahannya sendiri ini memliki banyak keindahan didalamnya.

    Gua Pindul, mungkin namanya saja sudah tidak asing lagi bukan? Gua yang sudah terkenal di setiap penjuru nusantara dan bahkan mancanegara. Gua ini terkenal karena didalamnya terdapat aliran sungai yang merupakan mata air dari Gedong Tujuh.

    Gua pindul ini memiliki panjang sekitar 350 meter dan lebar 5 meter dengan jarak permukaan air dengan atap gua 4 meter.

    Dari luar mulut gua ini sudah dapat kita liat banyak sekali bebatuan stalaktit, stalaktit merupakan batuan mineral sekunder yang menggantung di langit- langit gua kapur.

    Bahkan didalam gua ini banyak sekali stalaktit yang sudah tumbuh sampai bawah dan menjadi seperti pilar. Bahkan disana pun masih dapat kita jumpai batuan karst yang masi tumbuh dan meneteskan air.

    Gua pindul ini memiliki 3 zona didalamnya yaitu zona terang, zona remang, dan zona gelap. Zona terang akan kita jumpai ketika kita berada di mulut gua ini, zona remang berada di beberapa meter setelah kita memasuki mulut gua, dan zona gelap berada tepat didalam atau di tengah- tengah gua pindul ini.

    SEJARAH SINGKAT GUA PINDUL

    Mungkin setiap objek wisata yang ada di Indonesia tak pernah luput dari yang namanya mitos, sepertinya bukan di Indonesia saja ya, disetiap tempat wisata manupun pasti memiliki mitos tersendiri dari setiap negeranya.

    Nah, Gua Pindul ini pun memiliki mitos tersendiri, tetapi banyak sekali versi dari mitos Gua Pindul ini. Salah satu dari mitos tersebut adalah ketika perjalanan Joko Singlulung yang menelusuri hutan lebat, sungai hingga gua untuk mencari ayahnya.

    Saat sedang menyusuri 7 gua yang memiliki aliran sungai dibawahnya, kepala joko terbentur sebuah batu besar yang ada di dalam gua.

    Lalu gua tempat kepala Joko Singlulung ini terbentur diberi nama ‘Gua Pindul’ yang berasal dari kata dalam bahasa Jawa ‘Pipi Gebendul’ yang artinya pipi yang terbentur.

    MENYUSURI GUA DENGAN CAVE TUBING

    Mungkin bila kita datang mengunjungi suatu gua sudah biasa bukan menyusuri gua dengan bejalan kaki? Nah Yang menjadi daya tarik wisatawan untuk datang berkunjung ke Gua Pindul ini karena sensasi menyusuri gua dengan cara cave tubing.

    Cave tubing adalah aktivitas menyusuri sungai dengan menggunakan ban dan pelampung, biasanya dilakukan di sungai beraliran air yang tenang.

    Cave tubing ini hamper sama dengan body rafting, namun biasanya body rafting dilakukan di sungai yang memiliki aliran arus yang cukup deras.

    Wisatawan akan menyusuri gua dengan waktu sekitar 1 jam. Selama cave tubing berlangsung kalian akan ditemani oleh Guide local yang biasa bertugas disana. So kalian tidak perlu khawatir yaa.

    Perjalanan cave tubing ini dimulai dari zona terang, di zona ini lebar gua masih cukup besar. Lalu dilanjutkan pada zona remang, dizona ini lebar dari gua sudah mulai lebih kecil, dan terakhir yaitu zona sempit, zona ini hanya bisa dilalui oleh 1 pengunjung saja jadi pengunjung cave tubing memasuki zona ini satu persatu.

    Didalam gua kalian akan melihat banyak sekali kelelawar yang hidup didalam gua tersebut. Tetapi tidak perlu khawatir, selama kalian tidak mengganggu tawanan kelelawar tersebut mereka pun tidak akan mengganggu.

    LUBANG INDAH DITENGAH GUA

    Saat sedang melakukan cave tubing tepat ditengah- tengah gua kalian akan mejumpai sebuah lubang besar yang menjadi tempat masuknya cahanya matahari kedalam gua.

    Lubang besar ini pun menjadi tempat ketika TIM SAR masuk kedalam gua. Spot inilah yang menjadi spot favorit para wisatawan yang berkunjung ke gua ini.

    Banyak wisatawan yang sengaja singgah beberapa saat untuk sekedar berfoto sebelum menlanjutkan menyusuri gua ini. Selain dari sebuah lubang besar yang ada di tengah- tengah gua, kalian pun akan menjumpai batu stalaktit yang besarnya sekitar 5 rentangan tangan orang dewasa.

    Konon katanya, air yang menetes dari batu stalaktit ini dapat menjadikan cantik dan awet muda apabila terkena seorang wanita. Jika menetes terkena badan seorang lelaki maka dapat meningkatkan vitalitas lelaki tersebut.

    LOKASI GUA PINDUL

    Gua pindul ini terletak di Dusun Gelaran, Desa bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

    Gua ini berada 7 km jauhnya dari pusat kota Wonosari yang merupakan ibu kota / kabupaten Gunung Kidul. Dan jika kalian dari Yogyakarta akan menuju tempat ini kalian akan menempuh waktu perjalanan sekitar 2 jam.

    HTM DAN JAM OPERASIONAL

    Harga tiket masuk objek wisata Gua Pindul ini yaitu:

    • Tiket masuk Rp. 10,000/ orang
    • Tiket masuk tourist Rp. 50,000/orang
    • Paket Cave tubing Rp. 45,000/ orang. Termasuk pelampung, ban, asuransi,guide.
    • Parkir motor Rp. 2,000
    • Parkir mobil Rp. 5,000
    • Parkir bus Rp. 15,000
    Harga dapat berubah sewaktu- waktu & saat liburan

    Jam operasional Gua Pindul ini buka setiap hari dari Senin s/d MInggu dimulai pukul 06.30 WIB hingga 17.00 WIB

    FASILITAS GUA PINDUL

    Fasilitas yang ada di Gua pindul ini antara lain :
    • Toilet
    • Penginapan
    • Penyewaan ban dan pelampung
    • Jasa pemandu / Guide
    • Welcome drink
    • Rumah makan
    • Area parkir , dan sebagainya
    TIPS BERWISATA KE GUA PINDUL
    • Pastikan bahwa anda dan rombongan anda dalam keadaan sehat.
    • Waktu yang tepat untuk mengunjungi objek wisata ini yaitu saat pagi hari.
    • Siapkan kamera terbaik kalian untuk mengabadikan setiap moment yang terjadi agar dapat menjadi kenang – kenangan dikemudian hari.
    • Bawalah obat – obatan pribadi jika itu diperlukan
    • Bawalah pakaian ganti jika diperlukan
    • Jika anda membawa anak kecil pastikan berada dalam pengawasan anda.
    • Jagalah lingkungan agar tetap asri .
    Yang paling penting jangan buang sampah sembarangan, atau kalian dapat membawa kantung keresek sendiri untuk mengumpulkan sampah yang kalian tadi pakai.

    Sahabat bersosial tercinta, bagaimana sudah cukup belum informasi yang telah saya paparkan diatas? Semoga menjadi referensi untuk kalian semuanya yang akan berlibur ke Yogyakarta.

    Dan disana kalian akan menemukan pengalaman menarik yang mungkin tidak akan anda dapatkan di tempat lain. Terimakasih dan selamat berlibur.
     
  2. davidrahman

    davidrahman Member

    Joined:
    Jun 4, 2014
    Messages:
    891
    Likes Received:
    32
    Trophy Points:
    28
    Jangan ke goa pindul pas hari libur, dijamin puadet yang dateng
     
Loading...

Share This Page