Hadapi Corona, UMKM Harus Bisa Jualan Online: Simak Tips Jitunya Disini

Discussion in 'General Discussion' started by Syamsoul, Jun 4, 2020.

  1. Syamsoul

    Syamsoul New Member

    Joined:
    Nov 14, 2018
    Messages:
    9
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    15-April-2020.png

    Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) saat ini tidak cuma bisa didistribusikan melalui toko dan dari tangan ke tangan. Seiring berkembangnya teknologi kehidupan masyarakat semakin dipermudah, karena jual beli bisa digunakan melalui aplikasi. Cukup bermodalkan handphone dan kuota yang biasa kita pergunakan sehari-hari, kita tidak perlu repot-repot untuk bepergian. Untuk go online pastinya dibutuhkan strategi khusus agar bisnis lebih optimal. Lalu bagaimanakah tips jualan online bagi UMKM?

    Mengapa harus jualan online? Seperti Anda ketahui, di masa sulit seperti sekarang ini, dimana pemerintah mulai menerapkan kebijakan work from home (WFH) dan #dirumahsaja. Momen ini pastinya menjadi hal terberat bagi semua pihak khususnya para pengusaha kecil seperti UMKM. Jualan online menjadi salah satu alternatif untuk mempertahankan laju bisnis.

    Ada banyak aplikasi jual beli online yang sudah berkembang di Indonesia. Bisa melalui marketplace ataupun memanfaatkan media sosial yang ada seperti facebook, instagram, dan whatsapp. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, pasti diperlukan strategi khusus, berikut ini adalah beberapa tips jualan online khususnya bagi UMKM.


    1. Deskripsi Produk yang Jelas


    Karena tidak di temui langsung, wajar apabila para calon pembeli ingin mendapatkan informasi yang jelas tentang produk yang akan mereka beli. Dengan deskripsi yang jelas calon pembeli akan tertarik dengan produk yang dijual. Cara mendeskripsikan setiap produk juga pasti berbeda sesuai dengan jenisnya. Cantumkan beberapa informasi detail mengenai produk. Misalkan ukuran, warna, manfaat, dan bahan apa yang terkandung didalamnya.

    2. Foto Produk

    Selain deskripsi produk yang jelas, foto produk yang jelas juga akan menunjang daya tarik para calon pembeli. Foto produk yang menarik penting bagi UMKM yang bergerak khususnya di bidang kuliner dan fesyen.

    Jangan ragu untuk menggunakan jasa fotografer, food stylist, ataupun model jika memang ada budget, namun bagi Anda yang minim budget ada beberapa teknik menghasilkan foto yang menarik walau hanya menggunakan ponsel.

    3. Memiliki Nama Produk yang Unik

    Memiliki nama produk yang unik juga merupakan strategi yang menarik, karena calon pembeli akan menilai bahwa toko yang mereka tuju memiliki ciri khas, hal tersebut akan membantu meningkatkan daya jual. Contohnya sandal jepit, jangan menamai dengan nama rubber sandal tapi coba beri nama yang unik seperti summer sandal atau spring break sandal.

    4. Respon Terhadap Konsumen

    Respon yang baik akan menularkan energi positif terhadap interaksi calon pembeli. Umumnya konsumen di Indonesia memiliki karakter sosial yang tinggi. Cara penjual merespon juga akan berpengaruh terhadap jadi atau tidaknya calon pembeli memesan produk yang dijual.

    Konsumen pastinya mengharapkan respon yang cepat atas segala pertanyaan yang mereka ajukan. Meskipun terkadang belum tentu mereka akan membeli produk, Anda tetap harus merespon dengan baik.

    Karakteristik konsumen Indonesia yaitu cenderung lebih menyukai membangun hubungan terlebih dahulu dengan penjual sebelum membeli produk. Jadi tetaplah menjalin hubungan baik dengan para konsumen dengan respon yang positif untuk menjaga kepercayaan konsumen.

    5. Memperbarui Stok Produk

    Tips jualan online UMKM yang terakhir adalah penjual harus dengan cepat memperbarui stok produk. Hal ini penting sekali karena jika Anda tidak segera melakukan update stok dengan cepat, maka calon pembeli akan mencari penjual lain yang stoknya tersedia.

    Menurut data dari Kementerian Koperasi dan UKM mengatakan, saat ini UMKM berjumlah 59,2 juta. Dari angka tersebut 3,75 juta sudah go online atau hanya sekitar 8 persen. Artinya masih sedikit UMKM yang melek digital, sehingga saat ini Anda memiliki peluang yang sangat besar untuk mulai memasuki bisnis online.

    Demikianlah tips jualan online UMKM yang dapat kami sampaikan, semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bisa diterapkan oleh para pelaku UMKM yang sedang berjuang khususnya di tengah wabah ini. Manfaatkanlah momen ini sebagai peluang untuk bisa lebih produktif. Jangan lupa untuk selalu mengikuti media sosial kami untuk mendapatkan info menarik lainnya.



    FacebookTwitterLinkedInWhatsApp
     
Loading...

Share This Page