hal-hal yang perlu dilakukan ketika hendak merawat mobil

Discussion in 'General Lifestyle' started by ilovemaci, Jan 16, 2019.

  1. ilovemaci

    ilovemaci New Member

    Joined:
    Dec 13, 2018
    Messages:
    10
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Anda akan mendapatkan mobil dengan kondisi baik jika anda melakukan perawatan yang baik dan sesuai anjuran pula. Terkadang seseorang yang memiliki mobil pribadi, hal kecil untuk merawat mobil biasanya suka diabaikan. Karena mungkin terlalu sibuk sehingga tidak mempunyai waktu luang untuk merawat mobil.

    Padahal jika mobil selalu dirawat, maka jangka waktu pemakaiannya pun lebih lama dan bersih akan selalu terlihat seperti baru. Namun, beberapa orang menyepelekan hal tersebut. Seiring waktu penggunaan, mobil akan mengalami penurunan kondisi. Maka dari itu memerlukan perawatan yang rutin.

    Saya akan menyampaikan beberapa tips untuk merawat mobil pribadi dengan baik dan benar agar mobil tetap dalam kondisi prima.

    Mencuci mobil

    Bagian luar dan dalam mobil perlu dibersihkan. Untuk kebersihan yang maksimal anda perlu memakai silicon pengkilap untuk bagian bodi mobil agar terlihat kinclong seperti baru. Membersihkan bagian mobil dimaksudkan agar selalu terhindar dari bakteri dan bau sehingga anda selalu nyaman saat berkendara.

    [​IMG]

    Pengurasan radiator coolant

    Beberapa orang berfikir bahwa radiator coolant bekerja seumur hidup. Sebab itu mereka tidak pernah mengganti atau menguras cairan tersebut. Bila bagian ini dilupakan maka akan mengakibatkan mobil anda sering mogok, mesinnya cepat panas, karena hal kecil ini akan menjadi besar. Untuk menghindari masalah ini, gantilah radiator coolant mobil anda ketika mobil anda sudah menempuh jarak 60-90 km.

    [​IMG]

    Penggantian filter kabin mobil

    Filter dalam mobil berfungsi sebagai penyaring debu dan berbagai serpihan diudara yang akan membuat yang masuk ke kabin mobil jadi bersih. Hal ini sering pula diabaikan padalah filter ini dapat membuat nyaman seluruh penumpang dalam mobil. Biaya yang dikeluarkan untuk melakukan perawatan ini tidaklah mahal.

    Penggantian oli, aki

    Hal ini adalah bagian terpenting dan tidak boleh dilupakan karena akan mengganggu kondisi mobil anda. Mengganti oli mobil sesuai dengan buku manual mobil anda atau biasanya disarankan saat odometer menunjukan 1000 km. menjaga kekentalan oli, mengganti filter oli juga termasuk langkah merawat oli. mengganti atau menambahkan air aki juga sangat penting, karena jika air aki habis mobil anda tidak akan bisa distarter, lampu tidak menyala, dan bagian lain yang membutuhkan tenaga listrik.

    Penggantian minyak rem

    Minyak rem dapat menyerap lembab. Bila kondisi ini terjadi terus menerus maka temperature minyak akan semakin merendah dan resiko karat akan terjadi. Maka penggantian minyak ini sangat diperlukan. Lakukan penggantian 3 tahun sekali atau mobil telah menempuh jarak 60 ribu km.

    Lakukan servis secara rutin sekitar 3 bulan sekali, terutama jika anda hendak berpergian jauh
     
Loading...

Share This Page