Hadits-hadits Ini Bisa Membuat Kita Rajin Sholat Dhuha

Discussion in 'Education' started by agus sugiyanto, Mar 13, 2016.

Tags:
  1. agus sugiyanto

    agus sugiyanto New Member

    Joined:
    Sep 1, 2015
    Messages:
    16
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    3
    [​IMG]

    Shalat dhuha adalah shalat yang dikerjakan setelah terbit matahari, kira-kira lima belas menit setelah terbit matahari hingga menjelang waktu dhuhur.

    Waktu mengerjakan shalat dhuha yang paling afdhol adalah menjelang berakhir waktu dhuha. Kalau dalam hadis rasul disebutkan ketika anak onta mulai beranjak dari tempatnya karena kepanasan.

    Ada banyak sekali hadits yang menganjurkan shalat dhuha, antara lain:

    -Barang siapa shalat dhuha 12 rakaat, Allah subhanahu wa ta'ala akan membuatkan untuknya istana di surga. (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah)

    Siapa dari kita yang tidak mau dibautkan istana di surga kelak? jadi kita harus merutinkan shalat dhuha kelak kita bisa mendapat keutamaan ini.

    -Siapa yang melaksanakan shalat dhuha dengan terus menerus akan diampuni dosanya oleh Allah, sekalipun dosa itu seperti buih di lautan.(HR. Tirmidzi)

    Tentunya kita semua sudah mafhum kalau kita punya banyak sekali dosa, entah dosa kepada sesama manusia sendiri terlebih dosa kepada Allah subahanahu wa ta'ala. Memang ada banyak cara untuk menebus dosa tersebut. Selain bertaubat dengan membaca istghfar kita juga bisa mengugurkan dosa-dosa kita dengan perantaraan shalat dhuha, seperti yang termaktub dalam hadits di atas.

    -“Dari Zaid bin Arqam ra. Berkata,”Nabi shallalallhu alaihi wa sallam keluar ke penduduk Quba dan mereka sedang shalat dhuha. Beliau bersabda, "Shalat awwabin (dhuha) berakhir hingga panas menyengat (tengah hari).” (HR Ahmad Muslim dan Tirmidzi)

    Awwabin artinya orang-orang yang kembali. Ini juga merupakan keutamaan dari shalat dhuha, yang mana jika kita rutin mengamalkan shalat ini kita disebut sebagai orang yang kembali.

    -“Rasulullah bersabda di dalam Hadits Qudsi, Allah SWT berfirman, “Wahai anak Adam, jangan sekali-kali engkau malas mengerjakan empat rakaat shalat dhuha, karena dengan shalat tersebut, Aku cukupkan kebutuhanmu pada sore harinya.” (HR Hakim & Thabrani)

    Hadits ini menjadi acuan kita bahwa shalat dhuha bisa mendatangkan rezeki. Karena Allah sendiri yang berfirman kalau kita rutin menjalankan 4 rakaat shalat dhuha, Allah akan mencukupkan kebutuhan kita hingga sore hari.

    -“Barangsiapa yang masih berdiam diri di masjid atau tempat shalatnya setelah shalat shubuh karena melakukan i’tikaf, berzikir, dan melakukan dua rakaat shalat dhuha disertai tidak berkata sesuatu kecuali kebaikan, maka dosa-dosanya akan diampuni meskipun banyaknya melebihi buih di lautan.” (HR Abu Daud)

    hadits ini menguatkan hadits kedua diatas. Namun dalam hadits ini kita memperbanyak amalan setelah shalat subuh dengan berdzikir dan melakukan kebaikan lainnya.

    Nah, itu dulu pembahasan kita mengenai anjuran shalat dhuha, semoga dengan membaca hadits-hadits di atas kita jadi termotivasi untuk rutin mengamalkan shalat dhuha.
     
    Last edited: Mar 13, 2016
  2. rakiwen

    rakiwen Member

    Joined:
    Feb 11, 2016
    Messages:
    581
    Likes Received:
    47
    Trophy Points:
    28
    Makasih agan, infonya... Bermanfaat sekali... Hehehe
     
  3. agus sugiyanto

    agus sugiyanto New Member

    Joined:
    Sep 1, 2015
    Messages:
    16
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    3
    Sama-sama gan, semoga bisa mengamalkannya.
     
  4. koi354

    koi354 Member

    Joined:
    Dec 2, 2015
    Messages:
    202
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    kalok melihat hadistnya merinding, tapi praktiknya yang sulit :(
     
  5. davidrahman

    davidrahman Member

    Joined:
    Jun 4, 2014
    Messages:
    881
    Likes Received:
    31
    Trophy Points:
    28
    tread yang sangat bagus, mengingatkan umat muslim akan pentingnya sholat sunah dhuha
     
  6. hamedz

    hamedz New Member

    Joined:
    May 26, 2015
    Messages:
    16
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
  7. firda63

    firda63 Member

    Joined:
    Dec 19, 2015
    Messages:
    756
    Likes Received:
    23
    Trophy Points:
    18
    yuk taubat yuk shalat
     
Loading...

Share This Page