Sebelum membuat perizinan usaha, alangkah baiknya Anda memiliki informasi yang detail mengenai seluk beluk pengurusan SIUP. Keputusan untuk membuka suatu usaha adalah ide berani yang harus Anda perjuangkan. Awalnya mungkin terlihat berat untuk diwujudkan, namun ketika berhasil, Anda juga bisa membuat orang lain menikmati hasilnya. Untuk memulai kegiatan usaha, pastikan Anda membuat dokumen badan usaha yang legal seperti Perseroan Terbatas (PT). Sebenarnya, Anda tidak harus mengurusnya sendiri. Kini, Anda bisa mendapatkan dokumen tersebut secara mudah dengan bantuan jasa pembuatan PT. Setelah mengantongi dokumen badan usaha legal, pastikan Anda memiliki Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP). Dokumen ini merupakan suatu bukti bahwa usaha Anda sudah terdaftar secara sah di pemerintah. Bila sudah mengantongi SIUP, maka Anda bisa langsung menjalankan setiap jenis usaha yang sesuai dengan izin yang dikeluarkan. Siapa Saja yang Wajib Mengurus SIUP? Jangan bayangkan SIUP adalah kebutuhan mereka yang memiliki usaha berskala besar dan internasional saja. Anda yang ingin menekuni bisnis regional dengan skala kecil juga wajib mengantonginya. Jenis – Jenis SIUP SIUP sendiri terbagi atas tiga kategori berdasarkan jumlah modal uang dimiliki. Bila memiliki perusahaan dengan modal di bawah atau sama dengan Rp200 juta, maka Anda harus mengurus SIUP kecil. Sementara untuk perusahaan dengan modal mulai dari Rp200 juta hingga Rp500 juta, harus mengurus SIUP menengah. Bagi perusahaan yang memiliki modal di atas RP500 juta, bisa mengurus jenis SIUP besar. Tempat Pengurusan SIUP Untuk mempermudah proses pengurusan SIUP, pemerintah di beberapa kabupaten/kota di Indonesia memberikan kemudahan kepada pengusaha untuk mengurusnya melalui sistem Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Di sini, pengajuan izin dokumen bisa diajukan secara online. Sementara untuk daerah-daerah yang belum menyediakan pelayanan berbasis online, Anda dapat mengunjungi kantor dinas perdagangan PTSP daerah setempat. Untuk dokumen yang harus disiapkan, keduanya sama. Bila tak ingin repot mengurus, Anda bisa meminta bantuan dari jasa pembuatan PT untuk mengurus dokumen SIUP. Dengan membayar biaya yang ditentukan, Anda tinggal menerima SIUP yang sudah jadi. Mengapa Harus Mengurus SIUP? Memiliki izin usaha bagi pengusaha sangat penting untuk menentukan masa depan usaha yang dijalani. Berikut beberapa manfaat yang harus diketahui. 1. Sarana Perlindungan Hukum Memiliki izin usaha berarti Anda tercatat secara legal di pemerintah. Data tersebut membuat Anda dihindarkan dari penertiban Satpol PP setempat. Suasana usaha pun semakin nyaman dan kondusif. 2. Penunjang Berkembangnya Usaha Memiliki SIUP akan membantu Anda meningkatkan jenis usaha yang dimiliki. Misalnya, ketika membutuhkan tambahan kredit modal dari bank, syarat utama yang harus dipenuhi adalah memiliki izin usaha. 3. Syarat Ikut Tender dan Lelang Proyek Bila Anda menekuni usaha yang bergerak di bidang pengembang perumahan dan produksi, maka Anda akan sering mengikuti tender atau lelang untuk mendapatkan pekerjaan. Dalam tender, setiap pengusaha yang berminat harus memiliki legalitas yang dibuktikan dengan SIUP. Karena itu, kepemilikan izin usaha sangat penting bagi seorang pengusaha. 4. Pengembangan Usaha ke Mancanegara Bagi pengusaha lokal yang ingin memperluas jangkauan usahanya ke mancanegara, kepemilikan SIUP akan sangat membantu. Terlebih, izin usaha menjadi syarat utama dalam mendukung proses perdagangan ekspor dan impor. 5. Peningkatan Kredibilitas Usaha Ketika memiliki SIUP, otomatis data mengenai perusahaan Anda masuk ke pangkalan data instansi pemerintah. Hal ini membuka peluang untuk mendapat kesempatan promosi secara individu maupun mengikuti pameran yang diselenggarakan oleh instansi pemerintah. Kredibilitas usaha juga semakin meningkat karena sudah memiliki legalitas produk yang Anda jual. Bila telah memahami beberapa hal di atas, segera siapkan dokumen penunjang sesuai syarat yang diminta untuk memperlancar proses pembuatan SIUP. Jangan lupa, urus badan usaha Anda di jasa pembuatan PT berkualitas. Apakah Anda memiliki pertanyaan? berikan komentar Anda di kolom komentar ya. smartlegal, Jan 3, 2019 #1 (You must log in or sign up to reply here.) Show Ignored Content Loading... Similar Threads - yang Wajib Anda Seluk-Beluk Pendirian Akta Pendirian Yayasan yang Wajib Anda Ketahui smartlegal, May 16, 2019, in forum: General Business Replies: 0 Views: 705 smartlegal May 16, 2019 Keuntungan Menggunakan Event Organizer Indonesia Yang Wajib Anda Ketahui hasanjoe, Jan 19, 2019, in forum: General Business Replies: 2 Views: 1,651 Silaen Medan Jan 21, 2019 WAJIB TAHU! Tips Memilih Cincin Pernikahan yang Tepat Rumah Blog, Dec 21, 2021, in forum: General Business Replies: 3 Views: 1,997 lolPhotobooth Aug 29, 2022 Pengertian dan Jenis Persediaan Barang yang Wajib Pebisnis Tau Darin Rania, May 24, 2021, in forum: General Business Replies: 0 Views: 1,529 Darin Rania May 24, 2021 6 Hal Penting yang Wajib Diketahui dari Pihak Jual Reach Truck Zuli Haismi, Mar 31, 2021, in forum: General Business Replies: 0 Views: 1,117 Zuli Haismi Mar 31, 2021 Share This Page Tweet Log in with Facebook Log in with Twitter Your name or email address: Do you already have an account? No, create an account now. Yes, my password is: Forgot your password? Stay logged in